7 Cara Mengatasi Rumah Tangga yang Mulai Terasa Membosankan

Jangan panik, Mama bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan!

6 April 2021

7 Cara Mengatasi Rumah Tangga Mulai Terasa Membosankan
Freepik/jcomp

Jangan panik atau khawatir jika hubungan Mama dan Papa sedang dilanda kebosanan. Masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, sehingga hubungan bersama pasangan dapat menyenangkan kembali.

Mungkin sebagian besar bosan itu hadir karena keduanya lelah dengan rutinitas masing-masing, tidak punya waktu berdua dan perlunya menciptakan sedikit variasi keseharian saat menjalani rumah tangga.

Jika sedang terhalang dengan kesibukan sehari-hari, cobalah buat keputusan bersama untuk melakukan berbagai momen bersama. Jika diterapkan secara konsisten, maka akan merasakan ada perubahan dan hubungan menjadi lebih intim.

Berikut Popmama.com merangkum beberapa saran dari Cyndi Darnell, seorang pakar hubungan agar menghabiskan energi yang sepadan bersama pasangan agar tidak terasa bosan.

Disimak dengan baik ya, bila kamu merasa rumah tangga mulai membosankan!

1. Pastikan merawat diri sendiri

1. Pastikan merawat diri sendiri
makeuptutorials.com

Jika bosan sedang melanda, bukan berarti ini terjadi karena kesalahan pasangan. Jangan-jangan hanya bosan secara umum saja?

Ketika sedang mengalami fase ini, cobalah merenung sejenak. Setelah itu, bisa juga renungkan apa ada sesuatu yang perlu dilakukan untuk mengubah diri sendiri? 

Terkadang seseorang yang sedang bosan bisa terjadi karena kurang mencoba mengeksplorasi diri sendiri, bahkan hubungannya bersama pasangan. Jika sedang ada waktu luang, coba sempatkan waktu untuk merawat diri agar pasangan pun menyadari kalau ada perubahan di dirimu. 

2. Lakukan sesuatu yang baru setiap harinya

2. Lakukan sesuatu baru setiap harinya
Pexels/Cottonbro

Jika hari-hari normal hanya dilakukan dengan bangun tidur, pergi kerja, olahraga, makan malam dan kembali tidur. Rutinitas tersebut seolah akan terasa membosankan apalagi jika tidak ada variasi atau perubahan. 

Cobalah untuk membuat kesepakatan bersama pasangan dalam menambahkan aktivitas baru yang bisa dilakukan berdua. 

Lakukan apa yang bisa dilakukan dan sama-sama disukai kedua belah pihak, sehingga bisa menambahkan keseruan agar kehidupan keseharian tak terkesan monoton. 

Hindari aktivitas yang itu-itu saja ya!

Editors' Picks

3. Keluar dari zona nyaman bersama

3. Keluar dari zona nyaman bersama
Pexels/olly

Keluar dari zona nyaman tidak semudah membalikkan telapak tangan memang. Hanya saja dengan mengambil langkah ini tanpa disadari bisa memberikan sebuah kebahagiaan baru bersama pasangan. 

Misalkan, jika sering memesan makanan untuk makan malam, cobalah sesekali beranjak dari sofa dan mulai memasak bersama pasangan.

Menghabiskan waktu di dapur bersama pasangan tidak hanya memberi kesempatan menjalin ikatan saja, melainkan dapat melatih keterampilan komunikasi dan bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan. 

4. Jangan diam saja, cobalah pelajari hal-hal baru

4. Jangan diam saja, cobalah pelajari hal-hal baru
Freepik/tirachardz

Inti dari poin di atas ini masih sama, yaitu melakukan aksi dan jangan hanya diam saja. Perlu diingat apabila hanya berdiam diri, maka kebosanan akan semakin terasa secara perlahan-lahan.

Bisa ikut kelas untuk upgrade skill atau belajar memasak lewat YouTube, belajar berenang atau mencari kesibukan yang belum pernah dicoba sebelumnya. 

Bisa lakukan dengan hal sederhana di pagi hari, yaitu olahraga bersama dengan pasangan. Walaupun hanya dilakukan di sekitar rumah, namun momen tersebut bisa membangun ikatan hubungan yang lebih kuat. 

5. Mencoba kegiatan yang memacu adrenalin dengan pasangan

5. Mencoba kegiatan memacu adrenalin pasangan
Pexels/Andrea Piacquadio

Pengalaman yang mendebarkan bersama pasangan bisa menjadi pemanis saat rasa bosan sedang melanda.

Ada sesuatu yang bisa dicoba dengan pasangan. Contohnya saja melakukan camping berdua, menaiki arung jeram atau mungkin menonton film horror saat ada waktu luang. 

Crystal Bradshaw, seorang konselor hubungan mengatakan bahwa berbagai pengalaman yang mendebarkan akan mendorong pelepasan oksitosin, yaitu hormon pengikat yang sering disebut hormon cinta.

6. Mulailah melakukan hobi yang disukai bersama

6. Mulailah melakukan hobi disukai bersama
Freepik/standret

Jika detik ini Mama dan Papa belum menemukan hobi, ini saatnya mencari dan lakukan bersama pasangan.

Ini akan berhasil karena bisa membantu untuk keluar dari zona nyaman. Temukan sesuatu untuk dinikmati berdua, lakukan hobi secara rutin dan juga dengan serius.

Jika keduanya memiliki hobi lari, maka tidak ada salahnya lari ke jalur yang tidak biasa. Ini juga bisa memacu adrenalin dan melatih kerja sama antar pasangan.

7. Cobalah melakukan aktivitas seksual baru di ranjang

7. Cobalah melakukan aktivitas seksual baru ranjang
Freepik/lookstudio

Soal urusan ranjang, bukan hanya berfokus pada hubungan seks semata saja, namun ada juga hal lain. Salah satu contoh yang bisa dilakukan, seperti pillow talk.

Coba membuka percakapan tentang hubungan seksual, termasuk apa yang ingin dilakukan bersama untuk menghindari rasa bosan.

Bicarakan juga posisi seks atau mungkin fantasi di tempat baru yang belum pernah dicoba, seperti di kamar hotel atau jok belakang mobil yang bisa memancing adrenalin. 

Dari percakapan tersebut akan memberikan manfaat sekaligus mendapatkan apa yang diinginkan serta dibutuhkan sebagai pasangan suami istri.

Itu tadi beberapa action yang harus dilakukan jika merasa rumah tangga mulai membosankan. Sudah tahu kan apa yang mesti dilakukan?

Jangan sungkan ceritakan kepada pasangan, sehingga bisa sama-sama menemukan solusinya bersama dan hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.