Eksklusif: Tips Menjaga Hubungan Keluarga Selama Pandemi a la Radhini, Bersyukur dan Komunikasi Kuncinya

Pandemi dimanfaatkan menjadi ajang mempererat bonding antara Radhini dengan suami dan anaknya

17 Oktober 2021

Eksklusif Tips Menjaga Hubungan Keluarga Selama Pandemi a la Radhini, Bersyukur Komunikasi Kuncinya
Instagram.com/radhini_

Masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama satu setengah tahun lebih ini memang menjadi masa yang sulit bagi setiap orang.

Adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ataupun social distancing membuat masyarakat diminta untuk tetap berada di dalam rumah.

Rutinitas pekerjaan dari rumah yang dilakukan pun tak dipungkiri dapat menimbulkan berbagai macam perasaan. Tak jarang momen tersebut membuat hubungan setiap keluarga menjadi monoton.

Menyikap hal tersebut, penyanyi sekaligus seorang mama, Radhini Aprilya Hapsari justru bersyukur adanya pandemi dapat membuat waktunya lebih banyak diluangkan bersama suami dan buah hatinya.

Selain bersyukur, Mama dari Imani ini juga meyebutkan bahwa penting membangun komunikasi bersama anggota keluarga. Tujuannya adalah untuk saling memahami kondisi satu sama lain.

"Penting juga untuk saling ngerti. Maksudnya satu sama lain tahu kalau memang kondisi mood-nya kurang bagus atau lagi stres. Jadi langsung disolusikan aja gitu, biar nggak menumpuk perasaannya," ujarnya dalam exclusive interview untuk Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021.

Lantas, apa saja yang dilakukan Radhini dan keluarga dalam membangun hubungan yang baik dan bermakna selama pandemi? Yuk, simak ulasan selengkapnya yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Yang dilakukan Radhini dengan suami dan anaknya

1. dilakukan Radhini suami anaknya
Instagram.com/radhini_

Meski tak bisa menghabiskan waktu di luar rumah, Radhini dan suami lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk sekadar menonton atau makan malam bersama di rumah. 

Menikah pada tahun 2018 silam, Radhini dan Angga Adiyatama melakukan kegiatan tersebut sebagai rutinitas baru demi menjaga keharmonisan hubungan suami dan istri.

Sebagaimana dijelaskan olehnya, "Netflix bareng, atau kita dinner malem yang malem banget nunggu Imani tidur terus bakar atau shabu-shabu yang pakai kompor kecil dan diletakan meja makan."

Selain itu, Radhini juga menyebutkan bahwa sang suami rupanya memiliki sisi romantis selama di rumah saja dengan memasakannya menu baru untuk makan malam mereka. Tak hanya itu, keduanya puns ering berbagi hadiah sebagai bentuk menumbuhkan rasa cinta setiap harinya.

Jika itu kegiatan yang dilakukannya bersama suami. Radhini juga memiliki rutintas baru yang ia lakukan bersama buah hatinya. Salah satunya adalah bermain ragam jenis mainan baru setiap harinya, serta jalan sore di sekitar rumah.

"Main di rumah sama jalan sore di sekitar rumah, itu udah jadi kebiasaan baru yang kita lakukan selama pandemi. Selain biar Imani nggak bosan juga, kan lumayan menyehatkan," pungkasnya.

Editors' Picks

2. Cara Radhini untuk saling menguatkan diri dengan keluarga

2. Cara Radhini saling menguatkan diri keluarga
Instagram.com/radhini_

Seperti yang sudah disebutkan, cara yang Radhini lakukan untuk tetap kuat dan bertahan di kondisi sulit seperti sekarang ini adalah dengan bersyukur dan menerima kondisi tersebut.

Selain bersyukur, cara lain yang menurutnya klise namun sangat penting dilakukan adalah dengan membangun komunikasi yang baik. Sebab komunikasi menjadi kunci penting dalam menguatkan hubungan antara suami dan istri, maupun orangtua dan anak.

Sebagaimana disebutkan oleh salah satu penyiar podcast "Rapot" ini, saling memahami kondisi satu sama lain dan berusaha mengkomunikasinya adalah cara terbaik untuk saling menguatkan.

"Jadi kalau kita udah mulai ada satu nih yang merasa overhelmed, ah iya ini kita harus ngapain ya? Nah jadi kita bicarakan dulu, baru bisa langsung disolusikan biar nggak menumpuk perasaannya," ujar Radhini.

3. Cara mengisi waktu luang lebih bermakna versi Radhini

3. Cara mengisi waktu luang lebih bermakna versi Radhini
Instagram.com/radhini_

Tak dipungkiri bahwa kegiatan selama di rumah saja sering kali membuat banyak orang dilanda rasa jenuh karena kegiatan monoton yang itu-itu saja.

Guna mengatasi permasalahan tersebut, Radhini menyebutkan bahwa cara mengisi waktu luang lebih bermakna bersama keluarga adalah dengan mencari kegiatan atau hobi baru yang jauh lebih seru.

Misalnya saja kegiatan baru yang dilakukan oleh suami dari Radhini, disebutkan olehkan bahwa sang suami menjadi seorang yang mencintai tanaman dan mulai belajar bagaimana mengurus tanaman selama pandemi.

Begitu pula dengan dirinya, ia memilih terjun ke dunia bisnis marketing sebagai kegiatan baru yang bisa diisi selama pandemi berlangsung. Menurutnya, selain memberi keuntungan, bisnis baru ini juga menjadi ajang bertemu dengan banyak orang sekaligus pembelajaran baru baginya. 

"Kalau yang kita sekeluarga itu kan mungkin monoton ya, misal bermain dengan anak di rumah. Jadi memang harus punya kegiatan yang baru agar lebih produktif dan bermakna," ujar Radhini.

4. Harapan Radhini di tengah kondisi pandemi

4. Harapan Radhini tengah kondisi pandemi
Instagram.com/radhini_

Kondisi pandemi memang membuat setiap keluarga merasakan banyak kesulitan. Baik dalam kondisi kesehatan, maupun finansial. Bersyukur dan bangkit dari keterpurukan adalah cara yang bisa dilakukan agar bisa survive di kondisi seperti sekarang ini.

Di tengah kondisi pandemi, setiap anggota keluarga tentu memiliki harapan yang sama, yakni kondisi pandemi Covid-19 bisa segera berakhir dan kehidupan kembali berjalan seperti sedia kala.

Pun bagi Radhini. Pelantun "Pujaan Hati" ini berharap setiap orang dalam keluarga bisa bertahan dalam memerangi kondisi yang sulit ini. 

"Semoga kita bisa survive dan semoga apa yang kita usahakan dan upayakan itu bisa membuahkan hasil dan berdampak baik untuk sekitar serta keluarga kita," ujar Radhini.

Millennial Mama of the Month Edisi Oktober 2021 - Radhini Aprilya Hapsari

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Jihan
Design - Shania Tabina Anandanoe

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Radhini
Millennial Mama

Radhini

"Selain mengurus keluarga, masih banyak orang yang harus saya bantu"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.