12 Ciri Istri Durhaka menurut Islam, Cemburuan hingga Terlalu Sibuk

Sadar atau tidak, tindakan ini menunjukkan ciri-ciri istri yang durhaka

12 Juli 2022

12 Ciri Istri Durhaka menurut Islam, Cemburuan hingga Terlalu Sibuk
Pexels/August de Richeliu

Istri yang salihah merupakan anugerah tersendiri yang diberikan Allah untuk suami. Karakteristik istri yang salihah ialah selalu taat kepada Allah, termasuk melakukan segala yang diperintahkan-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Seorang istri juga akan melibatkan Allah di dalam setiap urusannya.

Tak hanya taat kepada Allah, seorang istri juga seharusnya taat kepada suami. Terkadang, ridanya suami itu juga merupakan rida Allah. Maka dari itu, penting untuk memahami definisi istri salihah yang bisa membawa surga, baik kepada dirinya maupun kepada suami dan keluarganya.

Agar tidak terjerumus ke dalam dosa-dosa tersebut, ada baiknya mengetahui tanda-tanda istri yang dianggap durhaka menurut Islam. Beberapa dari bentuk dosa ini bahkan sering tidak disadari.

Berikut Popmama.com telah merangkum 12 ciri istri durhaka menurut Islam yang harus diketahui.

Yuk Ma, disimak!

1. Keluar rumah atau pergi tanpa izin dari suami

1. Keluar rumah atau pergi tanpa izin dari suami
Pexels/Yan Krukov

Ciri istri durhaka menurut Islam yang pertama ialah keluar rumah atau pergi tanpa seizin suami. Istri yang keluar rumah tanpa mendapat izin dari suaminya, maka setiap langkahnya dilaknat oleh para malaikat.

Hukum dari keluar rumah atau pergi tanpa seizin dari suami ialah haram. Salah satu alasan yang membuatnya haram karena meninggalkan suami mengarah pada terjadinya perceraian.

2. Menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga

2. Menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga
Pexels/Darina Belonogova

Layaknya manusia, tidak ada rumah tangga yang sempurna di dunia ini. Selalu ada perdebatan di rumah tangga, baik kecil maupun besar. Rumah tangga pun tidak akan semulus seperti kisah cinta di film-film atau novel-novel.

Seorang istri yang menuntut kesempurnaan dalam rumah tangga bisa dibilang ia menunjukkan ciri istri yang durhaka. Itu artinya ia tidak bisa menerima kekurangan rumah tangganya, apalagi saat ada selisih.

Ia pun seolah tidak bisa menerima kekurangan suaminya sebagai manusia biasa.

3. Mengingkari segala bentuk kebaikan suami

3. Mengingkari segala bentuk kebaikan suami
Pexels/Pavel Danilyuk

Seorang perempuan yang kufur nikmat atas kebaikan suami juga menjadi salah satu ciri istri yang durhaka. Pasalnya, itu merupakan perbuatan yang tidak menunjukkan rasa terima kasih atas kerja keras suami yang telah memberikan hal-hal baik, misalnya seperti gaji.

Istri yang diberi nafkah kemudian merasa tidak puas dengan nominal yang diberikan, maka sudah menunjukkan bahwa dirinya tidak bersyukur atas nikmat Allah yang dianugerahkan melalui suami.

4. Mengungkit kebaikan yang pernah dilakukan

4. Mengungkit kebaikan pernah dilakukan
Pexels/Jack Sparrow

Sebagai seorang istri, ada banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Mulai dari menjaga rumah tangga, memelihara anak-anak dan keluarganya, taat kepada suami, dan lain sebagainya.

Namun, ketika kebaikan itu diungkit-ungkit seakan-akan harus dibalas, itu menunjukkan tindakan istri yang durhaka. Seorang yang melakukan kebaikan seharusnya tidak mengharap imbalan yang lebih, sehingga keikhlasan bisa tercapai.

5. Cemburu yang berlebihan terhadap suami

5. Cemburu berlebihan terhadap suami
Pexels/Monstera

Cemburu memanglah sifat yang lumrah, terutama pada kaum perempuan. Satu hal yang dilupakan perempuan, yakni cemburu harus berdasar atau memiliki alasan yang kuat.

Akan jadi berlebihan apabila istri terlampau cemburu, sehingga menjadikan suami terkekang. Di zaman sekarang, tindakan ini disebut dengan overprotektif, yakni cemburu buta yang biasanya tidak memiliki alasan logis dan hanya berasal dari suuzan.

Editors' Picks

6. Terlalu sibuk dengan kegiatan di luar rumah

6. Terlalu sibuk kegiatan luar rumah
Pexels/Artem Podrez

Tak ada salahnya apabila seorang istri memiliki kegiatan tambahan di luar rumah. Namun, pastinya hal itu harus mendapatkan izin dari suami dan tidak menjadikannya lupa dengan tanggung jawab sebagai istri.

Hal yang paling sering terjadi ialah ketika istri terlalu sibuk dengam kegiatan luar, sehingga dia cenderung abai terhadap keluarganya. Inilah salah satu ciri istri yang durhaka karena tidak peduli dengan rumah tangganya.

7. Kurang atau tak bisa menjaga perasaan suami

7. Kurang atau tak bisa menjaga perasaan suami
Pexels/Pavel Danilyuk

Suami dan istri harus bisa menyenangkan hati pasangannya satu sama lain. Ada banyak jalan untuk menyenangkan hati pasangan, mulai dari mengucapkan kalimat-kalimat yang baik, menunjukkan wajah yang ramah, dan memberikan perhatian terhadap pasangan.

Apabila seorang istri tidak bisa melakukan itu semua, dampaknya akan terasa pada perasaan suami. Ia akan merasa sedih dan merasa tidak dihargai apabila hal-hal baik seperti itu tidak diperolehnya.

Lebih parahnya lagi, apabila istri melontarkan kalimat-kalimat kasar yang menyakitkan hati. Hal ini jelas merupakan ciri istri yang durhaka terhadap suami.

8. Menceritakan keburukan suami atau keluarga

8. Menceritakan keburukan suami atau keluarga
Pexels/Darina Belonogova

Perempuan memang dikenal kerap bercengkerama dengan perempuan lain. Tidak bisa dipungkiri, terkadang aktivitas tersebut terlalu berlebihan, sehingga mengarahkannya pada gibah. Allah SWT sangat melarang hamba-Nya bergibah karena itu seperti memakan daging bangkai saudaranya sendiri.

Istri yang menceritakan keburukan suami dan keluarganya, maka ia menunjukkan perilaku gibah. Padahal, seorang istri harus menutupi aib dirinya sendiri, suami, dan keluarga.

Istri yang bercerita tentang keburukan suami atau keluarga terhadap orang lain, berarti ia telah membuka aib sendiri.

9. Berkhianat, berhubungan dengan orang lain

9. Berkhianat, berhubungan orang lain
Pexels/Vlada Karpovich

Berkhianat atau menjalin hubungan dengan orang lain yang merupakan lawan jenis termasuk bentuk dosa besar.

Seseorang yang berkhianat atau berselingkuh menunjukkan bahwa ia tidak bisa memelihara rumah tangganya. Oleh karena itu, istri yang berkhianat tentu menunjukkan ciri istri yang durhaka karena telah mengingkari suaminya.

10. Membelanjakan uang suami secara berlebihan

10. Membelanjakan uang suami secara berlebihan
Pexels/Jack Sparrow

Seorang suami bertanggungjawab dalam memberikan nafkah kepada istri dan keluarganya untuk hidup. Namun, apabila nafkah tersebut tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya, maka ini akan menjadi mudarat.

Apalagi jika seorang istri berbohong tentang uang suami. Misalnya, hendak membeli sebuah rice cooker, namun berbohong soal nominalnya hanya agar ia bisa membeli kebutuhan pribadinya.

Ini menjadi salah satu ciri istri yang durhaka karena berdusta dengan suami.

11. Sering mengeluhkan kehidupan rumah tangga

11. Sering mengeluhkan kehidupan rumah tangga
Pexels/Darina Belonogova

Berkaitan dengan fakta atau kenyataan bahwa tidak ada rumah tangga yang sempurna, ada baiknya bagi manusia untuk selalu bersyukur dan tabah dalam segala hal, terutama ketika dihadapi dengan urusan rumah tangga yang pelik.

Istri yang sering mengeluhkan tentang kehidupan rumah tangganya, maka ia menunjukkan ciri dari istri yang durhaka. Pasalnya, itu artinya ia tidak bersyukur atas segala nikmat dan karunia di rumah tangganya.

12. Memaksa suami melakukan apa yang dimau

12. Memaksa suami melakukan apa dimau
Pexels/Pavel Danilyuk

Terkadang, ada beberapa tindakan istri yang mengarah pada terkekangnya suami. Tindakan seperti overprotektif, materialistis, hingga perasaan ingin didengar tanpa mau mendengar, menjadi ciri dari istri yang durhaka.

Baik suami maupun istri sudah seharusnya melakukan segala hal (dalam kebaikan) yang diinginkan karena itu merupakan haknya. Namun, apabila istri secara koersif meminta suami melakukan hal yang sebenarnya tidak ingin suami lakukan, maka hal itu termasuk zalim. Istri yang salihah tentu menghindari tindakan tersebut.

Itulah 12 ciri istri durhaka menurut Islam yang harus dijauhi. Semoga kita selalu dihindarkan dari segala bentuk dosa ini ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk