6 Alasan Olahraga Membantu Performa Bercinta di Ranjang Lebih Baik

Jangan sampai lupa luangkan waktu untuk peregangan ya!

3 Mei 2021

6 Alasan Olahraga Membantu Performa Bercinta Ranjang Lebih Baik
Freepik/javi_indi

Menjadi bugar tetap penting pastinya untuk dilakukan, apalagi jika Mama sering melakukan olahraga bersama pasangan. Tentu aktivitas tersebut akan lebih menyenangkan dan menciptakan berbagai kenangan baru. 

Tentu jika sudah bugar, maka kehidupan seks dan performa di atas ranjang akan lebih bersemangat. Hal ini dikarenakan adanya stamina yang lebih besar dan fleksibilitas untuk melakukan posisi seks tertentu.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa alasan kenapa sesi bercinta yang dijalani bersama dengan habbit berolahraga lebih sehat dan menggairahkan.

Jika ingin mengetahui beberapa alasannya, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. Seorang terapis seks dan terapis keluarga, Kat Van Kirk pun mengatakan bahwa hal tersebut akan membantu dalam mencapai kualitas seks yang lebih baik. 

1. Dapat memompa darah ke seluruh tubuh

1. Dapat memompa darah ke seluruh tubuh

Salah satu manfaat olahraga, yakni mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh wilayah tubuh termasuk di antara kedua kaki.

"Peningkatan aliran darah ke alat kelamin perempuan mampu menciptakan lebih banyak vasokongesti, pembesaran pada dinding vagina, labia dan klitoris," ucap Kat Van Kirk. 

Hal tersebut dapat meningkatkan kepekaan sekaligus menghasilkan orgasme yang lebih intens. Untuk laki-laki, peningkatan aliran darahnya dapat berarti ereksi yang lebih lama dan lebih kuat.

2. Semua otot menjadi lebih kecang

2. Semua otot menjadi lebih kecang
Pexels/JESHOOTS.COM

Otot-otot seperti pubococcygeus atau yang dikenal sebagai otot yang mampu mengontrol aliran urine dan air mani. Otot yang lebih kencang membantu meningkatkan kontraksi dasar panggul yang berhubungan langsung dengan orgasme.

Disarankan bahwa saat olahraga melakukan beberapa sit-up, lalu cobalah melakukan beberapa kegel secara bersamaan.

Latihan lain yang dapat membantu mengencangkan otot vagina istri, yakni bridge pose atau posisi jembatan. Berbaring telentang dengan lengan di samping dan lutut ditekuk.

Angkat bokong istri sepenuhnya dari lantai, lalu sentuh otot bokong sekencang mungkin. Lepaskan dan ulangi selama beberapa kali.

Editors' Picks

3. Semakin banyak hormon yang mampu meningkatkan gairah

3. Semakin banyak hormon mampu meningkatkan gairah
Pexels/Anna Shvets

Semakin banyak lemak yang kita bawa ke dalam tubuh, maka semakin banyak estrogen yang kita hasilkan. Tingkat estrogen yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan gairah yang rendah pada perempuan dan laki-laki.

Ditambah, jika hormon stres kortisol tinggi, maka tubuh cenderung menghasilkan lebih banyak lemak yang pada gilirannya dapat menciptakan lebih banyak estrogen dalam tubuh.

Sebuah studi oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa 300 menit (sekitar 30 hingga 45 menit per-hari) latihan kardiovaskular per-minggu mampu menurunkan kadar estrogen.

Manfaat lain dari menyeimbangkan hormon, yakni membantu siklus menstruasi yang semakin teratur.

4. Melepaskan zat kimia feromon

4. Melepaskan zat kimia feromon
Pexels/Karolina Grabowska

Feromon seks, bahan kimia yang dilepaskan untuk membantu menarik lawan jenis. Apabila berkeringat saat berolahraga, maka membantu memperbesar aroma mereka.

"Inilah mengapa gym bisa menjadi tempat yang bagus untuk bertemu pasangan atau mengapa seks pasca-latihan bisa menjadi sangat panas," ucap Kat Van Kirk. 

5. Membantu untuk merasa semakin seksi saat sesi bercinta

5. Membantu merasa semakin seksi saat sesi bercinta
Pexels/KoolShooters

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

"Jika merasa nyaman dengan diri sendiri, maka cenderung lebih terbuka untuk mengeksplorasi tubuh sendiri. Ini mengarah pada peningkatan orgasme dan bahkan ikatan yang lebih dalam antara suami dan istrinya," kata Van Kirk.

6. Suami terhindar dari disfungsi ereksi

6. Suami terhindar dari disfungsi ereksi

"Kadar estrogen yang lebih tinggi pada laki-laki disebabkan oleh kelebihan berat badan, bahkan bisa menjadi pembunuh gairah tersebut," kata Van Kirk.

Harvard School of Public Health merilis sebuah penelitian yang menyatakan bahwa olahraga berat selama 20-30 menit sehari akan menurunkan peluangnya menderita disfungsi ereksi.

Jadi, ajaklah suami berolahraga untuk mengatasi penyusutan penis atau sulitnya mengalami ereksi saat berhubungan seks.

Nah, itulah beberapa alasan bahwa olahraga yang teratur akan membantu meningkatkan sekaligus menjaga kualitas seksual yang diidam-idamkan bersama pasangan. 

Lakukan setiap hari dengan porsi setidaknya 20-30 menit. Ini bermanfaat untuk mendapatkan performa seks yang baik di atas ranjang bersama pasangan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.