Lindungi Puting, Ini 5 Tips Menyusui dengan Menggunakan Nipple Shield

Tips ini bisa melancarkan proses menyusui

29 April 2021

Lindungi Puting, Ini 5 Tips Menyusui Menggunakan Nipple Shield
Blibli.com

Mama memiliki kondisi puting yang datar atau kurang menonjol? Jangan khawatir, Mama tetap bisa menyusui dengan aman dan nyaman menggunakan teknologi pelindung puting, nipple shield.

Berbahan silikon yang aman bagi kulit dan nyaman untuk diisap bayi, nipple shield berfungsi sebagai alat perantara untuk menyalurkan ASI dari payudara ke mulut bayi tanpa kontak langsung.

Agar menyusui lebih praktis namun tetap nyaman, berikut Popmama.com bagikan tips menyusui menggunakan nipple shield. Yuk simak informasinya!

1. Perhatikan kondisi sebelum penggunaan

1. Perhatikan kondisi sebelum penggunaan
Freepik/Zilvergolf

Pastikan ASI sudah keluar dan mengalir dengan lancar terlebih dahulu. Hindari menggunakan nipple shield dalam keadaan puting susu terluka atau membengkak ya, Ma. Kondisi ini hanya akan menyakitkan bagi Mama atau menyulitkan bayi untuk megisap.

Editors' Picks

2. Sesuaikan ukuran

2. Sesuaikan ukuran
Tokopedia.com

Terlepas dari ukuran asli puting payudara mama, selalu gunakan ukuran nipple shield yang lebih besar untuk memastikan ASI tersalurkan dengan lebih efektif.   

3. Mulai dengan perlahan

3. Mulai perlahan
Freepik

Ketika tetesan ASI mulai keluar, balurkan sedikit pada bagian nipple shield yang menonjol lalu sentuhkan pada bibir bayi terlebih dahulu. Tunggu sampai mulut bayi membuka lebar baru tempelkan nipple shield secara utuh ke dalam mulut bayi untuk proses pengisapan efektif.

Jika proses ini tidak dilakukan dengan benar, Mama akan menyadari pasokan ASI yang keluar berangsur berkurang karena bayi tidak mengisap dengan benar.

4. Tunggu lebih lama untuk menyelesaikan sesi menyusui

4. Tunggu lebih lama menyelesaikan sesi menyusui
Freepik/skawee

Ketika menggunakan nipple shield, dibutuhkan waktu lebih lama agar ASI dapat mengalir dari payudara sehingga proses menyusui pun akan memakan waktu lebih lama.

Untuk memastikan ASI sudah keluar maksimal, perah payudara selama beberapa menit setelah menyusui. Apabila masih keluar ASI dalam jumlah cukup banyak namun bayi sudah kenyang, Mama bisa menyimpan ASI untuk digunakan di sesi menyusui selanjutnya.

5. Sterilisasi

5. Sterilisasi
Tokopedia.com

Nipple shield sangat mudah untuk dibersihkan. Setelah digunakan, cuci dengan air dingin, lalu rendam sebentar dalam air panas yang sudah dicampur sabun. Setelah itu bilas dengan air hangat yang mengalir.

Terakhir, keringkan dan letakkan di tempat yang bersih dan tertutup.

Itulah beberapa tips menyusui dengan menggunakan nipple shield. Sangat direkomendasikan bagi Mama untuk menimbang berat badan bayi setiap minggu selama pemakaian nipple shield untuk memastikan bayi tetap mendapat asupan ASI yang cukup untuk pertumbuhannya. Apabila Mama mengalami kesulitan dalam proses penggunaan hingga mencukupi kebutuhan gizi bayi, silakan konsultasi dengan dokter kepercayaan mama. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.