Pepaya jadi Buah yang Melancarkan ASI, Bagaimana Faktanya?

Namun jangan jadikan ini buah yang satu-satunya dikonsumsi, ya!

11 Oktober 2021

Pepaya jadi Buah Melancarkan ASI, Bagaimana Faktanya
Pexels/anylane

Makanan sehat mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh. Mama yang tengah menyusui, mungkin bisa melihat manfaat yang diberikan dari buah pepaya. 

Buah berwarna oranye dengan daging berair dan manis ini mudah dicari di daerah tropis. Selain itu, harganya pun terjangkau dan selalu ada sepanjang musim. 

Selain kaya vitamin C, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral lainnya. Bahkan dikabarkan juga baik untuk ibu menyusui. 

Dirangkum Popmama.com, inilah manfaat buah pepaya untuk melancarkan ASI. 

1. Pepaya mentah bermanfaat melancarkan ASI

1. Pepaya mentah bermanfaat melancarkan ASI
Specialtyproduce.com

Dilansir dari Healthline, ada tradisi dari China dan Vietnam yang mengungkapkan bahwa pepaya hijau atau pepaya muda merupakan makanan yang sangat baik untuk ibu menyusui. 

Pepaya mentah dikonsumsi menjadi galactagogue atau makanan yang membantu untuk meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. 

Namun harus diingat, pepaya mentah ini berguna untuk ibu menyusui jika sudah dimasak, ya!

Editors' Picks

2. Sup pepaya muda dan ikan yang terkenal

2. Sup pepaya muda ikan terkenal
souperdiaries.com/NutritiousGreenPapayaSoup

Ditengok dari South China Morning Post, dikatakan bahwa banyak ibu dari Asia kerap diberikan sup pepaya ikan. 

Pepaya mentah yang diiris tipis berpadu dengan ikan laut serta herba yang baik untuk tubuh ini dianggap berhasil untuk menambah produksi ASI. 

Bukan tanpa alasan, pepaya mengandung zat besi dan vitamin A yang tinggi. Menurut studi dari tahun 2001 yang melibatkan perempuan yang rutin mengonsumsi 650 gr puree pepaya setiap harinya terlihat peningkatan vitamin A dan zat besi di tubuhnya. 

Sedangkan untuk ikannya sendiri tak terbatas pilihan. Kamu bisa menggunakan ikan laut seperti kakap, dori, jambal, atau ikan apapun yang memiliki daging tebal.

3. Kandungan pepaya yang baik untuk ibu menyusui

3. Kandungan pepaya baik ibu menyusui
Freepik/jcomp

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E, dan K yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang. Apalagi jika Mama baru saja melahirkan dan si Kecil sering terbangun di malam hari. 

Bukan tidak mungkin ketahanan tubuh akan menurun, Mama pun lebih mudah sakit. Mengonsumsi sup ikan pepaya atau buah pepaya itu sendiri bisa membantu tubuh mendapatkan vitamin cukup setiap harinya dan imun tubuh tetap terjaga sempurna. 

Selain itu, pepaya juga mengandung folat, magnesium, potassium, dan kalsium. Wah, baik sekali untuk tubuh!

4. Manfaat pepaya untuk ibu menyusui

4. Manfaat pepaya ibu menyusui
Freepik/freepik

Dilansir dari Healthline, pepaya memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya adalah menstabilkan level elektrolit di tubuh, meregulasi tekanan darah, meningkatkan energi, dan menjaga kesehatan jantung dan fungsi otot. 

Pepaya juga dikatakan mampu membantu pencernaan bekerja dengan baik. Mama yang sulit buang air besar setelah melahirkan bisa rutin mengonsumsi ini. 

Tak hanya ususmu yang sehat, namun berat badan pun jadi lebih terkontrol terutama pasca melahirkan. 

Meski memiliki segudang manfaat, Mama tetap perlu menyeimbangkan makanan dan minuman sehat sehari-hari. Dengan diet yang seimbang, tubuh lebih segar dan lidah pun takkan bosan dengan makanan yang itu-itu saja. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.