Komunitas Anak Bunda Indonesia Jadi Wadah Diskusi Seputar Parenting

Tak hanya sebagai wadah berdiskusi, namun juga memberikan konten edukasi yang bermanfaat

4 Agustus 2021

Komunitas Anak Bunda Indonesia Jadi Wadah Diskusi Seputar Parenting
Freepik/cookie_studio

Semakin meningkatnya perkembangan internet dari masa ke masa, banyak sekali komunitas yang terbentuk dan tersebar di dunia maya. Mama pun bisa ikut bergabung ke dalam anggota komunitas tersebut untuk mendapatkan beragam manfaat positif. 

Mulai dari menambah relasi hingga mendapat pengalaman dan ilmu baru bisa Mama dapatkan secara cuma-cuma. Biasanya kebanyakan orang akan bergabung ke suatu komunitas sesuai dengan minat atau berdasarkan realita mereka.

Anak Bunda Indonesia merupakan salah satu komunitas parenting yang dikhususkan untuk para Mama di seluruh Indonesia. Komunitas ini kerap membagikan informasi seputar pengasuhan anak sekaligus menyediakan wadah curhat bagi Mama baru yang masih butuh banyak belajar dalam mengasuh anak mereka.

Untuk mengenal lebih jauh terkait Komunitas Anak Bunda Indonesia, yuk intip ulasan yang telah dirangkum oleh Popmama.com khusus untuk Mama

1. Chilyatun Nisa sosok yang membentuk Komunitas Anak Bunda Indonesia

1. Chilyatun Nisa sosok membentuk Komunitas Anak Bunda Indonesia
Freepik/drobotdean

Komunitas Anak Bunda Indonesia sampai sekarang masih dikelola langsung oleh founder dari komunitas itu sendiri, bernama Chilyatun Nisa.

Di tengah kesibukannya mengasuh anak dan mengajar, Chilyatun selalu menyempatkan diri untuk mengurus komunitas dengan ide-ide cemerlang yang dimilikinya.

Berkat informasi yang selalu dibagikannya, kini pengikut Komunitas Anak Bunda Indonesia di Instagram mencapai lebih dari 102 ribu orang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Editors' Picks

2. Komunitas Anak Bunda Indonesia hadir sebagai wadah berdiskusi seputar dunia parenting

2. Komunitas Anak Bunda Indonesia hadir sebagai wadah berdiskusi seputar dunia parenting
Freepik/tirachardz

Tergabung dalam sebuah komunitas yang diisi oleh orang-orang yang memiliki kesamaan dengan Mama pasti terasa sangat menyenangkan.

Mama tidak akan merasa sendiri mengurus anak-anak di rumah. Apalagi banyak orangtua baru di luar sana yang juga masih belajar dalam merawat dan mengurus anak mereka.

Selain itu, pengalaman yang didapatkan dari orang lain juga bisa menjadi bahan pembelajaran bagi Mama untuk mengurus si Kecil. Dari manfaat positif yang diberikan oleh komunitas, tanpa sadar akan membantu diri sendiri berkembang dari sebuah pengalaman dan pengetahuan baru yang didapatkan.

Dalam Komunitas Anak Bunda Indonesia, topik yang sering dibahas oleh para anggotanya pun bersifat fleksibel. Dengan begitu, bisa memberikan peluang bagi setiap anggota untuk berdiskusi tentang apa saja yang ingin diketahuinya terutama seputar ilmu parenting.

“Biasanya topik kami mengalir begitu saja. Hanya untuk saat ini masih vakum sementara karena kesibukan saya dan partner yang juga ada kesibukan lain,” jelas Chilyatun.

3. Platform Instagram digunakan untuk menyebarkan konten edukasi

3. Platform Instagram digunakan menyebarkan konten edukasi
Freepik/rawpixel.com

Di era sekarang, sosial media seperti Instagram digunakan sebagai tempat bersosialisasi dan bertukar informasi.

Seperti yang dilakukan oleh Chilyatun, ia menggunakan platform Instagram untuk melebarkan sayap Komunitas Anak Bunda Indonesia melalui unggahan konten-konten bermanfaat seputar parenting.

“Sesuai dengan nama akunnya @anakbundaindonesia, saya ingin berbagi informasi seputar anak dan bunda, mulai dari isu yang sering dihadapi oleh kebanyakan bunda di Indonesia dan juga segala informasi tentang pengasuhan anak,” jelas Chilyatun.

4. Komunitas Anak Bunda Indonesia saling mendukung untuk berwirausaha

4. Komunitas Anak Bunda Indonesia saling mendukung berwirausaha
Freepik/tirachardz

Hal yang membedakan Komunitas Anak Bunda Indonesia dengan komunitas parenting lainnya, komunitas ini setiap minggunya selalu mengunggah konten berjudul ‘Lapak Jumat Berkah’ di Instagram.

Ini memberikan peluang bagi Mama di seluruh Indonesia yang memiliki usaha untuk mempromosikan jualannya lewat konten ‘Lapak Jumat Berkah’.

“Tujuan dari konten ini adalah untuk mendukung usaha ibu dan siapapun yang sedang memiliki usaha,” kata Chilyatun.

5. Selama pandemi Covid-19, semua kegiatan yang dilakukan anggota komunitas bersifat daring

5. Selama pandemi Covid-19, semua kegiatan dilakukan anggota komunitas bersifat daring
Freepik/pch.vector

Tersedianya fasilitas teknologi informasi yang memadai, membuat setiap orang tidak perlu bersusah payah melakukan pertemuan tatap muka untuk menjalankan kegiatan komunitas mereka. Semuanya bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan).

“Tidak banyak kegiatan yang dilakukan selama pandemi. Karena semua masih sebatas online, jadi saling mengingatkan dan mendukung satu sama lain. Seperti bersapa dan bertukar informasi satu sama lain.” ujar Chilyatun.

Jika Mama berminat untuk menjadi bagian dari Komunitas Anak Bunda Indonesia, baik sebagai admin maupun anggota dapat langsung mengujungi komunitas ini di Instagram @anakbundaindonesia. Setelah itu bisa langsung klik link yang ada di dalam profile mereka.

Jadi tunggu apa lagi, Ma? Yuk, dapatkan pengalaman berharga dan ilmu baru setelah bergabung dengan Komunitas Anak Bunda Indonesia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.