5 Tanda Bayi dalam Kandungan Belum Ada di Posisi Siap Lahir

Perhatikan sinyal-sinyal yang diberikan si Kecil, Ma

14 Desember 2019

5 Tanda Bayi dalam Kandungan Belum Ada Posisi Siap Lahir
Freepik/Onlyyouqj

Sebagian ibu hamil bisa merasakan tanda-tanda bahwa persalinan akan segera terjadi dalam waktu dekat.

Namun sebenarnya, selain itu ada juga tanda-tanda lainnya yang menunjukkan sebaliknya. Ya, tanda tersebut menunjukkan jika si Kecil masih berada dalam posisi yang belum siap dilahirkan alias belum ‘turun’.

Apa saja tanda persalinan masih lama dan kemungkinan belum akan terjadi dalam waktu dekat? Berikut rangkuman informasinya, Ma:

1. Baby bump masih tampak di atas

1. Baby bump masih tampak atas
Freepik/Onlyyouqj

Setiap ibu memiliki bentuk perut alias baby bump berbeda-beda, namun ketika waktunya persalinan sudah semakin dekat, bentuk perutnya akan terlihat lebih rendah.

Ini terjadi karena posisi bayi dalam kandungan yang berada semakin di bawah dan semakin dekat dengan jalan lahir, Ma.

Dalam waktu beberapa minggu terakhir menjelang waktu persalinan, bayi akan turun lebih rendah ke perut.

Jadi, apabila pada waktu tersebut perut Mama belum tampak turun dan masih menonjol di bagian atas, ada kemungkinan itu karena posisi bayi masih belum berada di jalan lahir.

Jika Mama ragu, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara pasti bagaimana posisi si Kecil saat ini.

2. Kontraksi palsu

2. Kontraksi palsu
Pexels/Negative Space

Merasakan kram dan kontraksi berkali-kali tak selalu menandakan bahwa si Kecil sudah siap dilahirkan, Ma. Faktanya, banyak ibu hamil yang mengalami kontraksi palsu bahkan hingga berminggu-minggu lamanya.

Kontraksi yang dialami sama-sama menimbulkan nyeri dan sensasi kencang di perut, namun sebenarnya ini bukan menjadi tanda persalinan.

Pada sebagian ibu hamil, terutama pada kehamilan kedua dan seterusnya, kontraksi bisa datang lebih cepat atau lambat dalam waktu yang tidak menentu.

Saat dikira kontraksi tanda persalinan sudah benar datang, ternyata periodenya masih belum teratur.

Apabila kontraksi yang Mama alami belum teratur dan jeda waktunya masih panjang, itu tandanya tanda persalinan belum dekat, Ma.

Editors' Picks

3. Nyeri di perut setelah makan

3. Nyeri perut setelah makan
Pexels/Tookapic

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh ibu hamil di trimester akhir adalah rasa nyeri dan mual di perut, terutama setelah makan. Kondisi ini disebut juga dengan istilah heartburn.

Heartburn terjadi ketika hormon-hormon kehamilan di tubuh mulai memperlambat pencernaan. Pada trimester ketiga, kondisi ini terasa semakin buruk karena esofagus terdorong oleh rahim yang membesar.

Keluhan ini seringkali muncul sampai sepanjang malam dan bisa mengganggu istirahat Mama.

Apabila menjelang akhir trimester ketiga Mama masih sering terasa, ini berarti si Kecil belum ada pada posisi siap lahir, Ma. Sebab jika persalinan sudah dekat, posisi bayi sudah turun dan esofagus pun tidak akan terdorong lagi.

Oleh sebab itu, frekuensi Mama mengalami heartburn pun akan berkurang.

4. Sesak napas

4. Sesak napas
Pixabay/Silviarita

Selain heartburn, masalah lain yang sering dialami pada akhir trimester ketiga adalah sulit bernapas. Lagi-lagi ini terjadi karena posisi bayi masih di atas dan mendorong diafragma.

Apabila posisi bayi sudah siap dilahirkan, maka seharusnya Mama akan menjadi jarang sesak napas. Mama sudah bisa lebih mudah dalam menarik napas panjang dan dalam.

Jadi, apabila Mama akhir-akhir ini masih sering merasa sulit untuk bernapas, ada kemungkinan itu terjadi karena posisi bayi yang masih dekat dengan diafragma.

5. Tidak ada tekanan pada pinggul

5. Tidak ada tekanan pinggul
Pixabay/PublicDomainPictures

Salah satu tanda lain bayi sudah berada pada posisi siap lahir dan persalinan sudah dekat adalah adanya tekanan pada bagian pinggul Mama.

Ya, saat bayi sudah dekat dengan jalan lahir, tekanan pada pinggul akan terasa lebih kuat, Ma.

Fluktuasi hormon dapat membuat ligamen di pelvis longgar saat proses persalinan, namun sebelum waktu itu terjadi maka tekanan di area pinggul pun masih terasa berat.

Tandai, Ma. Jika pinggul masih terasa biasa saja dan tidak ada tekanan saat bergerak, ini tandanya bayi masih belum berada di posisi jalan lahir.

Agar lebih pasti, pastikan Mama berkonsultasi dengan dokter tentang bagaimana posisi bayi saat ini, ya. Dengan demikian, Mama bisa tepat waktu bersiap-siap pergi ke dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!