Alpha Female: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Tipe Laki-Laki Idaman

Karakter perempuan dikelompokkan menjadi tiga, yakni Alpha Female, Beta Female, dan Omega Female

25 Oktober 2021

Alpha Female Pengertian, Ciri-Ciri, Tipe Laki-Laki Idaman
Unsplash/Corneschi

Untuk menjalin sebuah hubungan pertemanan atau percintaan, Mama perlu memahami karakter diri sendiri terlebih dahulu. Pemahaman karakter diperlukan untuk beradaptasi dengan perbedaan karakter orang lain sekaligus memanfaatkan potensi yang ada dalam diri sendiri.

Apakah Mama sudah memahami karakter diri sendiri? Sebenarnya Mama bisa memahami karakter diri sendiri melalui zodiak, golongan darah, atau tes kepribadian. Pada dasarnya, karakter perempuan dikelompokkan menjadi tiga, yakni Alpha Female, Beta Female, dan Omega Female. 

Istilah tersebut mungkin masih terdengar asing di telinga, namun masing-masing istilah mampu menggambarkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki seorang perempuan.

Agar Mama lebih memahami diri sendiri dan potensi yang ada dalam diri, kali ini Popmama.com akan membahas ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, serta karakteristik dari Alpha Female.

Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Alpha Female

Pengertian Alpha Female
Unsplash/Ernan93

Dilansir Science of People, Alpha Female adalah istilah untuk menggambarkan seorang perempuan yang memiliki ambisi dan jiwa kepemimpinan. Perempuan dengan karakter alpha biasanya dijadikan seorang pemimpin dalam suatu kelompok karena dirinya dapat diandalkan untuk mengatur orang lain. 

Istilah alpha awalnya merujuk pada perilaku hewan yang mampu menjadi sosok terkuat dalam kerajaan hewan. Para peneliti menjadikan kera alpha untuk mendeskripsikan perilaku hewan dan mengelompokkannya dalam berbagai kategori.

Secara perlahan, peneliti mulai menghubungkan karakter dan perilaku hewan dengan manusia. 

Editors' Picks

Ciri-ciri Alpha Female

Ciri-ciri Alpha Female
Unsplash/Manunalys

Karakter Alpha Female bisa dibilang merupakan karakter yang paling diidamkan oleh semua perempuan. Sebab, karakter alpha memiliki ciri-ciri kepercayaan diri yang tinggi, kecerdasan di atas rata-rata, pesona yang menarik, dan independen. 

Perempuan alpha tahu apa yang dia inginkan dan ingin dia lakukan. Oleh karena itu, dia tidak akan mengizinkan orang lain untuk mengatur hidupnya. Karakter itulah yang membuat perempuan alpha mampu membangun jenjang karier sekaligus menjalin relasi yang baik dengan banyak orang. 

Maka tak heran, jika Alpha Female menjadi panutan bagi perempuan orang. Meski memiliki karakter yang kuat, berani, dan percaya diri, maka Alpha Female tetap mau didampingi oleh orang lain untuk meraih kesuksesan. 

Alpha Female Selalu Mendominasi

Alpha Female Selalu Mendominasi
Unsplash/Chrisjoelcampbell

Telah disinggung sebelumnya bahwa Alpha Female memiliki karakter yang kuat dan selalu berambisi untuk meraih apa yang ia inginkan. Itulah sebabnya, Alpha Female selalu mendominasi sebuah hubungan, baik hubungan kerja, pertemanan, maupun percintaan. 

Alpha Female ingin memegang kendali suatu hubungan karena dia percaya pada dirinya sendiri. Dia juga menyukai tantangan, sehingga tidak ragu untuk bertindak tegas terhadap siapa saja yang meragukan kepemimpinannya. 

Sifat-sifat itu tak jarang juga terbawa dalam kehidupan rumah tangga. Alpha Female ingin menjadi pemimpin dan mengatur urusan rumah tangga, meski ia sadar kepala keluarga seharusnya dipegang oleh suami. 

Kekurangan Alpha Female

Kekurangan Alpha Female
Unsplash/Ilienerwise

Walaupun karakter Alpha Female mungkin banyak diinginkan oleh banyak perempuan, Alpha Female nyatanya juga bisa menyebabkan berbagai masalah dalam hubungannya dengan orang lain. 

Perempuan alpha biasanya memiliki banyak musuh karena keinginannya untuk memegang kendali suatu hubungan. Alpha Female juga kerap melakukan kesalahan pada pekerjaannya karena memang terbiasa melakukan banyak pekerjaan sekaligus atau multitasking

Kepercayaan dirinya yang kuat tak jarang membuat perempuan alpha tak suka dikritik. Dia terlalu nyaman dengan pilihan hidupnya sendiri, sehingga tidak mendengarkan pendapat orang lain. Karakter inilah yang membuat mereka kehilangan banyak relasi dan teman. 

Tipe Laki-Laki Idaman Alpha Female

Tipe Laki-Laki Idaman Alpha Female
Unsplash/Chrisghinda

Dalam menjalin hubungan percintaan, Alpha Female secara umum ingin memiliki seorang laki-laki yang memiliki rencana masa depan dan berambisi untuk meraihnya. Dia ingin pasangannya bisa bergerak dengan kecepatan yang sama dengan dirinya. 

Alpha Female juga tidak menyukai laki-laki yang mudah cemburu dan mencampuri urusannya. Dia hanya membutuhkan pendengar yang baik atas semua masalahnya. Hal terpenting bagi seorang Alpha Female, yakni pasangannya mampu mendukung impiannya, tidak meremehkan dirinya, dan mau belajar bersama. 

Nah Ma, itulah karakter dari Alpha Female. Apa pun karaktermu, Mama perlu mengenal diri sendiri, mencintai setiap kelebihan dan kekurangan, serta memanfaatkan potensi yang ada dalam diri.

Jadi, apakah Mama tergolong Alpha Female?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.