5 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Ibu Menyusui, Kaya Vitamin C

Mulailah menjaga usus tetap sehat dengan memakan buah markisa, Ma!

19 Mei 2022

5 Manfaat Buah Markisa Kesehatan Ibu Menyusui, Kaya Vitamin C
blibli.com

Bahwa tujuan terpenting selama menyusui adalah mempertahankan suplai ASI yang cukup. Makan protein tanpa lemak, beragam sayuran dan biji-bijian sangat penting bagi ibu menyusui. Apalagi buah-buahan adalah sumber yang kaya akan nutrisi. 

Memakannya dapat membantu meringankan sembelit, yakni dialami beberapa perempuan setelah melahirkan. Jadi alangkah baiknya Mama mengusahakan sekitar 2 cangkir buah per hari, salah satunya buah markisa.

Menambahkannya ke dalam menu harian Mama, markisa memiliki 5 manfaat kesehatan untuk ibu menyusui. Pada artikel berikut, Popmama.com akan jelaskan selengkapnya:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pexels/Sarah Chai

Beberapa ibu baru pasca persalinan, mereka tidak memiliki sistem kekebalan yang lebih sehat. Sistem kekebalan tubuhnya masih dikategorikan lemah selama masa pemulihan setelah melahirkan.

Sedangkan salah satu cara praktis untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Mama perlu memakan buah markisa. Ini karena buah markisa kaya akan antioksidan kuat dan nutrisi lain yang menawarkan manfaat kesehatan luar biasa. 

Bahwa kandungan vitamin C pada buah markisa merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Termasuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Editors' Picks

2. Melindungi sel-sel dari kerusakan 

2. Melindungi sel-sel dari kerusakan 
Pexels/Karolina Grabowska

Ingatlah, buah markisa kaya akan antioksidan. Ini artinya, memakannya selama masa menyusui membantu membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Dimana senyawa tersebut memainkan peran penting dalam menjaga sistem tubuh tetap sehat.

Plus, manfaatnya membantu tubuh menurunkan peradangan dan melindungi sel-sel dari kerusakan dan meningkatkan aliran darah. Khususnya berhubungan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan penyakit Alzheimer.

3. Sebagai pencegahan penyakit kardiovaskular dan disfungsi

3. Sebagai pencegahan penyakit kardiovaskular disfungsi
bukalapak.com

Buah markisa dikenal memang karena rasanya yang asam menyenangkan. Dengan memakannya selama masa menyusui, ini menawarkan kesehatan yang optimal. Salah satunya adalah kaya potasium dan mineral yang berhubungan dengan kesehatan jantung. 

Apalagi kandungan kalium pada buah markisa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, yakni dengan menormalkan tekanan darah. Termasuk menghilangkan kelebihan kolesterol dari pembuluh darah. Ini memastikan darah mengalir dari jantung ke bagian lain dari tubuh untuk mencegah penyumbatan. 

Selain itu, buah markisa juga mencegah pengerasan dinding arteri jantung (aterosklerosis) dan menjaga fungsi jantung berjalan lancar. Bahkan narkisa diisi dengan asam askorbat sendiri berperan penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular dan disfungsi.

4. Membantu mengatur sistem pencernaan

4. Membantu mengatur sistem pencernaan
Pexels/Polina Zimmerman

Beberapa ibu baru sering kali mengalami kesulitan buang air besar setelah melahirkan. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan minum banyak cairan dan makan makanan yang tinggi serat. Termasuk buah markisa yang mengandung banyak serat makanan.

Bahwa kandungan serat pada markisa bagian komponen penting dari setiap diet sehat selama menyusui. Bahkan membantu mengatur sistem pencernaan. Terutama menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit dan gangguan usus.

Dilansir dari Webmd, serat buah markisa menjadikan usus sehat dan bergerak. Bahkan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Ini juga menurunkan kolesterol dan risiko diabetes, penyakit jantung dan jenis kanker tertentu. 

5. Mengelola tingkat kecemasan selama menyusui

5. Mengelola tingkat kecemasan selama menyusui
Pexels/Moose Photos

Jika Mama merasa terlalu khawatir setelah melahirkan hingga masa menyusui, mungkin kondisinya mulai menderita gangguan kecemasan. Sementara buah-buahan seperti markisa yang kaya akan vitamin C memiliki sifat antioksidan. Manfaatnya sendiri membantu mencegah kerusakan sel yang dapat meningkatkan kecemasan.

Inilah yang perlu Mama ketahui, bahwa buah markisa kaya akan magnesium. Mineral tersebut dikaitkan para ilmuwan dengan penurunan stres dan kecemasan. Dimana kandungan magnesium pada markisa dapat membantu ibu menyusui mengelola tingkat kecemasannya.

Ma, itulah kelima manfaat buah markisa untuk ibu menyusui. Yuk, mulailah memakannya secara rutin!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk