Deretan Edukasi Persalinan a la Bidan Novel, Tiup-Tiup tanpa Mengejan

Tubuh yang sehat dan bugar akan membantu Mama mendapatkan persalinan yang mudah

5 Januari 2021

Deretan Edukasi Persalinan a la Bidan Novel, Tiup-Tiup tanpa Mengejan
Facebook/Novelita Damanik

Akhir tahun 2020 ditutup dengan kabar bidan yang viral di media sosial, Novelita Damanik, yang membantu persalinan pasiennya dengan metode tiup-tiup. Sejak hari itu, namanya banyak disebut di berbagai media, dan banyak calon mama yang lantas ingin proses persalinannya dibantu bidan Novel.

Dalam bio akun Instagram-nya, bidan viral ini menuliskan bahwa dirinya merupakan founder metode melahirkan tiup-tiup tanpa mengejan dan tanpa robek. Dengan metode ini, diharapkan Mama tidak mengalami trauma berlebih pasca melahirkan.

Dilihat dari video persalinan pasiennya yang sering diunggah di akun TikTok bidan Novel, memang persalinan mereka tampak sangat nyaman. Cepat dan tanpa perlu banyak tenaga, bidan ini memberi arahan untuk pasien dengan sangat lembut.

Bidan Novel juga sering menunggah tips dan edukasi seputar persalinan di akun TikTok-nya. Berikut ini Popmama.commerangkum lima video edukasi persalinan a la bidan Novel yang bisa Mama coba praktekkan saat hari persalinan tiba nanti.

1. Harus happy saat proses persalinan

Melahirkan secara alami memang seringkali sulit dilakukan. Sebagian besar mama merasa panik duluan sebelum menjalani prosesnya, sehingga menjadi semakin resah dan memicu kelelahan serta menghambat persalinan.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat ibu hamil happy, agar mereka tidak merasa lelah atau resah. Bidan Novel sendiri, dibantu timnya, mengajak para pasiennya dan mengajarkan mereka gerakan dance. Mereka selalu berusaha membuat bumil lupa akan rasa sakit saat kontraksi.

Nah, Mama yang tidak berkesempatan menjalani persalinan di klinik bidan Novel, bisa banget mengikuti saran ini. Usahakan untuk merasa happy menjelang persalinan. Lakukan gerakan dance ringan yang akan membantu Mama merasa rileks.

Editors' Picks

2. Kepala janin harus turun

2. Kepala janin harus turun
Flickr/Biles

Untuk bisa berhasil dengan metode persalinan tiup-tiup ini, kepala janin harus diusahakan turun dulu. Dalam satu kasus, pasien bidan Novel sudah mengalami pembukaan lengkap, sedangkan kepala janin belum turun. Mama bisa cek videonya di TikTok bidan Novel

Untuk menurunkannya secara alami, bidan viral ini mengajak pasien tersebut bergoyang pinggul ke kiri dan ke kanan. Dalam proses menurunkan kepala janin ini, Papa juga harus jadi tim yang mendukung dan menguatkan Mama, serta ikut menemani Mama bergoyang kalau perlu. 

Selain itu, bidan Novel juga menyarankan untuk membuat suasana menjadi santai dan rileks. Kali ini bu bidan mendandani pasiennya, sementara menunggu bayi lahir. Beberapa pasien lainnya juga sempat diunggah dalam video saat mereka sedang berdandan dengan santai, meski dalam posisi bayi sudah siap lahir.

3. Jangan telat makan

3. Jangan telat makan
Unsplash

Bidan Novel memastikan pasiennya tidak telat makan, agar tetap sehat dan bugar hingga waktu persalinan tiba. Dalam hal ini, di kliniknya, ada bibi yang khusus mengurus makanan untuk pasien, dan semua tim di sana sangat sayang dan menganggap bibi sebagai bagian dari keluarga juga.

Untuk mengapresiasi kesigapan tugas bibi dalam mempersiapkan makanan buat pasien, bidan Novel memberi mereka kasih sayang seperti keluarga sendiri. Mama bisa lihat di video TikTok bidan Novel, di mana mereka joget bareng-bereng di sana.

Ingat ya, Ma! Jangan sampai Mama telat makan, karena persalinan membutuhkan energi yang tidak sedikit, meski tampaknya hanya sekadar tiup-tiup. Tubuh yang sehat dan bugar adalah salah satu kunci keberhasilan persalinan a la bidan Novel.

4. Jangan menjerit gelisah

Selain Mama yang resah, pasien di kanan dan kiri mama juga bisa tertular resah jika Mama menjerit ketakutan dan gelisah. Kalau sudah begitu, mereka yang tadinya santai, bisa jadi overthinking dan akhirnya bikin semangat hilang.

Dalam salah satu video unggahannya di TikTok, bidan Novel mengungkapkan bahwa jeritan gelisah itu justru bisa mempersulit persalinan. Usahakan Mama tidak menjerit, apalagi merasa gelisah menuju proses persalinan. Dengan metode tiup-tiup, Mama akan lebih rileks dan bisa dengan alami mendorong si Bayi ke luar.

5. Alihkan pikiran dan percaya diri

Sesakit apapun proses persalinan, bidan Novel meyakinkan Mama bahwa selagi tubuh sedang sehat, Mama akan kuat menjalani prosesnya. Kuncinya adalah mengalihkan pikiran dan harus percaya diri.

Tak perlu terlalu sulit untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit saat kontraksi, Mama bisa pakai cara yang disarankan juga untuk para pasien bidan Novel. Mama bisa mencoba membubuhkan sedikit make-up sebelum proses persalinan. Selain mengalihkan perhatian, make-up juga bisa bikin Mama lebih percaya diri.

Nah, bagaimana, Ma? Bermanfaat sekali bukan semua tips lancar melahirkan di video edukasi persalinan a la bidan Novel? Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.