TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Alami Redakan Sakit Kepala untuk Ibu Menyusui

Selama menyusui, Mama sering mengalami sakit kepala?

7 Januari 2022

5 Cara Alami Redakan Sakit Kepala Ibu Menyusui
Freepik/benzoix

Bahwa sakit kepala pasca persalinan sering terjadi pada perempuan. Terutama mengalami sakit kepala dalam minggu pertama setelah melahirkan. 

Diwartakan dari Webmd, terkadang sakit kepala postpartum biasanya menjadi tanda dari sesuatu yang serius. Bicaralah dengan dokter segera jika kamu mengalami gejala lain.

Saat merasakan sakit kepala tak tertahankan sewaktu menyusui, maka perlu melakukan perawatan dengan 5 cara alami ini. Nah, berikut Popmama.com berikan ulasannya:

1. Minum air putih untuk membuat Mama tetap terhidrasi

1. Minum air putih membuat Mama tetap terhidrasi
Freepik/jcomp

Bahwa kombinasi perubahan hormon dan dehidrasi, kondisi ini dapat menyebabkan sakit kepala pada ibu menyusui.

Sedangkan meminum air putih adalah salah satu jenis perawatan kesehatan agar Mama tetap terhidrasi dan membantu mengurangi sakit kepala.

Diinformasikan dari Healthline, kebanyakan sakit kepala karena dehidrasi sembuh dalam waktu tiga jam setelah minum. Satu atau dua gelas air akan membantu dalam banyak kasus.

Artinya, minum air putih bisa membuat Mama merasakan penurunan sakit kepala.

Editors' Picks

2. Memakan makanan tertentu untuk mempercepat pemulihan

2. Memakan makanan tertentu mempercepat pemulihan
Freepik/jcomp

Jika Mama sedang menyusui, penting untuk berhati-hati dengan obat bebas ketika mengalami sakit kepala. Jadi gunakanlah pengobatan alami dengan makan makanan tertentu untuk membantu meringankan sakit kepala. 

Pertama, Mama perlu menghindari makanan yang diketahui menimbulkan sakit kepala. Sebaiknya konsumsi makanan yang bisa memacu masa pemulihan lebih cepat.

Makanan yang paling umum dan bermanfaat redakan sakit kepala, yakni meliputi:

  • Sayuran hijau
  • Buah-buahan segar, terutama yang berwarna cerah kaya akan antioksidan
  • Makanan rendah sodium
  • Kacang almond

3. Mandi air hangat untuk mengurangi ketegangan

3. Mandi air hangat mengurangi ketegangan
Freepik/senivpetro

Hormon mungkin berfluktuasi saat menyusui, kondisi inilah yang bisa menyebabkan sakit kepala. Sedangkan mandi dengan menggunakan air hangat dapat mengurangi ketegangan akibat sakit kepala.

Bahwa mandi air hangat memiliki kekuatan untuk menghentikan sinyal rasa sakit dari perjalanan ke otak. Termasuk meningkatkan aliran darah yang membantu menenangkan otot.

Dikutip dari Schmidts, kombinasi uap hangat dan air bekerja sangat baik untuk banyak jenis sakit kepala. Jadi  panaskan air, tutup pintu kamar mandi dan biarkan uap memenuhi pancuran tubuh kamu.

4. Melakukan pemijatan dapat meningkatkan aliran darah

4. Melakukan pemijatan dapat meningkatkan aliran darah
Freepik/cookie_studio

Bahwa sakit kepala saat menyusui memang cukup sulit untuk dihadapi. Nah, salah satu cara alami yang dapat Mama lakukan adalah melakukan pijat kepala. Ini guna mengurangi ketegangan. 

Pemijatan juga meredakan migrain atau sakit kepala, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke kepala maupun leher Mama.

Dilansir dari Cornerstonenaturopathic, sakit kepala tegang dan migrain telah diobati secara efektif dengan terapi pijat. Tidak hanya meredakan, bahwa pijat membantu mencegah terjadinya sakit kepala.

5. Menyisihkan waktu untuk tidur delapan jam

5. Menyisihkan waktu tidur delapan jam
Freepik/drobotdean

Kurang tidur adalah salah satu penyebab dari sakit kepala saat menyusui. Ini karena sering kali ibu menyusui merasa gelisah sepanjang malam ketika bayinya belum tidur.

Agar tidak menyebabkan ketegangan lagi, maka Mama perlu menyisihkan waktu tidak lebih dari delapan jam untuk tidur. Cobalah membatasi perbedaan jadwal tidur di malam hari dan akhir pekan yang tidak lebih dari satu jam. 

Jika Mama tidak tertidur dalam waktu sekitar 20 menit, tinggalkan kamar tidur dan lakukan sesuatu yang menenangkan. Mungkin Mama bisa membaca atau mendengarkan musik sesuai kebutuhan.

Itulah 5 cara alami redakan sakit kepala pada ibu menyusui. Mama harus berbicara dengan dokter jika sering atau sakit kepala parah saat menyusui.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk