10 Rekomendasi Film tentang Kekerasan Seksual, Ada Penyalin Cahaya

Beberapa di antaranya ada yang diangkat berdasarkan kisah nyata

12 Januari 2022

10 Rekomendasi Film tentang Kekerasan Seksual, Ada Penyalin Cahaya
imdb.com

Kasus kekerasan seksual sedang marak terjadi di Indonesia. Tidak hanya menimpa orang dewasa saja, tetapi banyak pula anak-anak yang menjadi korban dari perilaku bejat tersebut. Korbannya tidak mengenal jenis kelamin, bahkan ada juga yang dari kaum laki-laki meski tidak sebanyak korban perempuan.

Sejumlah film tentang kekerasan seksual di bawah ini bisa dijadikan bahan edukasi kepada semua kalangan. Dikemas dengan sangat baik, sehingga penonton bisa memahami jika kekerasan seksual dapat mengancam siapa saja.

Berikut Popmama.com rangkum 10 rekomendasi film tentang kekerasan seksual yang bisa jadi pilihan untuk ditonton.

1. Precious (2009)

1. Precious (2009)
imdb.com

Diangkat dari novel berjudul Push, film Precious bercerita tentang kisah pilu seorang remaja bernama Claireece atau kerap disapa Precious. Ia merupakan perempuan berkulit hitam bertubuh gemuk yang kerap dipandang sebelah mata.

Meski tidak memiliki teman, Precious mempunyai karakter kuat dan tegar. Dirinya sering dianiaya secara fisik oleh Mamanya, serta diperkosa oleh papa kandungnya sendiri sampai hamil dua kali.

2. Trust (2010)

2. Trust (2010)
imdb.com

Hati-hati berkenalan dengan orang-orang di Internet, film Trust menjadi bukti nyata bahwa internet bukan lah tempat yang aman. Trust bercerita tentang seorang anak perempuan berusia 14 tahun bernama Annie, yang diberikan laptop oleh orangtuanya.

Ia berkenalan dengan seorang laki-laki lewat internet dan tanpa ragu setuju untuk menemuinya. Tapi ternyata, laki-laki tersebut merupakan orang dewasa yang menyamar menjadi remaja dan berakhir memperkosa Annie.

3. Hope (2013)

3. Hope (2013)
imdb.com

Selanjutnya ada film asal Korea Selatan berjudul Hope mengisahkan seorang anak perempuan berusia 8 tahun bernama So Won menjadi korban kekerasan seksual dan mengalami trauma berat.

Kejadian bermula saat So Won hendak pergi ke sekolah, ia diperkosa secara sadis oleh seorang laki-laki di sebuah toilet umum. Tak hanya mengalami luka kritis, hal itu juga menyebabkan sang anak mengalami PTSD dan takut bertemu laki-laki dewasa termasuk papa kandungnya sendiri.

4. Spotlight (2015)

4. Spotlight (2015)
imdb.com

Spotlight merupakan film drama kriminal yang diangkat dari kisah nyata tentang kasus pelecehan seksual anak oleh beberapa pastur Gereja Katolik Roma di Boston, Amerika Serikat. Dalam film, kasus ini diselidiki oleh tim dari media The Boston Globe bernama Spotlight.

Tidak mudah bagi mereka untuk mengupas tuntas kasus yang sempat terabaikan itu. Mirisnya dari banyaknya wawancara yang telah dilakukan, terdapat beberapa korban sampai melakukan bunuh diri karena dampak psikis yang diterima.

Editors' Picks

5. Room (2015)

5. Room (2015)
imdb.com

Film Room yang dibintangi oleh Brie Larson tayang pada tahun 2015 silam. Bercerita tentang Joy yang menjadi korban pemerkosaan dan disekap selama bertahun-tahun dalam ruangan tanpa jendela.

Joy bahkan diperkosa hingga hamil. Ia melahirkan seorang anak laki-laki bernama Jack. Keduanya pun berusaha keluar dari ruangan tersebut.

6. The Hunting Ground (2015)

6. The Hunting Ground (2015)
imdb.com

Film dokumenter ini berfokus pada cerita dua mahasiswa perempuan yang mengalami pelecehan seksual di kampus.

Namun mirisnya, pihak universitas banyak yang bungkam dan tidak menanggapi lebih lanjut laporan mereka. Dua mahasiswa tersebut akhirnya bergerak memperjuangkan keadilan bersama korban lainnya.

7. Audrie & Daisy (2016)

7. Audrie & Daisy (2016)
imdb.com

Film Netflix pada tahun 2016 ini mengisahkan tentang perjuangan dua orang siswi SMA bernama Audrie dan Daisy yang berbuntut panjang.

Keduanya menjadi korban pelecehan seksual. Kesabaran mereka semakin diuji karena juga menjadi korban cyber bullying akibat foto yang tersebar di media sosial.

8. Three Billboards Outside Ebbing Missouri (2017)

8. Three Billboards Outside Ebbing Missouri (2017)
imdb.com

Rilis di tahun 2017, Three Billboards Outside Ebbing Missouri menceritakan kisah pilu seorang mama tunggal bernama Mildred. Ia memiliki seorang putri bernama Angela yang menjadi korban pemerkosaan sekaligus pembunuhan.

Mildred telah melaporkan kasus itu kepada polisi, namun tidak ada perkembangan dari pihak kepolisian mengenai kasus yang menimpa anaknya. Akhirnya ia pun memilih berjuang mencari tersangka pemerkosa Angela.

9. Bombshell (2019)

9. Bombshell (2019)
imdb.com

Kekerasan seksual juga kerap terjadi di kehidupan pekerja kantoran. Hal tersebut digambarkan dalam film Bombshell. Film hasil karya sutradara Joy Roach ini diangkat dari kisah nyata skandal pelecehan yang dilakukan oleh pimpinan Fox News Channel.

Dalam kisahnya, CEO Roger Ailers telah melakukan kekerasan seksual pada karyawan perempuannya sejak tahun 1960. Lebih dari 20 perempuan mengalami kekerasan seksual oleh Roger, baik secara visik maupun verbal.

10. Penyalin Cahaya (2021)

10. Penyalin Cahaya (2021)
imdb.com

Film bergenre drama misteri ini dibintangi oleh Shenina Chinamon, Chicco Kurniawan, Lutesha, dan masih banyak lagi. Penyalin Cahaya bercerita tentang kisah Sur yang diduga telah mencemarkan nama baik fakultas usai swafotonya dalam keadaan mabuk beredar.

Namun Sur tidak mengingat kejadian tersebut di pesta kemenangan teater kampusnya. Peristiwa yang menimpanya itu membuat Sur harus kehilangan beasiswanya. Untuk mengungkapkan misteri apa yang terjadi pada dirinya di malam pesta, Sur meminta bantuan Amin, teman masa kecilnya yang bekerja sebagai tukang foto kopi di kampusnya.

Itulah beberapa rekomendasi film yang mengangkat kisah tentang kekerasan seksual. Semoga dengan adanya film-film di atas bisa menjadi pembelajaran tersendiri dan membuat masyarakat lebih peduli terhadap kasus kekerasan seksual ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.