30 Ayat Alkitab yang Menguatkan Keluarga saat Dilanda Cobaan

Sebagai pedoman hidup umat Kristiani, Alkitab punya banyak ayat yang menguatkan saat dilanda cobaan

26 Juni 2024

30 Ayat Alkitab Menguatkan Keluarga saat Dilanda Cobaan
Freepik

Tak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari, anggota keluarga bisa saja mengalami cobaan. Entah itu besar atau kecil, banyaknya cobaan yang datang menghampiri terkadang bisa membuat keluarga jadi merasa tertekan.

Di saat seperti itu, keluarga pasti membutuhkan motivasi dan semangat yang menguatkan. Tak perlu jauh-jauh pergi untuk mencari motivasi dan semangat, hal tersebut sudah bisa ditemukan dengan mudah di dalam Alkitab.

Alkitab sebagai pedoman pegangan hidup umat Kristen dan Katolik memang memiliki banyak ayat yang dapat memberikan kekuatan, motivasi, semangat, dan penghiburan di saat menghadapi cobaan yang berat.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa ayatnya, kali ini Popmama.com telah merangkum 30 ayat Alkitab yang menguatkan keluarga saat dilanda cobaan secara lebih detail.

Yuk, disimak sebagai pedoman hidup!

Kumpulan Ayat Alkitab yang Menguatkan Keluarga saat Dilanda Cobaan

Editors' Pick

1. Ayat Alkitab tentang nasihat saat mengalami cobaan hidup

1. Ayat Alkitab tentang nasihat saat mengalami cobaan hidup
Freepik

Salah satu hal yang paling dibutuhkan saat keluarga menghadapi cobaan ialah nasihat yang bisa memberikan kekuatan dan penghiburan. Nasihat tersebut tentunya bisa kamu temukan dengan sangat mudah di dalam Alkitab.

Ayat-ayat tersebut bisa dibaca bersama anggota keluarga saat sedang mengalami banyak cobaan.

Tak hanya sekadar dibaca, nasihat itu tentu harus dipahami oleh anggota keluarga dengan baik agar bisa dijadikan sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa ayat Alkitab yang berisi tentang nasihat yang menguatkan, antara lain:

Yakobus 1:13

Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.

Mazmur 62:9

Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.

Amsal 3:5-6

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

1 Petrus 5:7

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Mazmur 55:23

Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

1 Korintus 10:13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Mazmur 91:5

Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,

Yakobus 1:12

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

Mazmur 37:5-6

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak; Ia akan memunculkan kebenaramu seperti terang, dan hakmu seperti siang.

2 Timotius 1:7

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih, dan ketertiban.

2. Ayat Alkitab tentang penyertaan Tuhan yang menguatkan keluarga saat dilanda cobaan

2. Ayat Alkitab tentang penyertaan Tuhan menguatkan keluarga saat dilanda cobaan
Pexels/SevenStorm JUHASZIMRUS

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Tuhan sangat menyayangi umat-Nya. Sebagai umat yang percaya kepada-Nya, Mama dan keluarga sudah pasti juga sangat menyayangi dan mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati.

Karena kasih-Nya yang begitu besar, Tuhan tak akan pernah meninggalkan manusia, termasuk di saat cobaan besar melanda. Tuhan akan selalu menyertai agar Mama dan keluarga dapat melalui cobaan yang dihadapi.

Hal tersebut juga banyak disebutkan melalui firman-Nya di dalam Alkitab. Berikut beberapa ayat Alkitab tentang penyertaan Tuhan yang menguatkan keluarga saat dilanda cobaan:

Yesaya 41:10

janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Yosua 1:9

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.

Yeremia 29:11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Roma 8:28

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Nahum 1:7

TUHAN itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya

2 Tesalonika 3:3

Tetapi Tuhan adalah setia. Ia akan menguatkan hatimu dan memelihara kamu terhadap yang jahat.

Ulangan 31:8

Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

Yohanes 14:18

Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

Yohanes 3:16-17

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Mazmur 94:17-19

Jika bukan TUHAN yang menolong aku, nyaris aku diam di tempat sunyi. Ketika aku berpikir: "Kakiku goyang," maka kasih setia-Mu, ya TUHAN menyokong aku. Apabila bertambah banyak pikiran dalam batinku, penghiburan-Mu menyenangkan jiwaku.

Mazmur 62:2

Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.

Yeremia 29:12

Dan apabila kamu berseru dan datang dan berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;

Yeremia 33:3

Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau, dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui.

Mazmur 34:19-21

TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya. Kemalangan orang benar banyak, tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu; Ia melindungi segala tulangnya, tidak satu pun yang patah.

Ulangan 31:6

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

3. Ayat Alkitab tentang pertolongan Tuhan saat sedang ada masalah

3. Ayat Alkitab tentang pertolongan Tuhan saat sedang ada masalah
Freepik/jcomp

Tidak hanya menyertai saja, Tuhan juga memberikan kekuatan dan pertolongan saat manusia sedang berada dalam masa yang sangat sulit, termasuk kala cobaan datang menghampiri.

Melalui pertolongan yang diberikan-Nya, Mama dan keluarga tentu akan jadi merasa lebih kuat dan sanggup untuk menghadapi cobaan yang tengah melanda.

Berikut beberapa ayat Alkitab tentang pertolongan Tuhan yang memberikan keluarga kekuatan untuk menghadapi cobaan, antara lain:

Matius 11:28

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Yohanes 14:16-17

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia sebab Ia akan menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Mazmur 46:2

Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.

Mazmur 91:9-11

Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Yesaya 40:29

Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Nah, itulah rangkuman 30 ayat Alkitab yang menguatkan keluarga saat dilanda cobaan.

Beberapa ayat di atas sangat memperlihatkan dengan jelas bahwa Tuhan memberikan kekuatan dan tak pernah meninggalkan saat umat-Nya menghadapi cobaan yang berat.

Semoga ayat Alkitab kali ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

The Latest