Air Ketuban Kering, Jadi Penyebab Aura Kasih Melahirkan Lebih Cepat

Selamat atas kelahiran anak pertamanya untuk Aura Kasih

17 Juni 2019

Air Ketuban Kering, Jadi Penyebab Aura Kasih Melahirkan Lebih Cepat
Instagram.com/aurakasih

Kabar bahagia datang dari Aura Kasih dan Eryck Amaral karena telah dikaruniai anak perempuan pada hari Minggu (16/6/2019). Berita ini sempat didapatkan dari beberapa sahabat yang mengunggah kabar bahagia atas kelahiran anak pertama keluarga ini. 

Usai penantian yang cukup panjang dengan melewati berbagai fase kehamilan, Aura Kasih akhirnya melahirkan anak pertama melalui proses persalinan caesar. Namun, beberapa orang di sosial media sempat mempertanyakan alasan kenapa Aura Kasih lebih cepat menjalani proses persalinan daripada tanggal yang diperkirakan sebelumnya.  

Untuk Mama yang ingin mengetahui kabar bahagia beserta alasan Aura Kasih melahirkan lebih cepat dari HPL (Hari Perkiraan Lahir), kali ini Popmama.com telah merangkum beritanya. 

Intip juga beberapa potret kebahagiaan dari Aura Kasih ya, Ma!

1. Doa Aura Kasih untuk kehadiran putri pertamanya 

1. Doa Aura Kasih kehadiran putri pertamanya 
Instagram.com/aurakasih

Selamat datang my princess. Jadilah anak yang berbakti, berakhlak yang baik, tinggi akan kesadaran terhadap Tuhan. 

Dunia memang tidak pernah menawarkan apa-apa untukmu, tetapi kami sebagai orangtua akan melakukan apapun untuk kebaikanmu dan kebahagiaanmu. 

Alhamdulillah ya Allah, hadiah terbesar dari-Mu.

Begitulah doa dari Aura Kasih yang baru saja resmi menjadi seorang orangtua baru. Ia ingin anaknya kelak bisa tumbuh menjadi pribadi yang positif untuk diri sendiri dan orang banyak. 

Usai melahirkan anak pertamanya lebih cepat dari waktu yang diperkirakan, Aura Kasih masih belum mengumumkan nama putri kecilnya. Bahkan para sahabat masih menyembunyikan wajah putri pertama Aura Kasih menggunakan berbagai stiker. 

Nantikan saja kabar terbaru dari Aura Kasih mengenai putrinya ya, Ma!

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Aura Kasih tanggapi komentar negatif usai persalinan

2. Aura Kasih tanggapi komentar negatif usai persalinan
Instagram.com/aurakasih

Kabar bahagia atas kelahiran anak pertama dari Aura Kasih justru menjadi perbincangan banyak orang. Beberapa di antaranya mempertanyakan usia kehamilan Aura Kasih yang belum 9 bulan, namun telah melahirkan putri pertamanya. 

Banyaknya opini publik yang beredar luar dan justru menggiring beragam informasi yang negatif, Aura Kasih pun akhirnya angkat suara. Melalui InstaStory pribadinya, Mama satu anak ini memberikan pernyataan atas komentar-komentar negatif usai selesai menjalani persalinan. 

Banyak yang nanya, baby ku emang belum 9 bulan. Jadwal lahiran masih 2 minggu lebih karena ketubannya udah kering dan pas di cek dokter ternyata udah bukaan 1, jadi baby harus di take out. 

Tapi alhamdulillah baby sehat. Terima kasih atas semua doanya. 

Dengan penjelasan yang dituliskan Aura Kasih, semoaga tidak ada lagi komentar negatif untuk keluarga kecilnya. Bahkan yang terpenting sekarang, Aura Kasih perlu fokus terhadap proses pemulihan pasca persalinan dan menciptakan bonding terhadap anak pertamanya. 

Baca juga: 

3. Mengenal penyebab air ketuban kering seperti yang dialami Aura Kasih

3. Mengenal penyebab air ketuban kering seperti dialami Aura Kasih
Instagram.com/aurakasih

Ma, perlu diketahui bahwa kondisi Aura Kasih yang mengalami ketuban kering dapat terjadi pada siapa saja. Dilansir dari American Pregnancy kasus air ketuban yang terlalu sedikit juga bisa dipicu oleh beberapa faktor risiko, seperti: 

  • Ibu hamil seringkali mengonsumsi obat-obatan tertentu. 
  • Usia kehamilan sudah melewati batas normal, sehingga menurunkan fungsi dan kinerja plasenta yang semakin membuat cairan ketuban rendah.
  • Berkurangnya air ketuban di dalam kandungan bisa dikarenakan kebocoran atau dinding ketuban yang pecah, sehingga cairan ketuban banyak keluar dari rahim.  
  • Timbulnya masalah pada plasenta, sehingga berdampak buruk karena plasenta tidak dapat memberikan asupan nutrisi yang cukup baik untuk janin dalam kandungan. 
  • Terjadi masalah terhadap perkembangan saluran kemih atau organ ginjal janin dalam kandungan, sehingga produksi air seninya menjadi lebih sedikit. Hal inilah yang membuat cairan ketuban menjadi semakin berkurang. 

Air ketuban yang semakin sedikit memungkinkan terjadinya kegagalan plasenta atau gangguan terhadap perkembangan janin. Air ketuban dikatakan kurang jika volumenya kurang dari 500 mL pada usia kehamilan 32-36 minggu. 

Demi menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan, air ketuban yang sedikit disarankan untuk melakukan persalinan dengan operasi caesar. Jika kandungan sudah cukup bulan, maka persalinan dapat segera dilakukan sebelum menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan. 

Itulah penjelasan mengenai sedikitnya air ketuban yang bisa terjadi pada semua ibu hamil, termasuk Aura Kasih sebelum melahirkan anak pertamanya. Semoga informasi ini bisa memperbanyak pengetahuan baru selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Sekali lagi, selamat untuk Aura Kasih atas kelahiran anak pertamanya! 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;