Menjaga Pencernaan, Cek 5 Manfaat Barley bagi Kesehatan Ibu Menyusui

Ternyata barley sumber serat makanan yang sangat baik, lho!

8 Januari 2022

Menjaga Pencernaan, Cek 5 Manfaat Barley bagi Kesehatan Ibu Menyusui
Freepik/KamranAydinov

Makanan sehat apapun yang dimakan oleh perempuan pasca persalinan, ini akan membantu memproduksi suplai ASI. Terutama jenis biji-bijian seperti barley yang penuh dengan vitamin dan mineral.

Apalagi barley adalah salah satu biji-bijian yang paling banyak dikonsumsi dalam diet sehat. Biji-bijian serbaguna ini juga kaya akan banyak nutrisi lain di dalamnya.

Hal itulah yang membuat barley memiliki 5 manfaat kesehatan bagi kesehatan ibu menyusui. Berikut Popmama.com berikan informasinya:

1. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah

1. Mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah
Freepik

Bagi ibu menyusui, cobalah konsumsi semangkuk barley sebagai menu sarapan pagi. Bahwa memakannya adalah pilihan paling efektif untuk membantu Mama mengatasi kolesterol.

Ini berkat beta-glukan yang ada di dalam barley. Bahwa kandungan tersebutlah yang bisa mengurangi kolesterol LDL jahat dengan mengikat asam empedu. 

Artinya, pada gilirannya barley menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah Mama. Namun perlu diingat, hasilnya bervariasi tergantung dari kesehatan setiap orang secara keseluruhan dan dosis serta kualitas barley yang digunakan.

Editors' Picks

2. Dianggap bisa melindungi terhadap penyakit jantung

2. Dianggap bisa melindungi terhadap penyakit jantung
Freepik

Ada banyak cara agar Mama bisa menjaga kesehatan jantung. Nah, salah satunya adalah memasukkan barley ke dalam diet harian. Cobalah menjadikan barley sebagai sereal sarapan hangat. 

Bahwa efek kesehatan positif pada barley, yakni membantu kadar glukosa darah pada penderita diabetes dan kondisi jantung.

Dirilis dari Goodhousekeeping, barley mengandung flavonoid yang merupakan jenis fitokimia paling banyak diteliti. Flavonoid sendiri zat dalam biji-bijian yang dianggap bisa melindungi terhadap penyakit jantung.

3. Memperlambat penyerapan gula ke dalam aliram darah

3. Memperlambat penyerapan gula ke dalam aliram darah
Freepik/jcomp

Bahwa memakan barley dapat memberikan manfaat pada ibu menyusui, salah satunya adalah mengurangi risiko diabetes tipe 2. Cara kerjanya sendiri dengan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sekresi insulin.

Ini karena sebagian barley memiliki kandungan magnesium. Mineral tersebut memainkan peran penting dalam produksi insulin dan penggunaan gula oleh tubuh.

Apalagi barley juga kaya serat larut yang mengikat air dan molekul lain saat bergerak melalui saluran pencernaan.

Artinya, barley bisa memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

4. Mempercepat pergerakan usus dan mengurangi sembelit

4. Mempercepat pergerakan usus mengurangi sembelit
Freepik/cookie_studio

Bahwa barley dapat meningkatkan kesehatan usus ibu menyusui. Berkat kandungan seratnya yang tinggi, maka barley bertanggung jawab dalam mempercepat pergerakan usus dan mengurangi kemungkinan sembelit.

Dikutip dari Medicalnewstoday, banyak manfaat kesehatan barley karena berasal dari sumber serat makanan. Apalagi serat sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Selain itu, asupan serat dari barley juga berkontribusi pada penurunan risiko mengembangkan beberapa penyakit kronis dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

5. Mengekang nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang

5. Mengekang nafsu makan meningkatkan rasa kenyang
Freepik/jcomp

Bahwa manfaat kesehatan yang didapat dari memakam barley adala dapat mendorong tubuh untuk melepaskan hormon yang mengatur nafsu makan. Ini akhirnya barley membuat ibu menyusui merasa kenyang lebih lama.

Bahkan memakan barley juga bisa meningkatkan metabolisme yang berkontribusi pada penurunan berat badan. Terutama bagi ibu menyusui yang berencana ingin mengurangi berat badan berlebih.

Dilansir dari Healthline, barley memiliki serat larut seperti beta-glukan yang cenderung membentuk zat seperti gel di usus. Tugasnya memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Pada gilirannya mengekang nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. 

Itulah 5 manfaat barley untuk kesehatan ibu menyusui. Mama bisa menambahkan madu jika ingin meningkatkan rasanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.