Etiket Menolak Bersalaman saat Lebaran untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Mungkin ini bisa membantu Mama ketika bertemu keluarga atau kerabat saat lebaran nanti

21 Mei 2020

Etiket Menolak Bersalaman saat Lebaran Cegah Penyebaran Covid-19
stepfeed.com

Tradisi bermaaf-maafan sambil bersalaman dengan keluarga, kerabat, teman, maupun tetangga pada saat lebaran sudah seperti kewajiban setiap tahunnya.

Sayangnya, kini kita harus menghindari dulu tradisi tersebut. Tidak dosa pula saling memaafkan meski tanpa bersalaman karena yang penting niat kita. Hal ini, demi mencegah penyebaran Covid-19 melalui sentuhan tangan ketika bersalaman.

Apabila keluarga atau orang lain ada yang mengajak bersalaman, sebaiknya Mama tolak secara halus tapi tegas supaya mereka mengerti dan tidak tersinggung.

Jika bingung, Popmama.com akan menunjukkan etiket menolak bersalaman saat lebaran untuk cegah penyebaran Covid-19 menurut ahli sebagai berikut.

Editors' Picks

1. Katakan dengan jujur dan menunjukkan ketulusan lewat bahasa tubuh

1. Katakan jujur menunjukkan ketulusan lewat bahasa tubuh
ghanaianmuslim.wordpress.com

Menurut ahli etiket, Elaine Swann, salah satu etiket menolak bersalaman adalah mengatakan alasannya dengan jujur diikuti ketulusan lewat bahasa tubuh, seperti anggukan sambil tersenyum.

Contohnya, katakan bahwa Mama saat ini sedang tidak berjabat tangan untuk saling menjaga dan segera ucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum (yang artinya semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Myka Meier, pendiri Beaumont Etiquette yang berbasis di NYC dan penulis dari Modern Etiquette Made Easy, tidak menyarankan untuk memakai kalimat seperti ini, “Saya tidak ingin menyebarkan kuman,” atau “Saya sedang mencegah terkena virus”.

Kalimat tersebut hanya menyiratkan bahwa kita atau orang lain seolah membawa penyakit. Bukan saling memaafkan nantinya, tapi malah jadi saling menggerutu di hati.

2. Menggenggam kedua tangan di belakang tubuh sambil menganggukkan kepala

2. Menggenggam kedua tangan belakang tubuh sambil menganggukkan kepala
psychmechanics.com

Myka Meier memberikan contoh gestur untuk menolak bersalaman yang sesuai etiket, yaitu dengan menggenggam kedua tangan di belakang tubuh.

Berikan anggukan kepala sambil tersenyum untuk menghormati orang yang mengajak kita bersalaman.

Menggenggam tangan di belakang juga mengantisipasi uluran atau sentuhan tangan yang tidak diinginkan.

3. Melipat kedua telapak tangan di dada dengan tubuh sedikit condong ke depan

3. Melipat kedua telapak tangan dada tubuh sedikit condong ke depan
Freepik/pch.vector

Etiket menolak bersalaman lainnya menurut Myka Meier adalah dengan melipat kedua telapak tangan di dada dengan tubuh sedikit condong ke depan. Mungkin lebih baik dilakukan sebelum orang lain sempat mengulurkan tangan. Untuk menjaga perasaannya.

Berikan sapaan ramah lalu ucapkan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.

Demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama sekaligus untuk mencegah penyebaran Covid-19, sebaiknya Mama dan keluarga hindari bersalaman dengan orang lain saat lebaran.

Untuk mengikuti gestur menolak bersalaman yang lebih jelas, cek instagram @mykameier berikut ini.

Nah itulah etiket menolak bersalaman yang bisa kita lakukan. Demi menjaga diri, nggak ada salahnya melakukan hal ini ya Ma. Selama, caranya sopan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.