Doa saat Mencium Tangan Orangtua atau Mertua agar Diberi Ampunan

Berbakti kepada orangtua memang tugas dari seorang anak

20 Februari 2022

Doa saat Mencium Tangan Orangtua atau Mertua agar Diberi Ampunan
Freepik/rawpixel.com

Mungkin mencium tangan orangtua atau mertua biasa dilakukan ketika sedang bertamu, bahkan saat pulang kampung di momen tertentu seperti Lebaran.

Padahal, mencium atau berjabat tangan juga bisa kapan saja, misalkan bertemu, pamitan tau bahkan momen tertentu. Nah, ketika berjabat tangan, kita mesti membaca doa yang telah diajarkan dalam agama Islam. Tujuannya agar keduanya diberikan ampunan oleh Allah dan dijauhkan dari siksa neraka.

Berikut Popmama.com sudah rangkum informasi terkait doa saat mencium tangan orangtua atau mertua agar diberi ampunan.

Mari senantiasa selalu berbuat baik kepada kedua orangtua atau mertua kita.

Editors' Picks

1. Doa ketika mencium atau berjabat tangan orangtua

1. Doa ketika mencium atau berjabat tangan orangtua
Unsplash/Visual Karsa

Hubungan baik dengan orangtua atau bahkan dengan mertua mesti dijaga dengan baik, sehingga hubungan keluarga menjadi kian harmonis satu sama lain.

Nah, sudah sepatutnya kita sebagai anak mendoakan yang terbaik untuk orangtua atau mertua kita, salah satunya ketika berjabat tangan atau mencium tangan.

Doa ini semata-mata untuk mendoakan kebaikan kedua orangtua atau mertua kita, dan mendoakannya agar terhindar dari siksa neraka. Berkut doanya:

Allohummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiroo. Allohumma robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanatan wa fil aakhiroti hasanatan wa qinaa ‘azaaban naar

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orangtuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana mereka berdua merawatku ketika aku masih kecil. Ya Allah, berilah kami di dunia kebaikan, dan di akhirat kebaikan, serta lindungilah kami dari siksa neraka.”

2. Doa untuk orangtua serta mertua yang masih hidup atau yang sudah wafat

2. Doa orangtua serta mertua masih hidup atau sudah wafat
Pexels/Andrea Piacquadio

Sebagai seorang anak, kita mesti berbuat baik dan berbakti, kita semua pun diperintahkan menjadi anak yang saleh dan senantiasa mendoakan kedua orangtua.

Doa ini bisa dipanjatkan untuk orangtua atau mertua yang masih hidup, maupun yang sudah wafat mendahului kita. Berikut doanya:

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira

Artinya:

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orangtuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Kewajiban untuk berbakti kepada kedua orangtua juga disebutkan dalam firman Allah surat Al-Isra ayat 23 yang berbunyi:

Wa qada rabbuka alla ta'budu illa iyyahu wa bil-walidaini ihsana, imma yabluganna 'indakal-kibara ahaduhuma au kilahuma fa la taqul lahuma uffiw wa la tan-har-huma wa qul lahuma qaulang karima

Artinya:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

3. Doa ketika berjabat tangan kepada orang lain

3. Doa ketika berjabat tangan kepada orang lain
Freepik/DCStudio

Hubungan baik juga mesti dibangun oleh banyak orang di sekitar kita. Bukan hanya dengan orang sekitar, melainkan dengan tetangga atau orang lain.

Saat berjumpa dengan tetangga, jangan ragu untuk menyalami dan membaca doa. Dengan begitu, kita semua akan diberikan kebaikan dan ampunan. Berikut doanya:

Allohumma robbana atina fiddunya hasanatan wa fil akhiroti hasanatan wa qina ‘azaban nar

Artinya:

“Ya Allah, berilah kami di dunia kebaikan, dan di akhirat kebaikan, serta lindungilah kami dari siksa neraka.”

Penting sekali untuk selalu mendoakan satu sama lain, baik ketika bertemu dan berjabat tangan agar sama-sama mendapatkan ampunan. Memperpanjang silaturahmi juga bisa mendatangkan rezeki dan ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Semoga informasi doa saat mencium tangan orangtua ini bisa menjadi pengingat untuk selalu menjaga silaturahmi dengan orang sekitar. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk