Lakukan Ini untuk Melepaskan Gigitan Bayi ketika Menyusu

Tips aman melepaskan gigitan bayi pada puting ketika menyusu

13 Januari 2021

Lakukan Ini Melepaskan Gigitan Bayi ketika Menyusu
Pexels/Wendy Wei

Salah satu mimpi terburuk para Mama baru adalah ketika Si Kecil menggigit puting saat sedang menyusu dan tidak mau melepaskan gigitannya. Meski terlihat sederhana, melepaskan gigitan bayi dengan sembarangan menarik puting justru berisiko melukai puting lebih parah lagi.

Tentu, Mama pasti tidak mau terjadi insiden luka berdarah hingga risiko infeksi, bukan? Tenang Ma, berikut Popmama.com berikan tips melepaskan gigitan bayi saat menyusu

1. Lepaskan isapannya dengan jari

1. Lepaskan isapan jari
Freepik

Letakkan jari kelingking Mama di antara gigi atau gusi bayi dan payudara secara horizontal, kemudian putar jari untuk melepaskan isapan bayi pada payudara. Ketika merasa ada yang mengganjal, bayi akan melepaskan isapannya.

Pastikan kebersihan jari mama sebelum dan sesudah melakukan cara ini ya, Ma.

Editors' Picks

2. Tarik dagu bayi

2. Tarik dagu bayi
Freepik

Cara lain yang dapat Mama coba adalah dengan menggunakan jari jempol mama. Letakkan jari jempol di dagu bayi dan perlahan tekan ke bawah. Pada saat dagu ditarik, mulut bayi akan terbuka dan Mama bisa menarik puting segera.

3. Mengelitiki telapak kaki

3. Mengelitiki telapak kaki
Freepik/Fabrikasimf

Salah satu cara yang dapat Mama lakukan untuk melepaskan gigitan bayi pada puting adalah dengan mengelitiki telapak kakinya beberapa detik. Efek geli akan membuatnya terkejut dan reflek melepaskan gigitannya pada puting payudara mama.

Namun tidak disarankan untuk melakukan metode ini ketika bayi mengantuk, karena rentan akan membuatnya kesal dan rewel.

4. Dekap bayi lebih dekat

4. Dekap bayi lebih dekat
Freepik

Meski terdengar cukup berlawanan secara logika, namun cara ini juga ampuh dilakukan.

Mama hanya perlu mendekap kepala bayi agar menjadi lebih rapat dengan payudara sebentar. Ia akan sedikit sulit bernapas dari hidung, sehingga reflek untuk membuka mulutnya sendiri agar dapat bernapas. Saat itulah Mama dapat menarik puting menjauhi mulut bayi.

5. Cubit hidung bayi

5. Cubit hidung bayi
Pixabay/seeseehundhund

Metode lain yang memiliki cara kerja serupa dengan metode sebelumnya adalah dengan mencubit pelan hidung bayi hingga tertutup lubang hidungya. Lagi-lagi, ketika bayi merasa sulit bernapas seperti biasa melalui hidung, ia akan dengan otomatis membuka mulutnya untuk bernapas.

Lima cara melepaskan gigitan bayi saat menyusui tersebut dapat Mama lakukan untuk menyelamatkan puting payudara mama. Pastikan tangan dan jari mama senantiasa bersih sebelum dan sesudah sesi menyusui, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.