Jalani Rumah Tangga dengan Ippe, Andien Aisyah Punya Ruang untuk Belajar dan Bertumbuh

Perbedaan usia 9 tahun justru membuat Andien dan Ippe mengisi satu sama lain

11 Desember 2019

Jalani Rumah Tangga Ippe, Andien Aisyah Pu Ruang Belajar Bertumbuh
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Rumah tangga Andien Aisyah dan Irfan Wahyudi alias Ippe semakin terlihat bahagia apalagi dengan kehadiran Anaku Askara Biru (Kawa) yang selalu hadir dengan tingkah menggemaskan. Sebagai pasangan yang sering kali disorot, Andien dan Ippe bisa dibilang harmonis. 

Walau jarak usia keduanya cukup jauh yakni 9 tahun, namun pasangan yang menikah pada 27 April 2015 lalu ini menjadi bukti kalau cinta tidak mempermasalahkan soal usia. Menuju usia pernikahan ke-5 tahun, Andien dan Ippe memiliki berbagai pengalaman yang menyenangkan bersama sebagai sebuah keluarga. 

Untuk Mama yang penasaran dan ingin mengetahui cerita serta rahasia rumah tangga Andien bersama Ippe, kali ini Popmama.com telah mewawancarai Andien sebagai Millennial Mama of the Month edisi Desember 2019.

Penasaran bagaimana cerita lengkapnya? Disimak yuk, Ma! 

1. Ippe memberikan ruang untuk Andien memperlajari banyak hal 

1. Ippe memberikan ruang Andien memperlajari banyak hal 
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Menyadari bahwa nggak ada yang sempurna dan paling ideal di dunia ini. Karena kita menikah dengan cermin yang selalu membuat kita bisa merefleksi kembali apa yang terjadi di dalam diri. Dan sampai 4 tahun ini, aku berterima kasih sekali. Karena kamu selalu memberiku ruang untukku belajar dan bertumbuh.

Jika Mama perhatikan kata-kata dari Andien ini pernah diunggah ke media sosial. Saat dibaca kembali, pengalaman dari Andien yang telah membangun sebuah bahtera rumah tangga bersama Ippe selama 4 tahun lebih semakin menyadarkannya bahwa tidak ada pasangan yang sempurna dan paling ideal. 

Cara pandang dari Andien yang mampu menerima segala kelebihan dan kekurangan sang Suami bisa menjadi contoh positif. 

Apalagi perlu diingat bahwa tidak semua hal baik datang dari sesuatu atau seseorang yang sempurna. Setuju nggak, Ma?  

2. Ippe berperan dalam membantu Andien menjadi sosok Mama yang bahagia

2. Ippe berperan dalam membantu Andien menjadi sosok Mama bahagia
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Ketika mengurus anak, usaha seorang Mama tentu tidak bisa dilakukan sendirian. Butuh sekali dukungan dari keluarga hingga orang-orang terdekat termasuk suami. 

Sebagai orang terdekat, suami memegang peranan penting dalam memberikan beberapa bantuan untuk pasangan saat mengurus si Kecil. Hal inilah yang tentu akan membantu seorang Mama meningkatkan rasa bahagia di dalam dirinya sendiri. 

Saat diwawancarai Popmama.com, Andien sepakat mengenai hal tersebut karena peran suami sebagai pendamping dalam mengurus anak juga sangat dibutuhkan. Berkolaborasi satu sama lain dan membagi peran perlu dilakukan untuk menciptakan keluarga yang bahagia.

Ketika mulai ada tanda-tanda suasana hatinya sedang tidak bagus ketika harus mengurus rumah dan Kawa, maka Andien pun memerlukan bantuan dan kehadiran sang Suami. 

Rasa empati atau bentuk perhatian suami yang menanyakan keadaan istrinya memang terkesan sederhana, namun begitu berarti untuk Andien.

“Buh, ada yang bisa aku bantu nggak? Supaya kamu merasa lebih baik,” ucap Andien ketika memperagakan ucapan sang Suami. 

Bagi Andien, kata-kata seperti itu memiliki arti yang dalam bahkan dapat menciptakan perasaannya jauh lebih baik. Bahkan ketika suasana hatinya sedang hancur, Ippe sebagai suami berusaha menenangkan Andien. 

“Dia berusaha untuk membelikan makanan kesukaanku, menciptakan sesuatu yang lucu, memeluk hingga berusaha untuk menguatkan,” tambahnya.

Editors' Picks

3. Andien bersyukur memiliki pasangan seperti Ippe

3. Andien bersyukur memiliki pasangan seperti Ippe
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Sebagai seseorang yang senang traveling, Andien bersyukur memiliki pasangan hidup seperti Ippe. Sejak masa-masa pacaran, keduanya selalu berinteraksi dengan penduduk lokal setiap kali datang ke sebuah daerah seperti ke pengrajin dan langsung "berburu" kain. 

"Syukurlah saya punya dia, yang punya pandangan yang sama dalam mengapresiasi wastra nusantara," tulisnya di salah satu unggahan Instagram. 

Selain seringkali melakukan traveling bersama, Andien dan Ippe seringkali bersenang-senang bersama dengan cara mereka. 

"Having fun with your partner is always essential. Be like a child, laugh like a child, love them like a child. Because some days, we have to create our own sunshine. And that’s how we keep the relationship more fun," tulisnya. 

Sekecil dan sesederhana apapun yang dilakukan saat berkegiatan bersama pasangan. Secara tidak langsung, momen tersebut akan sangat membekas dan berarti apalagi jika dilakukan dengan rutin serta berkualitas.

4. Andien tak segan berkomunikasi dan meminta bantuan kepada suaminya

4. Andien tak segan berkomunikasi meminta bantuan kepada suaminya
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Sebagai seorang Mama yang memiliki satu putra, Andien pernah berada di situasi bingung dan khawatir ketika menjadi peran sebagai orangtua. 

"Saat mengurus anak, saya pernah berada di situasi bingung dan khawatir. Namun, segala rasa mulai dari sedih, kecewa dan marah perlu dijadikan refleksi dan kesempatan untuk menggali supaya tidak menumpuk hingga menjadi stres," ujar Andien ketika diwawancarai oleh Popmama.com secara eksklusif. 

Ketika suasana Andien sedang tidak bahagia atau sedang ada masalah, dirinya tak penyimpan itu sendirian. Namun, Andien berusaha langsung mengomunikasikan hal tersebut ke sang Suami. 

Cara yang dilakukan Andien yang mampu memahami kapasitas dirinya sendiri dan agar terhindar dari stres seolah dapat dijadikan sebuah pengingat. 

"Kapanpun saya lelah, ingin sendiri, ingin meditasi, saya selalu komunikasikan kepada suami. Begitu juga Mas Ippe kepada saya dan Kawa," ucapnya. 

5. Andien mengingat pesan sang Mama untuk mengutamakan komunikasi dalam sebuah pernikahan

5. Andien mengingat pesan sang Mama mengutamakan komunikasi dalam sebuah pernikahan
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Dulu waktu masih pacaran, Ibuku selalu berpesan “Nanti kalo suatu hari kalian menikah, punya anak, dan membina keluarga bersama. Kalian harus terus menomorsatukan komunikasi. Mutlak semua hal membutuhkan komunikasi yang baik. Termasuk untuk menyampaikan bahwa kalian berdua saling cinta.”

Agaknya, saya sangat setuju dengan yang dikatakan beliau.

Dengan selalu mengingat pesan dari sang Mama, Andien berusaha selalu mengutamakan komunikasi di dalam menjalani hubungan rumah tangga bersama sang Suami. 

Perlu disadari bahwa menjaga sebuah hubungan suami istri bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi setiap individu di dalam sebuah hubungan memiliki cara pandang yang berbeda-beda.

Untuk menjaga keharmonisan dan keutuhan rumah tangga, maka membutuhkan komunikasi sebagai nilai penting yang perlu dibangun ketika membina sebuah keluarga. Jika komunikasi belum terjalin dengan baik, usahakan untuk mulai melatih kemampuan ini dengan baik. 

Komunikasi itu sederhana, namun tidak bisa dianggap sepele. 

6. Pillow talk menjadi salah satu cara Andien dan Ippe agar intens berkomunikasi 

6. Pillow talk menjadi salah satu cara Andien Ippe agar intens berkomunikasi 
Popmama.com/Pixels Photo & Videography

Ketika sudah menikah dan membina rumah tangga, maka suami istri perlu sekali melakukan komunikasi secara intens. 

Komunikasi menjadi salah satu elemen penting dalam memahami satu sama lain serta menyelaraskan visi misi keduanya, walau seringkali dianggap sepele.  

Kepada Popmama.com, Andien mengatakan bahwa pillow talk menjadi salah satu bentuk komunikasi sebelum tidur bersama sang Suami. Keduanya yang sama-sama sudah rileks mendekati waktu istirahat berusaha menyempatkan diri untuk membahas berbagai topik. 

Basically kita berdua memang put everything on the table, jadi sebenarnya nggak hanya pillow talk. Tapi setiap ada kesempatan ngobrol, kita pasti ngobrol. Kalau untuk saat ini hal esensial yang sering kita obrolin adalah anak, perasaan dan kerjaan (di waktu-waktu tertentu). Tapi setiap hari pasti akan ada pembahasan mengenai makanan, musik, film, pendapat kita mengenai sebuah isu hingga topik-topik lainnya,” jelas Andien.  

Itulah beberapa cerita menarik dari Andien mengenai suaminya yang mungkin belum diketahui banyak orang. 

Semoga cinta dari Andien dan Ippe bisa menjadi inspirasi tersendiri untuk semua pasangan di luar sana ya, Ma.

Baca juga: 

#MillennialMama of the Month Edisi Desember 2019 – Andien Aisyah   

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Lifestyle Editor - Novy Agrina
Fashion Stylist – Onic Metheany & Sarrah Ulfah
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Teddy Eka Prathama/ Pixels Photo & Videography
Videographer - Arbi Anwar Habibi/ Pixels Photo & Videography
Art Designer – Astika Alivia Pramesti
Makeup – Rossy Pramita
Hair Do – L Sofyan Harry
Andien’s Wardrobe – Danjyo Hiyoji & Ratnatrm (Siti Ratna)
Andien's Sunglasses - IZIPIZI
Kawa’s Wardrobe - Ginegersnap
Location – Pixels Studio, Jl. KH. Hasyim Asharu No. 28 A Petojo Utara, Jakarta Pusat

#MillennialMama of the Month

Andien Aisyah
Millennial Mama

Andien Aisyah

Mencintai setiap proses hidup, membuat saya menjadi manusia

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.