6 Alasan Paris Disebut Kota Cinta, Banyak Momen Romantis

Banyak orang yang menyatakan cinta pada pasangannya atau bahkan melamar pasangannya di Paris

24 Juni 2022

6 Alasan Paris Disebut Kota Cinta, Banyak Momen Romantis
Pexels/Liam-gant-619294

Siapa yang tidak mengenal Paris? Ibu kota dari Prancis ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap tahun. 

Kota Paris identik dengan bangunan-bangunan bersejarah yang akan memanjakan mata setiap wisatawan. Selain karena keindahan tempat wisatanya, Paris juga dijuluki sebagai Kota Cinta atau City of Love

Sejak dulu hingga sekarang, banyak orang yang menyatakan cinta pada pasangannya atau bahkan melamar pasangannya di Kota Paris. Lantas, apa yang membuat Paris mendapatkan julukan Kota Cinta?

Berikut Popmama.com merangkum beberapa alasan Paris disebut Kota Cinta yang mungkin Mama belum ketahui.

Simak informasi lengkapnya untuk menambah pengetahuan baru yuk, Ma!

1. Memiliki bahasa paling romantis di dunia

1. Memiliki bahasa paling romantis dunia
Pexels/Pixabay

Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari. Sebab, bahasa Prancis memiliki struktur tata bahasa dan tingkat pelafalan yang sulit. Ketika Mama melafalkan kata-kata dalam bahasa Prancis, Mama akan merasakan sisi romantis dari bahasa tersebut. 

Itulah sebabnya, bahasa Prancis dijuluki sebagai bahasa paling romantis di dunia dan sering disebut sebagai bahasa resmi untuk mengungkapkan cinta. Bahasa Prancis memiliki pelafalan yang lembut dan terdengar romantis. 

Bahasa Prancis merupakan salah satu dari enam bahasa Roman yang paling banyak digunakan di dunia, selain bahasa Spanyol, Portugis, Italia, Rumania, dan Catalan. 

Sementara itu, penutur bahasa Prancis tentu saja paling banyak berada di Kota Paris. Oleh karena itu, Paris mendapat julukan Kota Cinta karena seluruh warganya menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa percakapan sehari-hari. 

2. Paris identik dengan bangunan sejarah dan seni

2. Paris identik bangunan sejarah seni
Pexels/Elina-sazonova

Paris juga identik dengan bangunan bersejarah dan karya seni yang memiliki nilai jual tinggi dan sisi romantisme. Sebab, sebagian besar karya seni di Paris mengusung tema romantisme. 

Banyak penyair, pelukis, pematung, hingga musisi di Paris yang menginspirasi pelaku seni di dunia untuk menghasilkan karya seni yang mengangkat tema romansa. Selain itu, banyak pula museum bersejarah di Paris yang menunjukkan sisi romantisme, sehingga membuat pengunjung terbenam dalam perasaan cinta. 

Editors' Picks

3. Jalanan yang romantis

3. Jalanan romantis
Pexels/Pixabay

Apabila Mama berkeliling Kota Paris, maka Mama bisa merasakan sisi romantis dari kota tersebut. Paris memiliki banyak landmark romantis, seperti menara Eiffel hingga Le Pont Des Arts. 

Paris juga dikenal sebagai Kota Cahaya karena memiliki banyak monumen bercahaya. Cahaya dan gemerlap lampu di malam hari menambah keromantisan dari Kota Paris.

Apabila ingin merasakan jantung dari Kota Paris, maka Mama perlu mengunjungi Sungai Seine di malam hari sambil menikmati gemerlap cahaya Kota Paris. 

4. Arsitektur bangunan yang romantis

4. Arsitektur bangunan romantis
Pexels/Chris-molloy-220084

Tak hanya menonjolkan sisi sejarah dari setiap bangunan, Kota Paris juga menonjolkan gaya arsitekturnya yang unik dari bangunan tersebut. Misalnya, jalanan Kota Paris dipenuhi oleh gaya arsitektur Gotik. 

Di sisi lain, monumen bersejarah juga menonjolkan kebangkitan seni di Paris, mulai dari kebangkitan kasik, Belle Poque, hingga gaya Art Deco. Semua gaya arsitektur tersebut menambah nuansa romantis Kota Paris dengan alunan musik di setiap kafe yang berjejer di kota tersebut.

5. Banyak orang menyatakan cinta di Paris

5. Banyak orang menyatakan cinta Paris
Pexels/Imagestudio

Telah disinggung sebelumnya bahwa Paris menjadi salah satu tempat favorit untuk menyatakan cinta kepada pasangan atau bahkan melamar pasangan. Banyak orang yang rela datang dari segala penjuru untuk melamar pasangannya di Kota Paris. 

Ada beberapa tempat yang kerap dijadikan tempat untuk melamar, seperti Champ de Mars, Arc de Triomphe, Gardens of Versailles hingga dinner romantis di atas kapal sambil mengelilingi Sungai Seine.

6. Tak lepas dari pemberitaan media

6. Tak lepas dari pemberitaan media
Unsplash/Mustangjoe

Julukan Kota Cinta tentu tidak lepas dari pemberitaan media online maupun media cetak. Banyak film maupun drama yang mengambil latar Kota Paris untuk menonjolkan romansa dari setiap tokoh, salah satunya Emily in Paris yang tayang di Netflix. 

Tak hanya film, banyak buku, puisi, hingga musik yang menggambarkan Paris sebagai kota yang penuh romansa bagi setiap pasangan. 

Setelah membaca beberapa alasan di atas, alasan manakah yang paling tepat untuk menggambarkan Paris sebagai Kota Cinta?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk