7 Fakta Pernikahan Riza Shahab dan Sonia, Kental Budaya Arab

Pasangan ini tampil menawan dan serasi bak pengatin Arab di Timur Tengah

13 September 2021

7 Fakta Pernikahan Riza Shahab Sonia, Kental Budaya Arab
Instagram.com/estoria_photography & Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Kabar bahagia datang dari pesinetron Riza Shahab. Pada Minggu (12/9/2021), ia resmi mempersunting sang Kekasih, Fatimah Sonia Alattas. Suasana pernikahan Riza dan Sonia berlangsung khidmat. 

Diiringi oleh lantunan shalawat dan lagu-lagu Arab, Riza dan Sonia resmi menjadi pasangan suami istri dengan ijab kabul berbahasa Arab.

Berikut Popmama.com rangkum informasi fakta pernikahan Riza Shahab dan Sonia Alattas yang kental budaya Arab.

1. Dekorasi tempat ijab kabul sederhana serba putih

1. Dekorasi tempat ijab kabul sederhana serba putih
Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Pernikahan Riza Shahab dan Sonia Alattas tidak ada kesan berwewah-mewah. Tidak seperti artis lain, ijab kabul pasangan ini lebih sederhana namun tetap bermakna.

Dekorasi nuansa putih menghiasi tempat ijab kabul Riza. Sementara itu, tempat bersanding Sonia dihiasi dengan bunga-bunga indah. 

2. Riza Shahab mengenakan thawb berwarna putih

2. Riza Shahab mengenakan thawb berwarna putih
Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Di hari pernikahannya, Riza Shahab mengenakan thawb yang dilapisi oleh jas berwarna putih. Pakaian thawb lazim dikenakan oleh laki-laki di Timur Tengah.

Di Indonesia, thawb sendiri biasa disebut dengan gamis putih. Gamis putih panjang ini disebut dengan thawb atau thobe yang merupakan pakaian tradisional di berbagai negara Timur Tengah, mulai dari Arab Saudi, Maroko sampai Oman.

Busana yang menjadi item utama pria Arab ini biasanya dikenakan dengan celana panjang longgar putih yang disebut dengan sirwal. Di beberapa negara lain, penyebutan thawb beragam misalnya di Oman disebut dengan nama dishdasha.

Editors' Picks

3. Sebelum ijab kabul, ada iringan rebana dan pengajian singkat

3. Sebelum ijab kabul, ada iringan rebana pengajian singkat
Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Sebelum ijab kabul berlangsung, iringan rebana dengan lagu-lagu syahdu menghibur tamu yang datang. Selain itu, ada pengajian dan doa singkat yang digelar sebelum acara utama diselenggarakan.

4. Riza Shahab dan Sonia ada di ruangan terpisah saat ijab kabul

4. Riza Shahab Sonia ada ruangan terpisah saat ijab kabul
Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Mengacu pada kebiasaan dan budaya Arab, pengantin laki-laki dan perempuan dipisahkan sebelum resmi menjadi suami istri. Hal itu diterapkan di pernikahan Riza Shahab dan Sonia, Minggu (12/9/2021).

Riza duduk dengan para tamu laki-laki yang hadir di pelaminan tempat ijab kabul. Sementara itu, Sonia tampak anggun dan elegan duduk di bagian ruangan lain.

Ruangan tersebut pun dihiasi bunga, lalu Sonia ditemani oleh keluarga dan para perempuan lain.

5. Riza Shahab ijab kabul menggunakan bahasa Arab

5. Riza Shahab ijab kabul menggunakan bahasa Arab
Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Sebelum memutuskan menikah, Riza Shahab sebelumnya sudah melamar Sonia secara tertutup pada Oktober 2020. Laki-laki kelahiran 1989 itu tampak tegang sesaat sebelum ijab kabul dilakukan.

Riza menggunakan bahasa Arab saat mengucapkan ijab kabulnya. Terlihat saat ijab kabul selesai senyum langsung terkembang di wajahnya. Hembusan napas lega dan sumringah langsung menghiasi wajah Riza.

6. Sonia tampil memesona dengan gaun abu-abu

6. Sonia tampil memesona gaun abu-abu
Instagram.com/estoria_photography

Hari pernikahan menjadi momen yang spesial bagi Sonia Alattas. Kekasih Riza Shahab tersebut mengenakan gaun modern berwarna abu-abu di pernikahnnya. Gaun panjang itu ia pasangkan dengan celana warna serupa di balik roknya.

7. Momen pertemuan Riza dan Sonia setelah ijab kabul

7. Momen pertemuan Riza Sonia setelah ijab kabul
Youtube.com/Selaras Kreasi ID Media

Setelah melakukan ijab kabul dan resmi menjadi suami istri, Riza Shahab dan Sonia baru bisa bertemu. Pertemuan itu membuat pasangan ini sama-sama tersenyum. Keduanya tampak sangat bahagia dilihat dari raut wajah mereka.

Sonia pun menyalami laki-laki yang kini menjadi suaminya itu. Tak lupa, Riza mendoakan Sonia dengan menyentuh kepala perempuan tersebut. Setelah selesai, keduanya saling melempar senyum.

Itulah tadi fakta pernikahan Riza Shahab dan Sonia Alattas yang kental budaya Arab. Kita doakan semoga pernikahan mereka selalu bahagia dan segera dikaruniai momongan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.