10 Camilan Pelancar ASI yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui

Siasati camilan yang penuh gizi supaya produksi ASI tetap lancar, Ma

17 Oktober 2020

10 Camilan Pelancar ASI Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui
Freepik/Freepic.diller

Saat menyusui, tubuh memerlukan ekstra nutrisi tambahan guna memperlancar produksi ASI. Oleh sebab itu, seringkali saat menyusui Mama merasa cepat lapar dan ingin terus ngemil.

Nah, supaya asupan nutrisi Mama tetap terjaga dan produksi ASI tidak terganggu, yuk pilih-pilih jenis camilan sehat yang bermanfaat. Apa saja ya?

Berikut Popmama.com tulliskan 10 camilan pelancar ASI yang baik dikonsumsi ibu menyusui, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Greek yoghurt dan granola

1. Greek yoghurt granola
Unsplash/Mike Petrucci

Mama suka makan yoghurt? Coba pilih jenis greek yoghurt untuk dijadikan camilan sehat. Yoghurt ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein dan probiotik alami yang baik bagi kesehatan, khususnya bagi sistem pencernaan. Yoghurt juga rendah kalori.

Saat mengonsumsi greek yoghurt, tambahkan potongan buah segar atau granola (sekitar seperempat cangkir) untuk ekstra nutrisi. Agar manfaatnya semakin maksimal, pilih granola bebas gluten.

2. Irisan pir dan selai kacang

2. Irisan pir selai kacang
Unsplash/Christine Siracusa

Satu lagi jenis camilan segar yang sehat dikonsumsi ibu menyusui yakni potongan buah pir dan selai kacang. Cuci pir dan potong sesuai selera, tambahkan selai kacang saat hendak dikonsumsi.

Keduanya memiliki berbagai nutrisi sehat yang dibutuhkan ibu menyusui, mulai dari vitamin, mineral hingga protein.

Jika tidak suka selai kacang, Mama bisa coba menambahkan keju. Keju kaya akan kalsium, protein dan vitamin B yang juga dibutuhkan Mama selama menyusui. Mama bisa memilih berbagai jenis keju, seperti cheddar atau mozzarella.

3. Dark chocolate dan raspberry

3. Dark chocolate raspberry
Pixabay/Ulleo

Sedang ingin makan cokelat? Dark chocolate bisa menjadi pilihan yang ideal, dibandingkan dengan cokelat susu atau milk chocolate.

Dark chocolate diketahui lebih tinggi antioksidan yang dapat membantu menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Selain itu, agar lebih sehat Mama bisa mengonsumsi dark chocolate dengan buah-buahan segar. Salah satunya yakni raspberry.

Tak hanya segar, raspberry merah diketahui juga memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya akan kandungan vitamin C yang baik bagi ibu menyusui.

4. Granola bar

4. Granola bar
Unsplash/Drica Pinotti

Granola bar bisa menjadi pilihan camilan praktis yang mudah dibawa, terlebih jika tingkat aktivitas Mama di luar rumah cukup tinggi. Selain bisa membuat kenyang dan mudah dikonsumsi, granola bar juga baik karena mengandung gandum murni.

Gandum yang menjadi sumber karbohidrat diketahui baik bagi jantung dan juga untuk proses produksi ASI. Jangan lupa memilih granola bar yang rendah gula ya, Ma. Ini supaya manfaatnya lebih maksimal.

Editors' Picks

5. Popcorn

5. Popcorn
Unsplash/Georgia Vagim

Siapa bilang popcorn cuma bisa dijadikan camilan saat menonton film di bioskop? Mama juga bisa menjadikan popcorn sebagai camilan sehat, termasuk saat menyusui. Popcorn yang terbuat dari bahan utama jagung memiliki serat yang sangat tinggi sehingga membuat Mama kenyang lebih lama.

Supaya kalorinya tetap terjaga, usahakan untuk tidak menambahkan terlalu banyak bahan tambahan seperti mentega, karamel, gula, perasa dan bahan lainnya, karena justru bisa mengurangi manfaat sehatnya.

6. Edamame

6. Edamame
Freepik/Jcomp

Kacang-kacangan menjadi salah satu camilan sehat yang juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Salah satunya yang kini kian populer yakni edamame.

Edamame adalah kacang berwarna hijau muda yang penuh dengan protein, serat, dan vitamin K. Saat ini edamame sudah banyak dijual dalam berbagai olahan dan kemasan, bahkan ada yang sudah siap makan.

Jika Mama membeli yang masih utuh, Mama bisa memasaknya dengan cara direbus dalam air mendidih selama beberapa menit dan taburi sedikit garam.

7. Telur rebus dan segelas susu cokelat

7. Telur rebus segelas susu cokelat
Pexels/Tookapic

Menurut nutrisionis Katie Serbinski, MS, RD, telur sebagai sumber protein dan asam lemak omega 3 baik dijadikan sebagai camilan bagi ibu menyusui. Telur juga mengandung tinggi asam amino esensial, vitamin dan mineral penting lainnya.

Salah satu cara mengolah telur yang baik adalah direbus. Konsumsi telur rebus dengan kombinasi susu cokelat. Susu membantu menambahkan pasokan kalsium bagi tubuh Mama.

8. Buah-buahan dan sayuran segar

8. Buah-buahan sayuran segar
Pexels/Tookapic

Buah dan sayur bisa menjadi menu camilan sehat juga bagi ibu hamil. Mulai pisang, pir, beri, wortel, jeruk dan lain-lain. Beberapa jenis buah ini juga mudah dikonsumsi dan tidak perlu diolah terlebih dahulu.

Untuk sayur, Mama bisa memilih jenis-jenis sayur yang pengolahannya paling minim supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga. Misalnya seperti bayam, katuk, wortel dan brokoli.

9. Kacang-kacangan

9. Kacang-kacangan
Freepik

Berbagai jenis kacang seperti kacang almond, kenari, dan kacang mete bisa menjadi camilan sekaligus sumber protein, zat besi, dan lemak sehat bagi ibu menyusui. Kacang juga membantu membuat Mama merasa kenyang lebih lama. Kacang juga bisa dikombinasikan dengan buah kering sebagai tambahan rasa dan nutrisi.

10. Biskuit laktasi dari gandum utuh

10. Biskuit laktasi dari gandum utuh
Unsplash/Olenka Kotyk

Biskuit juga praktis dan mudah dibawa sebagai menu camilan Mama saat bepergian. Saat ini sudah banyak dijual biskuit laktasi alias lactation cookies, yang diklaim dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Biskuit-biskuit ini mengandung bahan seperti tepung, telur, susu dan bahan lainnya yang baik dikonsumsi ibu menyusui.

Agar manfaatnya lebih maksimal, pilih yang terbuat dari gandum utuh, ya. Pilih juga yang rendah gula supaya gula darah Mama tidak naik berlebihan.

Itulah tadi 10 camilan pelancar ASI yang bisa Mama konsumsi saat menyusui. Nah, mana yang jadi camilan favorit mama, nih?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.