Perlukah Memberikan Kesempatan Kedua pada Pasangan yang Selingkuh?

Ketika diselingkuhi pasangan tentu akan membuat Mama merasa marah, kecewa, hingga trauma

18 November 2021

Perlukah Memberikan Kesempatan Kedua Pasangan Selingkuh
Unsplash/Marilezhava

Perselingkuhan merupakan masalah terbesar yang dapat merusak hubungan percintaan maupun hubungan suami istri. Diselingkuhi bisa membuat siapa saja merasa marah dan kecewa, sekaligus sulit untuk mempercayai pasangan lagi. 

Ada sebagian korban perselingkuhan yang memilih untuk memaafkan pasangannya demi mempertahankan hubungan. Namun, tidak sedikit juga yang memilih berpisah dan tidak memberikan kesempatan kedua pada pasangan. 

Sebuah survei yang dilakukan di India menunjukkan bahwa perselingkuhan membawa perubahan pada korban, baik perubahan positif maupun negatif. Sebanyak 36 persen perempuan memilih memaafkan pasangannya yang selingkuh demi mempertahankan hubungan. 

Mereka rela memberikan kesempatan kedua pasangan dengan harapan pasangan bisa berubah. Lantas, perlukah Mama memberikan kesempatan kedua pada pasangan yang selingkuh

Simak penjelasannya dari sisi psikologi yang dirangkum Popmama.com di bawah ini yuk, Ma!

Kesempatan Kedua Tergantung pada Prinsip Hidup Diri Sendiri

Kesempatan Kedua Tergantung Prinsip Hidup Diri Sendiri
Unsplash/Jennymarvin

Keputusan untuk memberikan kesempatan kedua pada pasangan yang selingkuh memang tergantung situasi, terutama nilai norma yang Mama pegang atau disepakati bersama pasangan.

Pasalnya, ada beberapa pasangan yang memiliki aturan mutlak untuk mempertahankan hubungan mulai dari komitmen, keintiman, dan komunikasi. Apabila salah satu aturan tersebut dilanggar, maka hubungan tidak dapat dilanjutkan lagi. 

Perselingkuhan merupakan bentuk pelanggaran dari komitmen. Oleh karena itu, Mama bisa memutuskan hubungan jika sebelumnya telah ada kesepakatan bersama pasangan.

Apabila tidak ada kesepakatan tertentu, maka keputusan untuk memberikan kesempatan kedua atau tidak tergantung pada prinsip hidupmu. 

Editors' Picks

Ketahui Alasan Pasangan Berselingkuh

Ketahui Alasan Pasangan Berselingkuh
Unsplash/Heftiba

Apabila masih bimbang apakah akan memberikan kesempatan kedua atau tidak, Mama sebaiknya perlu mengetahui alasan pasangan selingkuh.

Apabila penyebabnya berhubungan dengan kepribadian Mama atau pasangan yang masih dapat diperbaiki, maka tidak ada salahnya untuk memberikan kesempatan kedua. 

Sebaliknya, jika perselingkuhan memang sering terjadi dan sudah menjadi karakter pasangan, maka coba pikirkan ulang sebelum memberikan kesempatan kedua.

Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan, yakni Mama perlu mengetahui alasan perselingkuhan tersebut sebagai bahan refleksi hubungan, bukan justru menyalahkan diri sendiri. 

Apa yang Harus Dibicarakan Jika Ingin Memberikan Kesempatan Kedua?

Apa Harus Dibicarakan Jika Ingin Memberikan Kesempatan Kedua
Unsplash/Thefalsehenry

Sebelum memberikan kesempatan kedua pada pasangan, Mama sebaiknya membicarakan beberapa hal terlebih dahulu. Pertama, diskusikan harapan satu sama lain untuk kelanjutan hubungan. Mama harus menyamakan visi misi hubungan agar tidak terjadi perselingkuhan lagi. 

Kedua, ketahui penyebab perselingkuhan dan menemukan solusi bersama. Jangan menyelesaikan masalah secara sepihak karena hal itu bisa menyebabkan hubungan semakin renggang. 

Apabila visi misi hubungan sudah tidak sama atau tidak ada lagi solusi atas permasalahan dalam hubungan, maka Mama memiliki hak untuk memutus hubungan dan tidak memberikan kesempatan kedua pada pasangan. 

Konsekuensi Memberikan Kesempatan Kedua

Konsekuensi Memberikan Kesempatan Kedua
Unsplash/Aaronburden

Jika Mama mantap untuk memberikan kesempatan kedua pada pasangan, maka pastikan kesempatan itu memang merupakan kesempatan terakhir. Tidak boleh ada kesempatan ketiga dan selanjutnya apabila pasangan ketahuan selingkuh lagi. 

Konsekuensi selanjutnya, yakni hubungan bisa menjadi lebih canggung antara kedua belah pihak. Mama akan sulit mempercayai pasangan atau menjalin komunikasi seperti awal hubungan. Jika pasangan menunjukkan perubahan positif, maka tidak ada salahnya untuk memulai lembaran baru bersama pasangan. 

Mama memang boleh memberikan kesempatan kedua pada pasangan yang selingkuh. Namun, bila masih terasa berat hingga membuat hubungan menjadi canggung atau pasangan sulit merubah sikapnya, maka pikirkan kembali sebelum memberikan kesempatan kedua.

Mama bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan teman-teman terdekat atau psikolog untuk menentukan pilihan. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.