13 Film Barat tentang Perselingkuhan yang Wajib Ditonton

Kira-kira tertarik untuk menonton film yang mana nih, Ma?

26 Oktober 2021

13 Film Barat tentang Perselingkuhan Wajib Ditonton
Freepik/freepik

Selingkuh termasuk perilaku yang melanggar komitmen dalam hubungan. Seseorang yang diselingkuhi oleh pasangan tentu akan sangat menyayat hati. Perselingkuhan sendiri akan melukai rasa percaya dalam sebuah hubungan, sehingga kualitas hubungan kedua belah pihak akan berkurang dan akan menjadi tidak sehat. 

Namun, perselingkuhan telah menjadi tema film Hollywood yang sangat menarik dan dramatis. Kisah-kisah perselingkuhan di dalam film mampu membuat penontonnya tenggelam dalam emosi seperti marah, kesal, dan sedih.

Di samping dari adegan-adegannya yang memang menguras emosi, film tentang perselingkuhan sering sekali memberikan nilai moral yang bisa diambil di akhir cerita. Bisa jadi film perselingkuhan memberikan pelajaran pada penontonnya untuk lebih setia pada komitmen di dalam hubungan.

Nah, kalau Mama tertarik untuk menonton film yang bertemakan perselingkuhan, kali ini Popmama.com akan mengulas mengenai 13 rekomendasi film barat tentang perselingkuhan.

Penasaran apa saja filmnya? Langsung saja disimak yuk, Ma!

1. Body Heat (1981)

1. Body Heat (1981)
rottentomatoes.com

Body Heat merupakan sebuah film thriller erotis  Amerika yang disutradarai oleh Lawrence Kasdan. Film ini dibintangi oleh William Hurt, Kathleen Turner, dan Richard Crenna.

Body Heat menceritakan tentang pengacara bernama Shyster Ned Racine (William Hurt) yang menjalin hubungan asmara dengan Matty Walker (Kathleen Turner), istri seorang pengusaha kaya di Florida (Richard Crenna).

Dengan bantuan salah satu klien kriminalnya, Teddy Lewis (Mickey Rourke), Ned menyusun rencana untuk membunuh suami Matty agar mereka dapat melarikan diri bersama dengan uangnya.

Film Body Heat ini mendapat rating yang cukup tinggi dari Rotten Tomatoes, yaitu 98 persen.

2. The Postman Always Ring Twice (1981)

2. The Postman Always Ring Twice (1981)
imdb.com

The Postman Always Rings Twice merupakan sebuah film thriller erotis Amerika yang disutradarai oleh Bob Rafelson dan ditulis oleh David Mamet. Film ini merupakan adaptasi keempat dari novel tahun 1934 karya James M. Cain. 

Film ini bercerita tentang Nick Smith (Cecil Kellaway), yang merupakan seorang pemilik restoran pinggir jalan. Ia menyewa seorang gelandangan, Frank Chambers (John Garfield), untuk bekerja di restorannya.

Frank memulai perselingkuhan dengan istri muda Nick yang cantik, Cora (Lana Turner), dan keduanya bersekongkol untuk membunuh Nick dan menyita asetnya.

3. Fatal Attraction (1987)

3. Fatal Attraction (1987)
imdb.com

Fatal Attraction merupakan film tentang perselingkuhan yang berhasil menerima enam nominasi Oscar yang termasuk film terbaik, aktris terbaik, dan aktris pendukung terbaik. 

Film ini disutradarai oleh Adrian Lyne dan dibintangi oleh Michael Douglas sebagai Dan. Meskipun memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia dengan istrinya, Beth (Anne Archer), Dan terlibat dalam hubungan asmara dengan seorang perempuan bernama Alex (Glenn Close).

Namun, setelah Dan mengakhiri perselingkuhannya, Alex tidak menyerah dan mulai menunjukkan perilaku obsesif dan berbahaya terhadapnya.

Fatal Attraction merupakan film yang penuh dengan ketegangan, namun juga tragis. Film ini sangat cocok untuk ditonton jika Mama menyukai film thriller psikologis yang mengandung unsur perselingkuhan.

4. Indecent Proposal (1993)

4. Indecent Proposal (1993)
imdb.com

Indecent Proposal merupakan film drama Amerika 1993 yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jack Engelhard.

Film ini mengisahkan tentang hubungan pasangan, yakni antara Diana (Demi Moore) dan David (Woody Harrelson). Hubungan pasangan suami istri ini menjadi kacau karena tawaran satu juta dolar dari orang asing membuat sang istri menghabiskan malam bersamanya.

Film ini mengajarkan bahwa harta dan uang tidak bisa membeli segalanya, termasuk cinta. Jika Mama menyukai film yang dapat membuat perasaan campur aduk, Indecent Proposal bisa jadi pilihan yang tepat nih, Ma.

5. Caught (1996)

5. Caught (1996)
imdb.com

Caught merupakan film thriller erotis yang menceritakan tentang seorang gelandangan yang mengganggu kehidupan sederhana seorang pemilik pasar ikan Joe dan istrinya, Betty. Film ini disutradarai oleh Robert M. Young, dan dibintangi oleh Edward James Olmos, Arie Verveen, María Conchita Alonso, dan Bitty Schram.

Film ini memiliki pengembangan karakter yang solid dan mampu membangun emosi penontonnya. Film Caught juga mengandung ketegangan yang dibangun, sehingga bisa membuat penonton terpaku.

Editors' Picks

6. A Perfect Murder (1998)

6. A Perfect Murder (1998)
imdb.com

A Perfect Murder merupakan sebuah film thriller kriminal Amerika yang disutradarai oleh Andrew Davis dan dibintangi oleh Michael Douglas, Gwyneth Paltrow, dan Viggo Mortensen. Film ini merupakan remake dari film Alfred Hitchcock tahun 1954, yaitu “Dial M for Murder”.  

Film ini mengisahkan tentang seorang istri yang berselingkuh dari suaminya dengan seorang seniman muda. Namun aksinya tersebut segera diketahui oleh suaminya. Akhirnya suaminya berencana untuk balas dendam dengan istrinya itu.

Film A Perfect Murder mengandung unsur kekerasan yang mungkin membuat penonton kurang nyaman. Namun, jalan cerita film ini sangat cemerlang dan bagus untuk ditonton bersama pasangan.

7. A Walk to the Moon (1999)

7. A Walk to the Moon (1999)
imdb.com

A Walk on the Moon merupakan sebuah film drama yang dibintangi oleh Diane Lane, Viggo Mortensen, Liev Schreiber dan Anna Paquin. Film ini berlatar belakang festival Woodstock pada tahun 1969 dan pendaratan di bulan oleh Amerika Serikat pada tahun itu.

Film ini berfokus pada seorang ibu rumah tangga muda, Pearl Kantrowitz (Diane Lane), yang mengalami puber kedua dan selingkuh dengan Walker Jerome (Viggo Mortensen), seorang laki-laki muda penjual pakaian. 

Diane Lane pun mendapatkan nominasi Independent Spirit Award untuk Best Female Lead untuk penampilannya di film A Walk on the Moon.

8. What Lies Beneath (2000)

8. What Lies Beneath (2000)
imdb.com

What Lies Beneath menceritakan tentang Norma (Harrison Ford) yang dihantui oleh perselingkuhannya.

Setelah memperhatikan beberapa kejadian aneh di rumahnya, istri Norman yang bernama Claire (Michelle Pfeiffer), menemukan bahwa suaminya berselingkuh dengan seorang perempuan yang meninggal dan menghantui rumah mereka.

Film ini memiliki unsur perselingkuhan yang tidak biasa karena memberikan ketegangan, dan suasana yang mencekam. Jika menyukai film drama dan misteri, maka film ini bisa dimasukkan ke daftar tontonan Mama nih. 

9. Unfaithful (2002)

9. Unfaithful (2002)
imdb.com

Pada film Unfaithful, Richard Gere dan Diane Lane berperan sebagai Edward dan Connie yang merupakan sepasang suami istri. Namun, Connie terlibat dalam perselingkuhan dengan laki-laki yang lebih muda dan menawan yang bernama Paul (Oliver Martinez).

Adrian Lyne, sebagai sutradara sudah sangat terkenal dengan film erotisnya. Film Unfaithful berhasil meraih berbagai penghargaan, salah satunya adalah nominasi Oscar 2003 untuk Diane Lane dalam kategori Best Actress in a Leading Role.

10. The Door on the Floor (2004)

10. The Door on the Floor (2004)
rottentomatoes.com

The Door in the Floor merupakan sebuah film komedi drama Amerika Serikat yang ditulis dan disutradarai oleh Tod Williams. Film ini diadaptasi dari novel laris karya John Irving “A Widow for One Year

Film ini berlatar di komunitas pantai istimewa di East Hampton, New York dan menceritakan kehidupan Ted (Jeff Bridges) dan Marion Cole (Kim Basinger) yang berantakan ketika dua putra remaja mereka meninggal dalam kecelakaan mobil. Marion akhirnya menarik diri dari Ted. 

Ted kemudian mempekerjakan Eddie (Jon Foster) sebagai asistennya. Akhirnya Marion mulai berselingkuh dengan Eddie, sementara Ted berselingkuh dengan tetangganya Evelyn (Mimi Rogers).

Film The Door in the Floor memiliki alur yang sederhana, namun tetap berhasil membangkitkan emosional penonton.

11. Match Point (2005)

11. Match Point (2005)
imdb.com

Match Point merupakan film thriller psikologis yang ditulis dan disutradarai oleh Woody Allen dan dibintangi oleh Jonathan Rhys Meyers, Scarlett Johansson, Emily Mortimer, Matthew Goode, Brian Cox, dan Penelope Wilton. 

Film ini menceritakan tentang Chris Wilton (Rhys Meyers) yang menikah dengan keluarga kaya, tetapi reputasinya terancam karena perselingkuhannya dengan pacar saudara iparnya Nola Rice, yang diperankan oleh Scarlett Johansson. 

Film Match Point memiliki unsur perselingkuhan dan juga bertemakan tentang moralitas, keserakahan, nafsu, dan uang. Para aktor dan aktris yang mengisi peran pada film ini tampil dengan luar biasa, sehingga wajib untuk Mama tonton.

12. Asylum (2005)

12. Asylum (2005)
rottentomatoes.com

Asylum merupakan sebuah film drama Inggris-Irlandia yang disutradarai oleh David Mackenzie. Film ini didasarkan pada novel Asylum tahun 1996 oleh Patrick McGrath dan diadaptasi untuk layar lebar oleh Patrick Marber dan Chrysanthy Balis.

Film Asylum bercerita tentang kehidupan pernikahan seorang perempuan yang hancur karena ulahnya sendiri saat berselingkuh dengan rekan suaminya.

Meski mengandung adegan perselingkuhan, tetapi jalan cerita film ini cukup mencekam. David Mackenzie menjadi sutradara dari film ini, ia sangat hebat dan mengembangkan karakter dengan sangat baik.

13. Little Children (2006)

13. Little Children (2006)
rottentomatoes.com

Little Children merupakan film drama Amerika yang diperankan oleh Kate Winslet sebagai Sarah dan Patrick Wilson sebagai Brad. Sarah dan Brad tidak merasa bahagia dengan pernikahan mereka masing-masing. Keduanya akhirnya bertemu dan saling jatuh cinta. 

Film ini memiliki relevansi dengan kejenuhan kehidupan rumah tangga di pinggiran kota. Film Little Children berhasil mendapatkan 3 nominasi Oscar, salah satunya adalah nominasi aktris terbaik untuk Kate Winslet.

Nah, itulah 13 film yang berkisah tentang perselingkuhan. Kira-kira sudah tahu belum mau nonton film yang mana untuk mengisi waktu luang Mama?

Jika Mama tertarik untuk menonton film barat tentang perselingkuhan, Mama bisa memilih film yang sudah disebutkan di atas. Happy watching ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.