Jangan Katakan Kalimat Ini Soal C-Section

Persalinan C-section juga merupakan sebuah perjuangan besar pastinya

21 Januari 2018

Jangan Katakan Kalimat Ini Soal C-Section
huffpost.com

"Perempuan kalau belum melahirkan secara normal, berarti belum sempurna". Mama, stop katakan kalimat demikian. Memutuskan persalinan melalui C-section bukan hal yang mudah lho. Mama yang melahirkan melalui C-section bukan berarti tidak merasakan sakit layaknya persalinan normal. Justru, pergulatan batin sebelum melahirkan sudah menjadi beban bagi mereka.

Ada banyak kasus persalinan di mana Mama ingin melakukan metode melahirkan normal spontan tapi sayangnya bayi di dalam kandungan tidak menunjukkan tanda-tanda untuk proses persalinan normal. Padahal waktu sudah lewat dari due date. Berikut ini ada beberapa kalimat yang perlu dihindari karena mereka tak ingin mendengarnya.

1. "Supaya vagina tetap ok ya?"

1. "Supaya vagina tetap ok ya"
www.yourdailyideas.com

Mama, mememilih metode melahirkan bukan soal bagaimana tubuh mama nantinya. Tapi semua karena ingin yang terbaik untuk calon bayi. Kalau mama mau vagina tetap oke setelah persalinan, kuncinya rutin olahraga dan senam kegel. Dijamin, “performa diranjang” buat papa mabuk kepayang.

2. "Masa sih nggak bisa normal"

2. "Masa sih nggak bisa normal"
www.motherandbaby.co.uk

Usaha melahirkan secara normal, tentunya sudah dilakukan mama. Biasanya, sejumlah cara sudah dilakukan sampai beberapa tahap, seperti induksi atau vakum. Namun sejumlah mama justru khawatir dengan metode vakum, sehingga mereka rela melakukan C-section.

Editors' Picks

3. "Sekarang, kamu nggak akan bisa melahirkan normal"

3. "Sekarang, kamu nggak akan bisa melahirkan normal"
motherandbaby.blob.core.windows.net
mama sedih

Mama, memang ada aturan bagi mereka yang melakukan C-section untuk hamil dan melahirkan lagi. Tapi tidak berarti mama yang telah melakukan C-section tidak bisa bisa melahirkan secara normal. Setelah melahirkan melalui operasi caesar, Mama bisa merencanakan kehamilan lagi yaitu minimal setelah 2 tahun. Untuk bisa melahirkan secara normal, Mama juga harus jaga kesehatan dan pantau terus perkembangan janin.

4. "Pasti karena nggak mau merasakan sakit"

4. "Pasti karena nggak mau merasakan sakit"
unsplash.com

Persalinan normal atau operasi caesar, tetap mengalami rasa sakit juga kok. Hanya waktunya saja yang berbeda. Dalam persalinan normal, mama akan merasakan sakit saat proses persalinan. Bagi mama yang melakukan C-section, mereka akan merasakan sakitnya pasca persalinan.

Luka jahitan yang cukup lama kering dan pulih, menjadi babak baru untuk mama untuk merasakan sakit setelah persalinan. Bukan seminggu atau sebulan, bagi sebagian perempuan sakit karena jahitan operasi caecar masih bisa dirasakan meski sudah bertahun-tahun melahirkan.

5. "Pasti kamu kurang gerak saat hamil"

5. "Pasti kamu kurang gerak saat hamil"
www.netdoctor.co.uk

Menjelang persalinan, dianjurkan untuk banyak bergerak, seperti jalan santai, jongkok, bahkan senam hamil. Fungsinya untuk membuka dan memudahkan jalan lahir. Tapi tidak semua mama beruntung meski sudah melakukan beberapa hal ini.

Sekali lagi banyak faktor yang membuat seorang calon mama harus melakukan C-section, baik karena sebab kesehatan fisik ibu atau bayi dalam kandungan. Yang paling penting adalah tidak mengucapkan kalimat-kalimat yang bisa menyinggung orang lain yang telah melakukan C-section.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!