5 Posisi Seks yang Nyaman untuk Istri Pasca Melahirkan

Sebelum melakukan coba komunikasikan dengan dokter terlebih dahulu ya!

14 Agustus 2021

5 Posisi Seks Nyaman Istri Pasca Melahirkan
Freepik/prostooleh

Kembali menciptakan keintiman dan pengalaman seks yang menyenangkan di atas ranjang pasca melahirkan memang bukan perkara mudah. Bagi sebagian perempuan masih ada rasa kurang nyaman, bahkan butuh waktu tertentu untuk bisa kembali berhubungan seks dengan pasangannya. 

Tak jarang, ada juga yang berkonsultasi ke dokter perihal mengetahui waktu ideal untuk berhubungan seks kembali pasca persalinan. 

Nah, untuk Mama yang sudah mulai siap melakukan keintiman kembali pasca persalinan, maka perlu memahami juga posisi seks yang nyaman dan tidak terlalu banyak gerakan akrobatik.

Berikut Popmama.com rangkum beberapa pilihan posisi seks pilihan yang aman dilakukan pasca persalinan. Tak ada salahnya melibatkan bantal yang empuk serta gaya bercinta yang mudah dilakukan.

1. Perlahan melakukan seks oral terlebih dahulu

1. Perlahan melakukan seks oral terlebih dahulu
greatist.com

Menurut seorang seksolog klinis dan pakar hubungan, Laurel Steinberg, seks oral dengan kombinasi jari yang lambat menjadi cara yang bagus untuk menghangatkan kembali permainan seks. Apalagi baru pertama kali melakukan aktivitas seksual bersama pasangan pasca melahirkan si Kecil. 

Hal ini akan mengingatkan vagina betapa hebat rasanya ketika dibelai dengan benar, sehingga bisa membuat jaringan vagina halus siap melebar ketika akan melakukan penetrasi penis ke vagina.

Cobalah lakukan gerakan jari yang lambat untuk membuat istri lebih terangsang. Bisa juga memberikan stimulasi klitorisnya agar lebih basah sebelum melakukan penetrasi penis ke vagina.

Editors' Picks

2. Pilih posisi seks woman on top, terutama ketika nyeri selama penetrasi

2. Pilih posisi seks woman on top, terutama ketika nyeri selama penetrasi
Freepik/prostooleh

Jika istri nyeri saat melakukan seks penetrasi dalam pasca melahirkan, maka perlu mencoba posisi seks lain. Tak ada salahnya untuk mengganti posisi seks, seperti woman on top.

Posisi seks ini akan membuat istri bisa lebih mendominasi dan mengontrol kecepatan dan kedalaman penetrasi. Jadi istri tahu apa yang mesti dilakukannya untuk menghindari nyeri.

Lakukan gerakan lambat dan tidak terburu-buru, suami juga bisa tetap merangsang payudara istri menggunakan tangannya secara perlahan-lahan.

3. Posisi seks yang meringankan sakit dengan bantuan bantal

3. Posisi seks meringankan sakit bantuan bantal
Freepik/prostooleh

Jika istri khawatir merasa sakit saat berhubungan seks, bantal bisa jadi penyangga di bawah bokong selama penetrasi berlangsung.

Istri bisa berbaring sambil menambahkan bantal di bawah bokong, lalu buka kedua kaki dan lipat. Dengan begitu, memudahkan suami saat berlutut dan melakukan penetrasi.

Posisi seks ini juga membantu meringankan gejala apa pun yang mungkin dirasakan perempuan pada area kandung kemih atau tekanan karena prolaps organ panggul.

Posisi ini membantu perempuan mengalami orgasme yang luar biasa, apalagi otot-otot dasar panggul mereka secara alami akan lebih rileks.

4. Posisi seks spooning atau menyendok

4. Posisi seks spooning atau menyendok
Pexels/Анна Хазова

Posisi menyendok ini baik bagi Mama pasca melahirkan. Hal ini dikarenakan posisi seks ini sambil berbaring miring dan tidak banyak tenaga untuk mendorong selama penetrasi.

Plus, itu menghindari kontak perut pasca operasi caesar. Ketika menerapkan posisi seks ini, penetrasi alam terasa lebih nyaman. Selain itu, suami dapat menjangkau dan memijat lembut payudara pasca melahirkan.

5. Posisi seks kaki berbentuk X

5. Posisi seks kaki berbentuk X
Freepik/gpointstudio

Jika ingin melakukan posisi seks yang terbilang nyaman dan memberi sensasi menggairahkan sekaligus, maka tidak ada salahnya menerapkan gaya bercinta yang satu ini.

Posisi seks ini melibatkan istri yang berbaring sambil bokongnya ditopang oleh bantal yang tinggi, sehingga memudahkan suami ketika penetrasi.

Ketika istri merasa sudah nyaman, suami sambil berdiri melakukan penetrasi, dengan posisi kaki kanan istri disilangkan. Kaki kiri ke bahu kanan, kaki kanan ke bahu kiri.

Nah, itu tadi beberapa posisi seks yang dapat membantu istri kembali merasakan keintiman dengan suami ketika pasca melahirkan.

Apabila masih ragu, mungkin bisa dikonsultasikan kepada dokter pasca melahirkan. Perlu diingat bahwa ketika dirasa belum siap, maka kepuasan seks pun sulit diraih bersama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.