Bacaan Doa Terbebas Hutang Sesuai Ajaran Islam

Jika kamu sedang dirundung masalah karena huta, bacalah doa ini

22 Mei 2019

Bacaan Doa Terbebas Hutang Sesuai Ajaran Islam
Freepik/Jcomp

Utang-piutang merupakan salah satu muamalah yang diperbolehkan dalam ajaran islam. Dengan berutang dan memberi utang ini masuk dalam perbuatan saling tolong menolong sesama muslim. Namun yang berutang pun harus menunjukkan itikad baik untuk mengembalikan uang yang dipinjamnya.

Ini secara tak langsung menjalin silaturahim antara yang berutang dan yang memberi utang. Namun jika sudah terlilit utang, mungkin kamu perlu berusaha lebih keras dan mengamalkan doa terbebas dari hutang.

Ketahui beberapa doa terbebas dari hutang yang bisa kamu pelajari.

Beberapa orang ada yang merasa suka berutang, namun mereka akan merasa sangat bingung bahkan tersiksa ketika mengingat utangnya.

Apalagi jika utang tersebut dibarengi dengan riba atau bunga, tentu dalam islam tidak diperbolehkan. Sebab salah satu ekonomi islam yakni mengembangkan syariat ekonomi yang menghindari riba di dalam proses utang-piutang tersebut.

Menyadari betapa beratnya risiko memiliki utang, maka ia harus dibayar dan dilunasi. Agar utang bisa cepat lunas, maka kita harus berusaha dan membaca doa terbebas hutang kepada Allah SWT agar segera bisa melunasi utang tersebut.

Berikut ini Popmama.com sebutkan doa yang diajarkan Rasulullah SAW yang fadhilah-nya memudahkan kita untuk melunasi utang dan terbebas dari utang.

1. Doa terbebas rasa malas untuk bayar hutang

1. Doa terbebas rasa malas bayar hutang
Pinterest.com/aboutislam

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a’udzubika minal hammi wal-hazani, wa a’udzubika minal ‘ajzi wal-kasali, wa a’udzubika minal jubni wal-bukhli, wa a’udzubika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaali”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, dari lemah kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia.”

Di dalam doa ini mengandung maksud supaya kita hanya berlindung kepada Allah dan menghilangkan rasa malas untuk membayar utang.

Editors' Picks

2. Doa agar bisa melunasi hutang

2. Doa agar bisa melunasi hutang
Freepik/jcomp

الله ربي لا اشرك به شئا

Alloohu Robbii. Laa usyriku bihii syai-aa.

Amalkan bacaan ini tiap-tiap sujud akhir. Baca doa ini sebanyak 40 sampai 100 kali.

Dari dua kalimat pada doa tersebut, ada penjelasan di setiap katanya.

“Allahu Robbii…”

Allah adalah Tuhan kita semua, yang akan membantu melunasi utang dengan memberi rizki buat kita. Allah itu pembebas segala kesulitan dan Allah akan mempermudah jalan-jalan yang sulit buat kita. Segala hal yang kita butuhkan supaya utang kita lunas hanya dari Allah saja semata.

“Laa usyriku bihii syai-aa”

Maksudnya adalah komitmen dan statement, tidak perlu yang lain. Jangan pilih jalan yang salah agar hutang segera lunas.

Itulah beberapa doa terbebas dari hutang yang bisa kamu amalkan di setiap kesempatan. Asalkan ada usaha dan doa, semua pasti bisa teratasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

3. Doa agar pekerjaan lancar dan bebas dari hutang

3. Doa agar pekerjaan lancar bebas dari hutang
Freepik

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Doa ini bisa dibaca bagi kamu yang sedang menjalankan pekerjaan. Doa dipanjatkan dengan tujuan agar pekerjaan berjalan dengan lancar dan bebas dari hutang.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!