Lebih Nyaman, 5 Posisi Seks Ini Membantu Meredakan Nyeri saat Bercinta

Nyaman saat berhubungan seks tanpa takut terasa nyeri!

5 April 2021

Lebih Nyaman, 5 Posisi Seks Ini Membantu Meredakan Nyeri saat Bercinta
Freepik/lookstudio

Ketika memutuskan untuk melakukan hubungan seks, pasangan suami istri tentu ingin menciptakan kehidupan seksual yang berkualitas. Hanya saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan perempuan merasa kesakitan selama penetrasi, seperti vagina yang masih kering atau kondisi lainnya.

Tak jarang juga, hambatan tersebut datang dari faktor gangguan kesehatan mulai dari sakit leher, sakit punggung atau cedera berkepanjangan. Tanpa disadari gangguan kesehatan tersebut bisa berpengaruh dan memicu rasa nyeri saat berhubungan seks.

Hal terpenting yang perlu dilakukan saat berhubungan seks, yakni ketika salah satu pihak sedang merasa kesakitan atau nyeri usahakan untuk melakukan penetrasi secara perlahan. Hal tersebut perlu dilakukan ketika sedang menerapkan berbagai posisi seks, sehingga rasa sakit tersebut tidak menimbulkan trauma. 

Kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa posisi seks yang membantu menghilangkan rasa sakit atau setidaknya tidak memperparah kondisi nyeri saat berhubungan intim. 

Kira-kira apa saja ya? 

1. Posisi seks misionaris

1. Posisi seks misionaris
Freepik/gpointstudio

Masalah yang dialami: Merasa sakit saat melengkungkan punggung sewaktu berhubungan seks.

Alasan posisi seks misionaris dapat meredakan rasa sakit: Jika merasa sakit saat melengkungkan tubuh, posisi seks dengan gerakan misonaris bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu meredakan rasa sakit. 

Sebuah penelitian dari Universitas Waterloo menemukan bahwa posisi seks misionaris dengan bantal di bawah punggung bawah sebagai penyangga dapat memberikan rasa nyaman. Bantal sebagai penyangga seolah menjadi cara terbaik untuk berhubungan seks. Selain itu, pasangan pun menjadi nyaman sepanjang waktu selama berhubungan seks. 

Editors' Picks

2. Posisi seks doggy style

2. Posisi seks doggy style
thehealthsite.com

Masalah yang dialami: Sakit punggung secara umum, sehingga kurang nyaman menerapkan beberapa posisi seks.

Alasan posisi seks doggy style dapat meredakan rasa sakit: Pernahkah melihat bagaimana peregangan kucing dalam yoga atau hal pertama saat bangun tidur seperti ngulet dapat mengatasi rasa sakit di area punggung?

Selain itu, sebuah studi dari Universitas Waterloo menemukan bahwa cara tersebut baik untuk dilakukan untuk orang yang mengalami rasa sakit saat duduk terlalu lama. Apabila pasangan sedang tidak bisa melakukan posisi seks dengan gaya duduk dalam jangka waktu yang lama, maka posisi seks doggy style bisa menjadi pilihan. 

3. Posisi seks spooning

3. Posisi seks spooning
bertsbarges.com
joker with card

Masalah yang dialami: Mungkin sedang merasa sakit atau nyeri saat menyentuh jari kaki.

Alasan posisi seks spooning dapat meredakan rasa sakit: Universitas Waterloo menemukan bahwa selain gaya doggy style, ada posisi seks lain yang bisa menjadi alternatif lain saat tubuh terasa sakit atau nyeri. Posisi seks menyendok atau spooning bisa menjadi alternatif lain ketika sedang merasa nyeri. 

Namun, tetap perlu berhati-hati untuk dilakukan. Walau banyak orang menganggap bahwa menyendok merupakan posisi yang baik untuk semua jenis nyeri. Hal ini dikarena pada dasarnya ini termasuk posisi yang paling malas dari semua gaya bercinta. 

Sebuah penelitian justru menunjukkan bahwa hal itu sebenarnya bisa sangat buruk untuk nyeri punggung tertentu. Jadi jika tidak diterapkan secara benar, maka cobalah untuk menerapkan posisi seks yang lain.

4. Posisi seks legs up missionary

4. Posisi seks legs up missionary
Freepik/pressfoto

Masalah yang dialami: Punggung bawah dan pinggul terasa sesak.

Alasan posisi seks legs up missionary dapat meredakan rasa sakit: Posisi seks ini pada dasarnya seperti sedang yoga. Jika pasangan berbaring telentang, membawa lutut ke dada dan melingkari mereka. Rasanya ini seperti sedang peregangan punggung bawah.

Selain membantu orgasme, posisi seks ini juga akan membantu pinggul yang kencang pada saat yang sama. Pasangan tidak perlu terlalu memaksakan pergelangan kaki agar di atas bahu mereka, meskipun itu pasti akan meregangkan bagian belakang kaki juga.

Pasangan selalu bisa mengangkat lutut ke arah ketiak, sehingga dapt mengurangi peregangan. 

5. Posisi seks face to face

5. Posisi seks face to face
Freepik/gpointstudio

Masalah yang dialami: Kram atau nyeri ketika sehabis menstruasi.

Alasan posisi seks face to face dapat meredakan rasa sakit: Kabar baiknya posisi seks ini membantu kram selama menstruasi, bahkan orgasme sendiri bisa membantu. 

Ketika sedang merasa sedang nyeri dan harus tetap berhubungan intim, maka perlu dijalani dengan mencoba posisi seks yang dirasa nyaman tanpa memicu rasa sakit. Selain itu, posisi seks yang sedang diterapkan perlu dijalani dengan perlahan-lahan agar tidak memicu rasa nyeri. 

Selamat mencoba beberapa posisi seks ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.