TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Tepat Selamatkan ASIP saat Listrik Padam, Jangan Panik Ya

Jangan sering membuka freezer ketika listrik padam, ini bisa memengaruhi

20 April 2022

5 Cara Tepat Selamatkan ASIP saat Listrik Padam, Jangan Panik Ya
breastfeedingcenter.org

Air Susu Ibu Perah (ASIP) perlu ditempatkan dalam wadah steril seperti botol bebas Bisphenol-A (BPA).

Penyediaan ASIP yang disimpan di lemari es pada suhu 4°C atau freezer dengan suhu -18°C, ini memang bisa menjadi alternatif yang nantinya diberikan kepada bayi. Lalu bagaimana jika tiba-tiba listrik di rumah mati? 

Jangan khawatir, Mama bisa mencoba cara tepat untuk selamatkan ASIP ketika listrik padam. Yuk, ikuti terus artikelnya dari Popmama.com!

1. Menyusun ASI perah dengan rapat-rapat dan berdempetan

1. Menyusun ASI perah rapat-rapat berdempetan
Pexels/Jean van der Meulen

Untuk mencegah kekhawatiran saat listrik padam selama menyimpan ASIP, maka sebaiknya tempatkan di dalam breastmilk storage yang sudah BPA-free dan pada kondisi steril.

Pastikan juga kantong ini tidak mudah bocor dan dilengkapi double ziplock yang terkunci rapat. Melalui penyimpanan dengan breastmilk storage, maka bisa menghemat ruang yang bagus di dalam freezer. 

Selain itu, gunakan teknik penyimpanan dan persiapan yang direkomendasikan. Salah satunya adalah menyusun ASI perah dengan rapat-rapat dan berdempetan. Tujuannya agar ASIP satu sama lain bisa saling mendinginkan.

Editors' Picks

2. Penyimpanan ASIP dengan menggunakan cooler bag

2. Penyimpanan ASIP menggunakan cooler bag
idaho-jones.com

Setiap hari Mama memompa ASI ke dalam breastmilk storage dan menyimpannya di dalam freezer sebagai persediaan nutrisi bayi. 

Salah satu mimpi buruk bagi ibu menyusui adalah ASI yang basi, terutama jika penyebabnya karena mati listrik. Jadi jika Mama khawatir, maka cooler bag sangat penting digunakan.

Penyimpanan di dalam cooler bag, biasanya metode ini menjadi lebih aman dan nyaman untuk menampung ASIP yang disimpan pada breastmilk storage selama 24 jam.

Melalui manajemen penyimpanan ASI perah yang dikelola dengan baik, maka dapat menjadi solusi bagi Mama yang ingin terus memberikan ASI pada sang buah hati dalam keadaan apapun.

3. Tidak sering membuka kulkas dan memeriksa keadaan ASIP

3. Tidak sering membuka kulkas memeriksa keadaan ASIP
Pexels/Mikael Blomkvist

Setelah ASIP siap disimpan, maka dapat memasukkan susu ke dalam freezer di dekat bagian tengah atau belakang. Hindari meletakannya di dekat pintu yang suhunya bisa lebih berfluktuasi, terutama jika listrik padam.

Biasanya, waktu penyimpaman ASIP di dalam freezer selama sekitar 6 bulan. Namun sayangnya, sering kali terjadi mati lampu yang tidak terduga. Oleh karenanya, penyimpanan yang disarankan adalah tidak selalu memeriksa keadaan freezer.

Hindari merasa khawatir mengenai apakah ASIP aman atau tidak. Jadi hindari membuka kulkas. Sebab hal itu akan memengaruhi suhu ASIP jadi lebih hangat seperti suhu ruang.

4. Membekukan ASIP dengan es batu di dalam freezer

4. Membekukan ASIP es batu dalam freezer
realsimple.com

Pada saat mati listrik, Mama mungkin merasa cemas dan kewalahan dengan keberadaan stok ASIP di dalam freezer. Namun salah satu opsi penyimpanan yang baik dan aman, yakni tetap membekukannya di dalam freezer dengan tambahan ice cube yang diletakkan di sekitar kantong ASI. 

Metode ini diharapkan akan membantu Mama yang berusaha mempertahankan kualitas simpanan ASIP. Artinya, pemberian es batu di dalam freezer cukup ideal. 

Ma, itulah cara tepat menyelamatkan ASIP saat listrik padam. Yuk, terapkan langkah di atas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk