Bisakah Bekas Luka Operasi Caesar Dihilangkan? Ini Penjelasannya!

Membutuhkan perawatan yang rutin

16 Juli 2021

Bisakah Bekas Luka Operasi Caesar Dihilangkan Ini Penjelasannya
Unsplash/Shane

Melahirkan secara normal ataupun caesar tentunya memiliki risiko tersendiri. Jika Mama memutuskan untuk melakukan persalinan caesar, salah satu risiko yang ditimbulkan adalah adanya bekas luka jahitan yang akan mengganggu dan membuat tidak nyaman. 

Panjang jahitan operasi caesar biasanya sekitar 15 cm, dan bekas lukanya terkadang menjadi lebih tebal, berwarna merah muda, merah atau mengkilap. 

Maka dari itu, Mama harus tetap terus kontrol ke rumah sakit sampai jahitan dapat dilepas. 

Namun, sebenarnya bisakah bekas luka operasi caesar dihilangkan?

Berikut penjelasannya yang berhasil Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. Simak selengkapnya di bawah ini

Bisakah Bekas Luka Operasi Caesar Dihilangkan?

Bisakah Bekas Luka Operasi Caesar Dihilangkan
Unsplash/Shane

Mungkin banyak sekali tawaran-tawaran produk krim untuk menghilangkan bekas luka operasi caesar, namun sayangnya bekas luka ini sebenarnya tidak dapat dihilangkan, Ma. 

Biasanya bekas luka akan pulih dalam waktu seminggu setelah operasi, namun butuh waktu minimal sebulan agar lukanya benar-benar sembuh. Kemudian, Mama juga harus melakukan beberapa perawatan agar menjadi lebih pulih dan bekas operasi juga lebih memudar.

Berikut adalah bahan-bahan alami yang mungkin dapat Mama gunakan untuk memudarkan bekas luka operasi caesar.  

1. Mengoleskan petroleum jelly

1. Mengoleskan petroleum jelly
Pexels/Monstera

Petroleum jelly merupakan produk alami yang dibuat dari campuran wax dan mineral oil yang akan menjadi sebuah gel. Manfaatnya sangat banyak lho, Ma. Salah satunya dapat mencegah bekas luka yang menjadi semakin besar dan rasa gatal.

Bahan ini mudah juga ditemukan di supermarket terdekat rumah mama dengan harga yang terjangkau. 

Mama hanya perlu mengoleskan petroleum jelly pada bekas luka dan biarkan luka dalam keadaan tertutup. Lakukan ini secara rutin agar luka cepat memudar ya, Ma. 

Editors' Picks

2. Memijat dengan minyak herbal

2. Memijat minyak herbal
Pexels/Monstera

Bahan alami selanjutnya adalah minyak herbal. Minyak herbal ini dipercaya dapat menyembuhkan bekas luka operasi caesar karena mampu memproduksi kolagen di bawah jaringan kulit. 

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit, dan meluruskan serat kolagen. 

Caranya dengan memijat lembut menggunakan minyak herbal di area bekas luka operasi. Mama dapat memijatnya secara rutin agar luka perlahan dapat memudar. 

3. Mengoleskan lidah buaya

3. Mengoleskan lidah buaya
Pexels/Cintia Siqueira

Mama mungkin tidak asing mendengar lidah buaya, nah bahan ini dipercaya mampu memudarkan bekas luka operasi caesar. Tidak hanya itu, gel lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan stretch mark. Dengan efek cooling dan dapat menghilangkan stres pada kulit sehingga mampu memudarkan bekas luka. 

Untuk menggunakannya sangat mudah, Mama cukup mengoleskan gel lidah buaya 2-3 kali per hari pada area bekas luka caesar. Agar lebih cepat memudah, Mama harus rutin menggunakannya. 

4. Mengoleskan dengan madu

4. Mengoleskan madu
Unsplash/Arwin Neil Baichoo

Madu adalah bahan alami yang mempunyai limpahan manfaat. Khususnya pada perawatan kulit. 

Salah satu khasiat madu yaitu membersihkan dan melembapkan kulit, serta mengurangi bekas luka. Selain itu, madu juga mampu untuk membantu pembentukan jaringan baru dan mencegah bekas luka. 

Bahan yang satu ini sangat mudah tentunya untuk ditemui, namun kalau bisa Mama menggunakan madu murni ya, agar tidak tercampur bahan lain dan khasiatnya tidak berkurang.

Untuk menggunakannya cukup mengoleskan pada area bekas luka operasi caesar, agar lebih cepat memudar Mama dapat melakukan ini secara rutin. 

5. Perasan jeruk lemon

5. Perasan jeruk lemon
Unsplash/eggbank

Bahan alami yang terakhir adalah jeruk lemon. Jika biasanya menjadikan jeruk lemon sebagai hidangan minuman, kali ini penggunaannya berbeda. 

Jeruk lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan. Bahan yang satu ini juga dipercaya dapat membantu memudarkan bekas luka operasi caesar. 

Caranya dengan mengoleskan perasan air jeruk lemon ke atas luka operasi bisa menggunakan kapas ataupun dengan tangan langsung. Namun, yang harus diperhatikan Mama adalah jangan mengoleskan jika luka operasi masih baru. Hal ini dikarenakan akan memperburuk keadaan dan memperlambat proses penyembuhan luka. 

Itulah penjelasan mengenai bisakah bekas luka operasi caesar dihilangkan. Jadi, tidak dapat dihilangkan ya, Ma. Namun, Mama dapat menyamarkan bekas luka tersebut menggunakan bahan-bahan alami yang sudah disebutkan. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.