5 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan setelah Melahirkan

Ternyata kacang Arab juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, lho!

25 November 2021

5 Manfaat Kacang Arab Kesehatan setelah Melahirkan
Pixabay/PDPics

Bahwa kacang-kacangan dikemas dengan lemak sehat dan antioksidan yang menyehatkan. Salah satunya adalah kacang Arab. Terutama bagi Mama yang ingin meningkatkan ASI.

Kacang Arab atau dikenal sebagai kacang garbanzo memiliki nutrisi seperti serat dan protein. Bahkan juga mengandung beberapa vitamin dan mineral utama di dalamnya.

Nah, dalam kesempatan kali ini Popmama.com akan membahas mengenai 5 manfaat kacang Arab bagi kesehatan Mama pasca persalinan. Yuk, lihat ulasannya!

1. Sangat penting untuk peningkatkan produksi ASI

1. Sangat penting peningkatkan produksi ASI
Pexels/MART PRODUCTION

Bahwa protein di dalam kacang Arab sangat penting untuk Mama yang baru saja melalui proses melahirkan. Salah satunya dapat meningkatkan produksi ASI dan memberi nutrisi terbaik dalam mendukung pertumbuhan si Kecil.

Sedangkan ibu menyusui membutuhkan tambahan 25 gram protein per hari. Jadi dengan memakan kacang Arab, maka pasokan ASI bisa terbilang cukup stabil.

Bahkan kacang Arab juga mengandung zat besi yang membantu mencegah anemia defisiensi besi pasca persalinan. Apalagi bagi Mama yang merasa lelah akibat tidak mendapatkan cukup zat besi.

Editors' Picks

2. Mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung

2. Mencegah tekanan darah tinggi penyakit jantung
Pixabay/rud0070

Bahwa memakan kacang Arab secara rutin setelah melahirkan, cara ini akan menjadi sumber beberapa mineral penting. Manfaat yang didapatkan, yakni akan membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Dirilis dari News18, manfaat lain dari kacang Arab adalah dapat memastikan pasokan nutrisi yang cukup untuk jantung dengan asupannya.

Selain itu, menikmati kebaikan kacang Arab juga mengurangi trigliserida dan kolesterol LDL (jahat). Apalagi kacang Arab memiliki kalium, kalium dan vitamin C yang baik untuk mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Mengelola kadar gula darah pasca persalinan

3. Mengelola kadar gula darah pasca persalinan
Pexels/Klaus Nielsen

Bagi Mama yang suka memakan kacang Arab, maka dapat membantu mengatur kadar gula darah pasca persalinan.

Dilansir dari Timesnownews, bahwa kacang Arab termasuk makanan rendah GI yang sangat bermanfaat dalam mengelola kadar gula darah jangka panjang pada penderita diabetes tipe 2. 

Berkat kandungan protein dan serat di dalamnya, dua nutrisi utama ini terbukti memperlambat penyerapan karbohidrat. Khususnya untuk menjaga kadar gula darah secara stabil. Bahkan mengalami penurunan kadar insulin yang merupakan faktor penting dalam regulasi gula darah.

4. Mengendalikan nafsu makan dan membuat otot membakar lemak

4. Mengendalikan nafsu makan membuat otot membakar lemak
Pixabay/Amit_8

Ternyata kandungan protein dan serat di dalam kacang Arab dapat mengendalikan nafsu makan Mama. Sebab kedua senyawa tersebut akan bekerja sama untuk memperlambat pencernaan.

Kacang Arab bisa membantu manajemen berat badan. Ini karena efeknya yang mengenyangkan dan menurunkan asupan kalori saat makan, seperti diwartakan Healthline. 

Jadi dengan makan kacang Arab yang mengandung zat besi secara teratur, maka akan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Pada gilirannya, membuat otot membakar lemak.

5. Mengalami penurunan risiko beberapa kondisi pencernaan

5. Mengalami penurunan risiko beberapa kondisi pencernaan
Pexels/Anete Lusina

Bahwa serat di dalam kacang Arab, kandungan ini mendukung beberapa manfaat untuk kesehatan pencernaan dan membantu membuat buang air besar lebih mudah.

Apabila Mama memakannya secara rutin pasca persalinan, maka juga bisa mencegah dan mengatasi konstipasi. Termasuk memperlancar proses pencernaan dengan cara menyerap air ke dalam usus besar.

Ditambah lagi, serat di dalamnya bisa mengalami penurunan risiko beberapa kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS) dan kanker usus besar.

Nah, Mama sudah mengetahui 5 manfaat kacang Arab untuk pasca persalinan. Apakah Mama memiliki stok jenis kacang ini di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.