5 Manfaat Tidur di Jam yang Sama untuk Pasangan Suami Istri

Kebiasaan ini bisa membuat kehidupan rumah tangga semakin harmonis, lho!

3 Desember 2021

5 Manfaat Tidur Jam Sama Pasangan Suami Istri
Freepik/gpointstudio

Kebiasaan tidur setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada yang suka tidur lebih awal agar tubuh menjadi segar saat beraktivitas di pagi hari. Namun, ada juga yang suka tidur larut malam dan melakukan aktivitasnya di malam hari. 

Pasangan suami istri yang punya kebiasaan tidur berbeda tentunya harus bisa saling menyesuaikan. Mulai sekarang, cobalah untuk tidur di jam yang sama. Cara ini ternyata bisa memberikan efek yang baik terhadap keharmonisan rumah tangga,lho! 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontier in Psychiatry tahun 2020 telah menemukan bahwa tidur di waktu bersamaan saat malam hari dengan pasangan mampu menguatkan hubungan cinta dalam pernikahan

Nah Ma, penasaran kira-kira kenapa pasangan suami istri sebaiknya tidur di jam yang sama? Kali ini Popmama.com telah merangkumnya dari Bright Side

Yuk, disimak ya!

1. Punya kesempatan untuk pillowtalk dengan pasangan 

1. Pu kesempatan pillowtalk pasangan 
Freepik

Setiap orang tentunya ingin meluangkan waktu untuk sekadar mengobrol ringan dengan pasangannya. Misalnya melakukan pillow talk saat sebelum tidur. Kalian bisa saling berbagi cerita mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini, bahkan merencana kegiatan besok. 

Tetapi hanya sedikit pasangan suami istri yang benar-benar meluangkan waktu untuk hal ini. Itulah sebabnya, jika tidur di waktu yang sama, maka kalian akan punya waktu ekstra untuk pillow talk. 

Editors' Picks

2. Menyelesaikan masalah dan mencari jalan keluar bersama

2. Menyelesaikan masalah mencari jalan keluar bersama
Freepik/master1305

Saat Mama dan Papa terlibat dalam perselisihan kecil, maka kalian biasanya akan saling diam atau bicara seperlunya. Daripada suasana hati menjadi buruk selama berhari-hari, maka sebaiknya segera diselesaikan.

Malam hari sebelum tidur bersama menjadi waktu yang tepat untuk membicarakannya. Kalian bisa mengobrol leluasa tanpa gangguan anak-anak. Dengan begitu, kalian berdua bisa tidur dengan nyenyak dan bangun dalam kondisi yang baik di pagi hari. 

3. Menghindari pertengkaran yang tak perlu 

3. Menghindari pertengkaran tak perlu 
Freepik/katemangostar

Ketika suami istri memiliki jam tidur yang berbeda, pasti ada saat-saat di mana Papa yang sedang begadang butuh sesuatu sehingga membangunkan Mama yang sudah tidur, bisa juga sebaliknya. Kemudian kalian akan merasa kesal karena tidurnya terganggu.

Namun jika tidur di jam yang sama, tentunya Mama dan Papa dapat menghindari pertengkaran yang sebetulnya tak perlu. 

4. Meningkatkan kesehatan fisik

4. Meningkatkan kesehatan fisik
Freepik/drobotdean

Tidur bersama tak hanya memberi pengaruh terhadap kualitas hubungan saja, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan fisik. Penelitian menunjukkan bahwa tidur di waktu yang bersamaan dapat menurunkan tekanan darah, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan. 

Selain itu, ketika kita berpelukan dengan pasangan saat malam hari di ranjang, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin. Dengan begitu, kalian berdua bisa merasa lebih dekat secara hati bersama pasangan. 

5. Meningkatkan kesehatan mental

5. Meningkatkan kesehatan mental
Freepik/gpointstudio

Tidur di waktu yang bersamaan juga bisa memberikan efek yang baik untuk kesehatan mental dan emosional. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan membuat tubuh lebih rileks.

Akhirnya, kita akan lebih mudah untuk melakukan percakapan dengan pasangan. Selain itu kebiasan ini juga akan membantu Mama dan Papa merasa lebih bahagia untuk menjalani hari esok.

Nah Ma, itulah beberapa manfaat tidur di jam yang sama dengan pasangan. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk hubungan Mama dan Papa. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.