Manfaat Meminum Teh Tanpa Gula untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Menyeruput teh tanpa gula adalah kunci untuk menikmati teh yang sepenuhnya bukan?

28 Januari 2022

Manfaat Meminum Teh Tanpa Gula Kesehatan Ibu Menyusui
Freepik

Tentu Mama selalu menginginkan yang terbaik selama masa menyusui. Jadi pastikan Mama dan bayi memiliki nutrisi dan kalori yang cukup. Sedangkan meminum teh adalah salah satu minuman herbal yang bisa Mama minum.

Dilansir dari Verywellfamily, seorang ibu menyusui sering kewalahan dan membuatnya stres. Untungnya, ada teh yang dapat meningkatkan suplai ASI. Teh seperti herbal, makanan dan suplemen untuk merangsang dan mendukung produksi ASI serta meningkatkan relaksasi.

Tidak dengan penambahan gula dan susu, inilah beberapa manfaat menyeduh teh tanpa gula untuk kesehatan ibu menyusui. Berikut Popmama.com berikan ulasannya:

1. Memberi efek relaksasi dan memberi ketenangan

1. Memberi efek relaksasi memberi ketenangan
Freepik/lifeforstock

Saat meminum teh tanpa gula, maka biarkan kombinasi alami di dalamnya seperti kafein dan L-theanine memberi Mama energi terfokus sepanjang hari.

Bahkan kandungan L-theanine adalah salah satu senyawa yang bermanfaat mengurangi stres, mendapatkan efek relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. 

Dikutip dari Verywellmind, secangkir teh hangat bisa menjadi salah satu kesenangan yang paling sederhana dan menenangkan. Beberapa diantaranya teh chamomile, peppermint dan lemon dipuji karena kekuatan relaksasi dan ketenangannya.

Editors' Picks

2. Bekerja menurunkan kolesterol jahat

2. Bekerja menurunkan kolesterol jahat
Freepik

Alih-alih dengan teh dengan gambahan gula, cobalah sekali berbeda meminumnya tanpa pemanis. Bawah menyeduh teh tidak disertai gula, hal ini akan lebih mengandung antioksidan.

Kandungan tersebut dapat mencegah kerusakan sel-sel yang berpotensi menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, meminum teh dapat mendukung kesehatan jantung. 

Terutama teh juga tinggi flavonoid yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung, yakni bekerja menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi pembekuan darah.

3. Tidak mempengaruhi kadar gula darah Mama

3. Tidak mempengaruhi kadar gula darah Mama
Freepik/jcomp

Mama selalu memasukkan satu atau dua sendok gula ke dalam seduhan teh?

Padahal meminum teh tanpa gula, ini bermanfaat untuk melindungi terhadap stres oksidatif dan peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan radikal bebas yang berlebihan dapat menyebabkan perkembangan komplikasi diabetes.

Dirilis dari Medicalnewstoday, teh tanpa pemanis bisa menjadi pilihan minuman rendah kalori yang baik bagi penderita diabetes tipe 2. Hal itu karena minuman tersebut tidak mempengaruhi kadar gula darah. 

4. Meningkatkan metabolisme dalam penurunan berat badan

4. Meningkatkan metabolisme dalam penurunan berat badan
Freepik/diana.grytsku

Apakah Mama sering minum teh dengan tambahan gula? 

Ternyata manfaat meminum teh tanpa gula, ini memiliki kemampuan dalam membantu dalam program diet. Apalagi teh mengandung katekin yang bisa meningkatkan metabolisme. Cara kerjanya dengan merangsang tubuh memecah lemak lebih cepat dan membakar banyak kalori.

Diwartakan dari Drhealthbenefits, karena alasan kesehatan bahwa teh tidak beserta gula bisa menurunkan berat badan. Seperti yang diketahui, obesitas dapat menyebabkan banyak penyakit berbahaya.

Itulah beberapa manfaat minum teh tanpa gula untuk kesehatan ibu menyusui. Cobalah memanfaatkan teh yang dicampur bahan herbal lainnya, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk