Arti Mimpi Menikah Lagi dengan Orang Lain, Ini Penjelasan Psikolog

Kenali faktor pemicu dan cara menganalisa arti mimpinya yuk, Ma!

24 Maret 2020

Arti Mimpi Menikah Lagi Orang Lain, Ini Penjelasan Psikolog
Freepik

Di setiap malam, mimpi kerap hadir sebagai bunga tidur. Mimpi terjadi karena kinerja otak tetap aktif, walau saat sedang tertidur. 

Mimpi yang datang pun beragam, ada yang menyenangkan dan tak jarang yang muncul yakni mimpi buruk.

Saat sudah menikah seringkali hubungan bersama pasangan di keseharian dapat berdampak dan masuk ke dalam mimpi. Bukan tidak mungkin kalau tiba-tiba saja Mama bermimpi menikah lagi dengan orang lain padahal sudah memiliki pasangan. 

Hal ini tentu terjadi karena ada pengaruh dari suasana hati yang sedang dirasakan. Hanya saja mungkin Mama penasaran dan ingin mencari tahu penjelasan dibalik mimpi tersebut. 

Jika Mama seringkali mengalami kondisi bermimpi menikah lagi dengan orang lain, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa penjelasan bersama psikolog Alexandra Gabriella A., M.Psi, C.Ht. 

Penasaran apa saja? 

Simak hasil wawancara eksklusif bersama psikolog Alexandra Gabriella berikut ini yuk, Ma! 

1. Sebenarnya apa saja faktor seseorang bisa bermimpi menikah lagi dengan orang lain? 

1. Sebenar apa saja faktor seseorang bisa bermimpi menikah lagi orang lain 
Freepik/Jcomp

Sebagian orang memercayai bahwa mimpi bukanlah hanya sekadar bunga tidur semata. Padahal bisa saja mimpi yang hadir saat itu memiliki makna tersendiri, entah mengartikan sesuatu yang baik ataupun buruk. 

Jika Mama yang telah menikah sewaktu-waktu pernah bermimpi menikah lagi dengan suami orang atau mungkin bersama orang lain, maka perlu diketahui bahwa ada faktor pemicunya. 

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi faktor seseorang bisa bermimpi menikah lagi dengan orang lain, antara lain: 

  • Mulai ragu-ragu dalam menjalani rumah tangga dengan pasangan, sehingga akhirnya sampai masuk ke dalam mimpi dan seperti ingin menikah lagi dengan orang lain. 
  • Merasa bingung menentukan pilihan. Rasa galau ini bisa hadir dan meningkatkan tingkat stres. 
  • Ada keinginan yang belum tercapai, sehingga berpengaruh pada pikirannya dan ikut terbawa mimpi. 
  • Masih terjebak di dalam masa lalu. Sebaiknya lebih fokus dalam menjalani kehidupan saat ini daripada terlalu meratapi masa lalu yang sudah lewat.
  • Belum bisa tegas dalam bersikap. Sikap ragu-ragu ini hanya akan memicu rasa gelisah dan pada akhirnya terbawa mimpi seolah ingin menikah lagi. 

Editors' Picks

2. Kenali dan analisa perasaan sendiri saat bermimpi menikah lagi dengan orang lain

2. Kenali analisa perasaan sendiri saat bermimpi menikah lagi orang lain
mnn.com

Ketika sedang bermimpi, seseorang pasti memiliki reaksi masing-masing setelah bangun tidur. Mimpi yang tergambar secara jelas terkait saat menikah lagi dengan orang lain perlu di analisa dengan baik. 

"Sama dengan semua jenis mimpi, mimpi itu adalah manifestasi dari emosi dan kondisi kita dalam menjalani kehidupan keseharian. Jadi tidak semata-mata sebuah ramalan ataupun sebuah pertanda bahwa kita tidak puas dengan pasangan. Hanya saja, perlu sekali untuk menganalisa apa yang terjadi selama bermimpi ketika kita menikah dengan orang lain," ucap Alexandra. 

Alexandra mengatakan bahwa Mama perlu mempertanyakan dan menganalisa tiga perasaan ini kepada diri sendiri usai bermimpi menikah lagi dengan orang lain, seperti: 

  • Apakah Mama menyesal dan merasa bersalah?

Perasaan ini bisa saja timbul karena Mama sedang menutupi sesuatu hal kepada pasangan. Tanyakan kepada diri sendiri, "adakah sesuatu yang masih tersimpan dan belum diucapkan kepada pasangan bisa membuatnya kecewa?"

  • Apakah Mama merasa bingung?

Perasaan ini bisa saja timbul karena Mama sedang merasa dipaksa untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan idealisme sendiri. Contohnya saja tidak dimintai persetujuan terlebih dahulu saat pasangan melakukan sesuatu.

  • Apakah Mama merasa bahagia?

Perasaan ini bisa saja timbul karena Mama sedang merasa jenuh bahkan tidak hanya terkait hubungan bersama pasangan saja. Perasaan tersebut seolah muncul seakan-akan mengharapkan adanya warna baru ketika bisa menjalani hidup bersama orang lain. 

3. Bagaimana menyikapi dengan bijak ketika terus bermimpi menikah lagi dengan orang lain?

3. Bagaimana menyikapi bijak ketika terus bermimpi menikah lagi orang lain
Freepik/jcomp

Ketika bermimpi menikah lagi dengan orang lain bisa saja orang yang muncul dan menjadi pasangan adalah orang asing. Seseorang yang tidak berhubungan sebelumnya, namun muncul ke dalam mimpi seolah memberikan sebuah simbolik. 

Sebagai psikolog, Alexandra memberikan saran kepada orang-orang yang bermimpi menikah lagi dengan orang lain untuk mengenali perasaan sendiri. 

"Kenali perasaan sendiri terkait mimpi tersebut. Pahami juga orang tersebut yang sedang menjadi pasangan baru di dalam mimpi. Apakah dirinya memiliki makna tertentu (sebagai bentuk simbolisme) atau tidak," ucap Alexandra. 

Demi tidak memicu hubungan rumah tangga menjadi renggang, maka perlu ada keterbukaan agar permasalahan yang mungkin saja terjadi dapat terselesaikan dengan baik. 

"Bagi para suami, tetaplah tenang karena tidak selamanya mimpi tersebut menandakan keinginan pasangan untuk menikah lagi. Hindari rasa cemburu dan khawatir secara berlebihan. Lebih baik ajaklah pasangan untuk menceritakan mimpinya serta mengenali kira-kira adakah kejadian sehari-hari yang memicu hadirnya mimpi tersebut," jelas Alexandra. 

Itulah beberapa penjelasan terkait saat bermimpi menikah lagi dengan orang lain. Bila mimpi ini membuatmu terusik dan tidak nyaman, ada baiknya untuk berkonsultasi ke psikolog untuk mencari bantuan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.