15 Pasangan Artis yang Mengusung Pernikahan Adat Minang

Suntiang Gadang yang menghiasi kepala membuat penampilan pengantin perempuan kian memukau

28 Oktober 2021

15 Pasangan Artis Mengusung Pernikahan Adat Minang
Instagram.com/septriasaacha/ayah_kejora

Pernikahan menjadi salah satu momen sakral yang diharapkan dapat berlangsung sekali dalam seumur hidup. Dikarenakan bersifat spesial, segala persiapan harus dilakukan secara matang agar acara dapat berjalan lancar dan berkesan bagi pasangan.

Salah satu hal penting dalam persiapan pernikahan ialah menentukan konsep atau tema. Ada yang memilih untuk melangsungkan dengan konsep modern, namun ada juga yang memilih tema dengan adat lokal Indonesia.

Sederet artis tanah air ini memiliki darah Minangkabau, Sumatera Barat, sehingga tak heran bila mereka menggunakan tema adat Minang di hari pernikahannya tersebut.

Kira-kira siapa saja ya, Ma? Berikut Popmama.com telah merangkum 15 pasangan artis yang mengusung pernikahan adat Minang.  

1. Ferry Ardiansyah dan Tasya Nur Medina

1. Ferry Ardiansyah Tasya Nur Medina
Dok. Istimewa

Ferry Ardiansyah dan Tasya Nur Media resmi menikah pada 11 April 2010. Di hari bahagianya tersebut, pasangan ini menggunakan busana pernikahan adat Minang perpaduan dua warna silver dan putih.

Tasya tampak memesona dengan suntiang gadang di kepala berwarna silver. Rangkaian bunga melati yang menghiasi leher mereka seolah mempermanis penampilan keduanya.

2. Ben Kasyafani dan Nesya Nabila

2. Ben Kasyafani Nesya Nabila
Instagram.com/nesyanabila

Pasca bercerai dengan Marshanda, Ben Kasyafani memilih untuk kembali membuka hati. Ia menikahi seorang perempuan bernama Nesya Nabila pada tahun 2016.

Dalam acara resepsi yang dilangsungkannya, pasangan ini kompak mengenakan busana khas adat Minang berwarna pink soft. Suntiang gadang di kepala Nesya melengkapi tampilannya yang menawan.

3. Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah

3. Atta Halilintar Aurel Hermansyah
Instagram.com/aurelie.hermansyah

YouTuber Atta Halilintar resmi menikah dengan Aurel Hermansyah pada 3 April 2021 lalu. pasangan ini melangsungkan pernikahan mewah dengan menggunakan adat Minang. Mereka pun kompak mengangkat tema berwarna merah maroon dalam busana pengantin khas Minang yang dikenakan.

Suntiang yang dikenakan Aurel sebagai hiasan kepala semakin membuat penampilan putri dari Anang Hermansyah ini tampak memesona. Tema adat ini dipilih karena Atta merupakan keturunan Payakumpuh, Sumatera Barat.

Maka tak heran bila serangkaian acara pernikahan keduanya menggunakan adat Minang.

4. Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran

4. Laudya Cynthia Bella Engku Emran
Instagram.com/laudyacynthiabella

Saat pernikahannya dengan Engku Emran, Laudya Cynthia Bella memilih ungu dan emas sebagai dominasi warna pada busana pengantin khas Minang yang dikenakannya. Keduanya menggelar pernikahan pada September 2017.

Aksesori Tikuluak Talakuang berwarna krem dengan bordir keemasan menambah kesan elegan pada penampilan Laudya Cynthia Bella. Adat ini dipilih lantaran perempuan yang memiliki julukan LCB ini memiliki keturunan Minangkabau.

Sayangnya, pernikahan pasangan ini harus kandas di tengah jalan. Di pertengahan tahun 2020, Bella mengaku sudah berpisah dengan Engku Emran secara baik-baik. 

5. Haykal Kamil dan Tantri Namirah

5. Haykal Kamil Tantri Namirah
bridestory.com

Pada 25 Maret 2017 lalu, Haykal Kamil resmi menikah dengan Tantri Namirah. Memadukan adat Jawa dan Minang, Tantri tampil dalam balutan kebaya berwarna pink seraya membawa buket bunga.  

Suntiang keemasan yang menjadi aksesori di kepalanya seakan menonjolkan nuansa Minang dalam momen pernikahannya tersebut.

6. Temmy Rahadi dan Ira Wahyuni

6. Temmy Rahadi Ira Wahyuni
Instagram.com/polar_photograph

Presenter sekaligus pemain sinetron, Temmy Rahadi juga menjadi salah satu deretan artis yang menggunakan adat Minang di hari pernikahannya. Ia melangsungkan pernikahan dengan Ira Wahyuni pada Mei 2015 lalu.

Saat resepsi digelar, keduanya tampil kompak mengenakan busana pengantin berwarna keemasan. Aksesori yang keduanya kenakan di kepala seolah memperkental adat Minang dalam penikahan mereka.

Editors' Picks

7. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

7. Acha Septriasa Vicky Kharisma
Instagram.com/septriasaacha

Siapa sih yang tidak kenal dengan Acha Septriasa?

Menelisik kembali perjalanan pernikahannya, Acha resmi melangsungkan pernikahan dengan Vicky Kharisma pada 11 Desember 2016.

Baik Acha maupun Vicky rupanya sama-sama memiliki darah keturunan Sumatera Barat, maka tak heran bila acara resepsi keduanya digelar menggunakan adat Minang. Sementara itu, saat akad nikah menggunakan busana adat Jawa.

8. Fedi Nuril dan Vanny Widyasasti

8. Fedi Nuril Vanny Widyasasti
Instagram.com/calystavannyws

Berawal mengenal dari proses ta’aruf, hubungan Fedi Nuril dengan Vanny Widyasasti pun berlanjut ke jenjang yang lebih serius. Pemain film Ayat-Ayat Cinta ini resmi menikah dengan gelaran resepsi mengusung adat Minang.

Warna biru tua menjadi warna dasar busana pernikahan mereka. Suntiangdan berbagai aksesori khas pernikahan adat Minang tampak menonjol di hari bahagia pasangan ini.

9. Oki Setiana Dewi dan Ory Vitrio

9. Oki Setiana Dewi Ory Vitrio
kotaksurat.co

Saat pernikahannya dengan Ory Vitrio, kakak dari Ria Ricis ini memilih tampil tanpa suntiang. Ia mengenakan busana pengantin khas Minang dengan sentuhan modern.

Bak seorang putri kerajaan, Oki tampak memesona dalam balutan gaun merah yang didekorasi dengan bordiran emas. Sementara itu, Ory Vitrio di sebelahnya terlihat gagah menggunakan busana keemasan yang memiliki nuansa merah di beberapa bagian.

10. Ammar Zoni dan Irish Bella

10. Ammar Zoni Irish Bella
Instagram.com/ammarzoni

Ammar Zoni resmi menikah dengan Irish Bella pada 28 April 2019 di PineHill Cibodas, Jawa Barat. Pasangan yang bermain dalam sinetron Cinta Suci ini melangsungkan prosesi akad nikah dengan menggunakan adat Minang.

Adat ini dipilih lantaran Ammar memiliki keturunan Minangkabau. Tak hanya untuk prosesi akad pernikahan semata, tema adat Minang juga digunakan keduanya saat melakukan pemotretan pre-wedding.

11. Mario Irwinsyah dan Ratu Dewi Anandita

11. Mario Irwinsyah Ratu Dewi Anandita
thebridedept.com

Aktor sekaligus pembawa acara Mario Irwinsyah resmi menikah dengan Ratu Dewi Anandita pada 11 Oktober 2015. Lelaki kelahiran 1982 itu memiliki darah keturunan Minangkabau, maka tak heran bila hari spesial pernikahannya mengusung konsep adat Minang.

Perpaduan warna merah dan emas dalam busana pernikahan yang dikenakan pasangan ini terlihat menawan dan memukau. Tampilannya yang unik dan elegan berhasil membuat Mario dan Dita tampak seperti pasangan kerajaan.

12. Chikita Meidy dan Indra Adhitya

12. Chikita Meidy Indra Adhitya
Instagram.com/chikitameidy

Masih ingat dengan mantan penyanyi cilik Chikita Meidy? Pelantun lagu anak-anak Tek Kotek Kotek itu resmi menjadi istri dari Indra Adhitya pada 8 Juli 2018 silam.

Dalam gelaran acara yang berlangsung di salah satu hotel mewah di Jakarta, keduanya mengusung konsep pernikahan dengan adat Minang.

Pasangan ini sama-sama memiliki darah Minangkabau. Baik Chikita maupun Indra tampak begitu memukau dalam balutan busana adat Koto Gadangberwarna biru tua.

13. Tika Bravani dan Dimas Aditya

13. Tika Bravani Dimas Aditya
Instagram.com/akhmadbdg

Pasangan artis selanjutnya yang pernah menggunakan adat Minang dalam pernikahan mereka ialah Tika Bravani dan Dimas Aditya.

Berawal dari cinta lokasi saat bermain dalam sitkom berjudul Saya Terima Nikahnya, akhirnya Dimas memantapkan diri untuk membawa hubungannya dengan Tika ke jenjang pernikahan pada 7 Agustus 2016.

Selain dekorasi di lokasi pernikahan yang kental akan sentuhan adat Minang, Dimas dan Tika juga mengenakan busana Koto Gadang layaknya pasangan pengantin Minang pada umumnya.

14. Nikita Willy dan Indra Priawan

14. Nikita Willy Indra Priawan
Instagram.com/nikitawillyofficial94

Artis Nikita Willy akhirnya melabuhkan hatinya pada sosok lelaki bernama Indra Priawan. Pasangan ini resmi menjadi pasangan suami-istri pada 16 Oktober 2020.

Dikarenakan menikah di kondisi pandemi Covid-19, mereka tampak tidak mengundang banyak orang demi menghindari kerumunan.

Meski begitu, acara tetap berlangsung meriah dan mewah. Nikita memilih warna merah dan emas dalam balutan busana pengantin khas Minang yang dikenakannya.

15. Rizky Billar dan Lesti Kejora

15. Rizky Billar Lesti Kejora
Instagram.com/ayah_kejora

Rizky Billar dan Lesti Kejora juga pernah menggunakan konsep bernuansa Minang dalam prosesi pernikahan mereka.

Penuh dengan unsur tradisional, adat Minang digunakan dalam acara hajatan Manjalang ka Rumah Mintuo. Ini menjadi momen pesta pernikahan sekaligus pesta budaya. Di hajatan tersebut, Billar mendapat gelar Panduko Rajo.

Itulah sederet pasangan artis tanah air yang pernah menggunakan adat Minang dalam pernikahan mereka. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi tersendiri ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.