Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Alasan Komunikasi sebelum Bercinta Bisa Menciptakan Keintiman

Komunikasi yang baik bisa menciptakan hubungan seks yang intim!

19 September 2021

7 Alasan Komunikasi sebelum Bercinta Bisa Menciptakan Keintiman
Freepik/drobotdean

Kehidupan seks yang baik ditandai oleh banyak hal. Di antaranya pasangan yang penuh perhatian dan memahami apa yang membuat pasangannya bergairah.

Namun, masih banyak yang tidak tahu bahwa meningkatkan komunikasi dengan pasangan juga memiliki peran yang efektif untuk kehidupan seksual.

Belum lagi, dari komunikasi tersebut kita pun bisa tahu apa yang ia sukai, tidak dia sukai dan bagaimana kita memuaskannya dengan gabungan sentuhan serta komunikasi.

Berikut Popmama.com merangkum alasan mengapa komunikasi adalah salah satu komponen penting dalam hubungan termasuk hubungan seks.

1. Memiliki pemahaman yang lebih baik

1. Memiliki pemahaman lebih baik
Freepik/lookstudio

Keterampilan komunikasi yang baik merupakan cerminan dari hubungan atau pernikahan yang sehat dan bahagia.

Apalagi bagi pasangan yang telah bertahun-tahun hidup bersama, masing-masing pasangan baik suami atau istri merasa sudah saling mengenal satu sama lain.

Padahal, manusia itu terus tumbuh dan berkembang sepanjang hidupnya. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap harinya masing-masing manusia selalu saja ada hal baru untuk dijelajahi, bahkan ini termasuk orang yang sudah lama bersama sekalipun.

Dengan meningkatkan komunikasi dalam hubungan, maka pasangan suami istri akan merasa didengar dan dihormati. Hal ini mengarah pada saling memahami kebutuhan satu sama lain, termasuk terkait kebutuhan seksual.

2. Mengurangi konflik untuk pasangan suami istri

2. Mengurangi konflik pasangan suami istri
Freepik/prostooleh

Konflik ibarat asam manis bagian dari setiap hubungan. Namun , ada perbedaan antara berargumen atau berdebat tanpa penyelesaian masalah.

Melalui keterampilan komunikasi yang baik, pasangan bisa menyampaikan maksud atau keinginan melalui perbincangan yang menarik. Berkurangnya konflik dengan meningkatkan komunikasi yang baik bisa menurunkan risiko pertengkaran. 

Saat jarang bertengkar, maka pasangan suami istri akan bisa saling jatuh cinta. Dengan begitu, tanpa disadari bisa memengaruhi kehidupan seks menjadi lebih baik.

Editors' Picks

3. Tidak melupakan alasan mencintai pasangan

3. Tidak melupakan alasan mencintai pasangan
Freepik/cookie_studio

Komunikasi akan berdampak pada saling memahami satu sama lain, bahkan dapat meningkatkan kualitas waktu yang baik ketimbang saat sedang berdebat.

Waktu tersebut dapat digunakan untuk saling mengingat cerita-cerita lama seperti alasan memutuskan jatuh cinta, menikah, bahkan sampai hidup bersama dalam rentang waktu yang lama.

Ketika jalur komunikasi terbuka, maka kualitas menarik pasangan dapat menjadi lebih menonjol. Dalam hal ini juga akan meningkatkan lebih banyak ketertarikan dalam hubungan pernikahan.

4. Meningkatkan daya tarik dalam hubungan rumah tangga

4. Meningkatkan daya tarik dalam hubungan rumah tangga
Freepik/jcomp

Ketertarikan merupakan sebuah dasar untuk mendapatkan seks yang hebat dan menyenangkan. Tanpa ketertarikan, seks bisa saja jarang terjadi. Meningkatkan komunikasi dalam hubungan pernikahan dapat membantu membuka diri terhadap kualitas menarik pasangan.

Ketika sudah saling terhubung dengan cara yang lebih positif, maka pasangan suami istri akan menjadi lebih tertarik satu sama lain.

Pola komunikasi yang positif mengarah pada hubungan yang lebih bahagia. Ketika pasangan lebih bahagia, akan dapat memengaruhi kondisi yang lebih baik dan lebih murah hati terhadap satu sama lain.

5. Meningkatkan keintiman

5. Meningkatkan keintiman
Freepik/racool_studio

Meningkatkan komunikasi dalam hubungan menjadi cara yang baik untuk meningkatkan keintiman. Tanpa komunikasi, mungkin pasangan kesulitan untuk meraih kebahagiaan dan keintiman bersama.

Pengetahuan yang lebih dalam tentang satu sama lain, meminimalisir pertengkaran, mengingat mengapa jatuh cinta satu sama lain, bahkan mengalami lebih banyak ketertarikan menjadi dasar yang bagus untuk meningkatkan keintiman.

6. Lebih terbuka perihal kekurangan satu sama lain

6. Lebih terbuka perihal kekurangan satu sama lain
Freepik/drobotdean

Melalui hubungan yang lebih intim, maka lebih mudah untuk saling memberitahu setiap kekurangan masing-masing. Dengan begitu, tidak perlu lagi gugup dan merasa akan dihakimi.

Keterbukaan mengenai kekurangan masing-masing ini memang sering sekali diabaikan dan jarang dibahas oleh pasangan suami istri. Padahal cukup penting untuk saling memahami kondisi pasangan.

Pasangan kita juga manusia, jadi pasti akan memiliki kekurangan dan kelebihan. 

7. Belajar untuk berkomunikasi terkait fantasi seksual

7. Belajar berkomunikasi terkait fantasi seksual
Pixabay/StockSnap

Dengan lebih banyak pengertian, lebih sedikit pertengkaran, mengingat kualitas-kualitas yang dicintai, ketertarikan dan keintiman yang meningkat, bahkan kerentanan yang lebih besar, maka semakin mudah mengomunikasikan preferensi seksual.

Pasangan akan dengan mudah memberi tahu apa yang disukai dan tidak disukai secara seksual. Seks yang hebat bisa datang secara alami terutama di awal hubungan pernikahan.

Namun, perlu dipahami bahwa kehidupan seks yang bertahan lama dan berharga sering kali juga layak untuk diusahakan.

Itu tadi beberapa alasan mengapa kita perlu meningkatkan komunikasi dengan pasangan yang berpengaruh pada kualitas seks.

Semoga informasinya bermanfaat dan usahakan tetap ada komunikasi dengan pasangan. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk