12 Artis Hollywood yang Punya Anak dari Ibu Pengganti

Metode ibu pengganti membutuhkan proses yang rumit dan biaya mahal

7 April 2022

12 Artis Hollywood Pu Anak dari Ibu Pengganti
Instagram.com/nickjonas

Jasa ibu pengganti atau surrogate mother adalah suatu perjanjian mencakup persetujuan seorang perempuan untuk menjalani kehamilan bagi pasangan yang nantinya menjadi orangtua sang anak.

Umumnya, ibu pengganti disewa oleh pasangan suami istri yang berkeinginan memiliki anak, namun tidak bisa karena suatu kondisi, seperti masalah rahim, masalah kesuburan, dan lainnya. Di Indonesia, metode ibu pengganti memang masih dianggap tabu dan ilegal.

Namun, di negara barat seperti Amerika Serikat, surrogate mother sudah dilegalkan dan dianggap hal yang lumrah. Maka tak heran bila banyak bintang Hollywood yang memutuskan punya anak lewat praktik ibu pengganti.

Siapa saja kah mereka? Yuk, intip ulasan selengkapnya yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber!

1. Priyanka Chopra dan Nick Jonas

1. Priyanka Chopra Nick Jonas
Instagram.com/priyankachopra

Sempat diterpa isu cerai, Priyanka Chopra dan Nick Jonas justru membagikan kabar bahagia setelah itu. Lewat unggahan di Instagram, pasangan yang telah berumah tangga selama empat tahun ini mengumumkan kehadiran anak pertama mereka

Keduanya menjelaskan bahwa bayi mereka lahir melalui rahim ibu pengganti. Lebih lanjut, Priyanka dan Nick meminta privasi dan pengertian dari publik selama masa-masa bahagia ini. Pasangan ini pun ingin fokus merawat anggota keluarga baru.  

2. Kim Kardashian dan Kanye West

2. Kim Kardashian Kanye West
Instagram.com/kimkardashian

Kim Kardashian dan Kanye West menjadi pasangan artis Hollywood selanjutnya yang memiliki anak lewat ibu pengganti. Kim dan dan Kanye menggunakan praktik ibu pengganti untuk mengandung anak ketiga mereka.

Tak lama dari itu, keduanya kembali menyewa ibu pengganti untuk melahirkan anak keempat mereka. Hal ini dilakukan karena Kim sempat mengalami masa-masa yang sulit saat kehamilan anak pertama dan kedua mereka. Kesulitan yang dialami pun sedikit memberikan trauma.

Hal yang membuat takjub, yakni Kim dan Kanye menyediakan fasilitas mewah untuk sang ibu pengganti, seperti akomodasi, ahli gizi, transportasi, hingga pengamanan 24 jam penuh.

3. Kristen Wiig

3. Kristen Wiig
people.com

Aktris Kristen Wiig dan tunangannya, Avi Rothman, menyambut kelahiran anak kembar mereka pada Januari 2020 lalu. Kristen dan Avi telah menjalin hubungan selama lima tahun. Mereka memulai upaya memiliki anak sejak tiga tahun belakangan.

Berbagai cara yang dilalui Wiig akhirnya berujung pada keputusan menggunakan metode surogasi atau ibu pengganti untuk mengandung anaknya. Tak berselang lama setelah hadirnya sang buah hati, dunia diramaikan dengan kemunculan pandemi virus Covid-19.

Hal tersebut rupanya menjadi berkah bagi Wiig. Sebab, dirinya jadi bisa menikmati banyak waktu berkualitas dengan anak-anaknya di rumah.

4. Lucy Liu

4. Lucy Liu
huffingtonpost.co.uk

Pemain film Charlie Angels, Lucy Liu, cukup tertutup akan kehidupan pribadinya. Namun, pada bulan Agustus 2015 lalu, Liu secara mengejutkan membuat pengumuman terkait kehadiran anak pertamanya. Kabar ini dibagikan lewat akun Instagram pribadinya.

Tidak seperti artis-artis sebelumnya, Liu memutuskan untuk menjadi seorang Mama tunggal bagi putranya, Rockwell Lloyd. Liu membeberkan bahwa buah hatinya tersebut dikandung oleh ibu pengganti.

Meski hanya merawat sang putra seorang diri, namun Liu mengaku bahagia karena merasakan pengalaman menjadi orangtua. Ia menyatakan tidak lagi fokus kepada dirinya seorang, tetapi juga mulai terkesima melihat pertumbuhan anaknya dari waktu ke waktu.

5. Sarah Jessica Parker dan Matthew Broderick

5. Sarah Jessica Parker Matthew Broderick
vanityfair.com

Sarah Jessica Parker dan suaminya, Matthew Broderick, telah dikaruniai seorang putra yang diberi nama James Wilkie Broderick. Lalu di tahun 2019, keluarga kecil ini kedatangan anggota keluarga baru, yaitu anak kembar perempuan yang dilahirkan dari rahim ibu pengganti.

Kedua putrinya diberi nama Marion Loretta Elwell Broderick dan Tabisa Hodge Broderick. Berdasarkan pernyataan Sarah kepada Vogue, ia tidak menikmati proses kehamilan, maka dari itu memilih untuk menggunakan surrogate mother.

Editors' Picks

6. Gabrielle Union

6. Gabrielle Union
people.com

Sebelum kelahiran putrinya bernama Kaavia James Union Wade, Gabrielle Union pernah merasakan pengalaman pahit, yakni berulang kali keguguran. Ia mengaku tak tahu penyebab kegugurannya sampai akhirnya didiagnosis mengalami adenomiosis.

Adenomiosis adalah kondisi ketika lapisan permukaan rongga rahim tumbuh di dalam dinding otot rahim. Akibatnya, Gabrielle jadi kesulitan mengandung anak. Jalan panjang yang dilewatinya akhirnya berakhir pada keputusan menyewa ibu pengganti.

Beruntungnya, ia bertemu seorang ibu pengganti yang baik dan dirasa tepat untuk mengandung buah hatinya.

7. Nicole Kidman

7. Nicole Kidman
people.com

Saat membina rumah tangga dengan aktor Tom Cruise, Nicole Kidman mengadopsi dua orang anak bernama Connor dan Isabella. Usai bercerai, Nicole memilih untuk menikah lagi dengan penyanyi country, Keith Urban.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putri bernama Sunday Rose Kidman Urban pada tahun 2008. Berselang dua tahun tepatnya pada Desember 2010, Kidman memberi pengumuman mengejutkan tentang kelahiran anak keduanya, Faith Margaret Kidman Urban.

Rupanya kelahiran Faith berasal dari jasa ibu pengganti.

8. Jimmy Fallon dan Nancy Junenoven

8. Jimmy Fallon Nancy Junenoven
today.com

Pembawa acara Jimmy Fallon bersama istrinya, Nancy Junenoven, sudah menantikan kehadiran buah hati selama lima tahun. Jimmy Fallon bahkan menyebut penantiannya ini sebagai waktu yang sangat buruk.

Hingga akhirnya perjuangan pasangan ini untuk mempunyai anak berakhir pada keputusan menggunakan jasa ibu pengganti. Keduanya dikaruniai dua anak perempuan dari metode surogasi. Anak pertamanya, Winnie Rose Fallon, lahir pada tahun 2013.

Sedangkan anak keduanya, Francis Cole Fallon, lahir setahun kemudian. Jimmy Fallon sering membagikan cerita tentang kesulitan memiliki anak dan pengalamannya menjadi seorang Papa di The Tonight Show, acara yang telah dipandunya sejak tahun 2014.

9. Michael Jackson

9. Michael Jackson
hollywoodlife.com

Bintang dunia Michael Jackson juga menjadi salah satu artis Hollywood yang mempunyai anak lewat surrogate mother. Ia memutuskan untuk mempunyai anak ketiga melalui jasa ibu pengganti dan pendonoran sel telur.

Anak tersebut diberi nama Prince Michael Jackson II atau lebih dikenal dengan Blanket Jackson. Ia lahir pada tahun 2002 dan kini telah beranjak dewasa. Sang anak mengaku lebih suka dipanggil dengan nama Bigi.

10. Elizabeth Banks

10. Elizabeth Banks
nytimes.com

Pemain The Hunger Games, Elizabeth Banks, mengatakan bahwa dirinya selalu ingin menjadi seorang Mama kandung dari anak-anaknya. Tetapi sayangnya, melakukan hal tersebut cukup sulit bagi dirinya.

Beruntung, keinginannya pun terwujud karena kini ia telah dikaruniai dua anak laki-laki, Felix dan Magnus, yang lahir dari rahim ibu pengganti. Awalnya, Elizabeth enggan menyewa ibu pengganti. Namun pada akhirnya ia setuju dan memilih untuk memfokuskan diri membesarkan anak-anaknya ketimbang proses mengandung.

Aktris kelahiran 1974 itu mengaku bahwa pengalamannya ini membuatnya berterima kasih kepada orang-orang sekitarnya, terutama bagi mereka yang banyak membantu proses melahirkan.

11. Ellen Pompeo dan Chris Ivery

11. Ellen Pompeo Chris Ivery
stylecaster.com

Pemeran serial Grey’s Anatomy, Ellen Pompeo, dan suaminya telah dikaruniai tiga orang anak. Tiba-tiba secara mengejutkan, Ellen menyampaikan bahwa dirinya menggunakan jasa ibu pengganti untuk seluruh anak-anaknya.

Lebih lanjut, Ellen enggan mengungkapkan identitas ibu pengganti dari ketiga anaknya tersebut.

12. Amber Heard

12. Amber Heard
Instagram.com/amberheard

Mantan istri Johnny Depp, Amber Heard, baru saja mendapatkan keturunan pada 8 April 2021 lalu. Perempuan bernama asli Amber Laura Heard ini memakai prosedur surogasi untuk melahirkan bayinya yang diketahui berjenis kelamin perempuan.

Ia memutuskan memakai jasa ibu pengganti karena suatu alasan medis. Dokter mengatakan jika dirinya mengalami masalah kesuburan.

Itulah sederet bintang Hollywood yang dikaruniai anak lewat metode ibu pengganti. Perlu diketahui, tidak semua orang mampu menggunakan jasa ibu pengganti. Selain proses yang rumit dan panjang, harga yang dibutuhkan untuk melakukan praktik ini sangatlah mahal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk