5 Artis Ini Pernah Bermasalah dengan Air Ketuban Jelang Persalinan

Selalu ada perjuangan di setiap proses persalinan ya, Ma!

4 Mei 2020

5 Artis Ini Pernah Bermasalah Air Ketuban Jelang Persalinan
Instagram.com/aurakasih/asri_welas

Kelahiran anak menjadi momen yang paling dinantikan oleh semua orangtua, namun untuk bertemu dengan si Kecil dibutuhkan perjuangan yang besar. 

Sama seperti perempuan lain yang berjuang ketika melahirkan, beberapa artis pun memiliki cerita dan kisahnya tersendiri selama proses persalinan. Bahkan di antara mereka ada yang pernah bermasalah dengan air ketuban ketika menjelang hari-hari persalinan. 

Beberapa nama artis seperti Asri Welas, Moa Aeim, Aura Kasih, istri Irfan Hakim dan Ryn eks Cherrybelle memiliki cerita panjang dan kisah mengharukan sendiri saat menanti kelahiran si Kecil. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita beberapa artis yang pernah bermasalah dengan air ketuban menjelang proses persalinan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

1. Asri Welas air ketubannya terlalu sedikit

1. Asri Welas air ketuban terlalu sedikit
Instagram.com/asri_welas

Perjuangan Asri Welas untuk melahirkan putra ketiganya yang bernama Renzo Gibrar Ridharaharja memang penuh dengan perjuangan. 

Sebelum melahirkan, Asri Welas sempat mengunggah sebuah video di Instagram. Di video tersebut, Asri terlihat sedang menangis sekaligus meminta doa kepada warganet agar proses persalinan anak ketiganya bisa berjalan lancar. 

Melalui video tersebut Asri mengatakan bahwa dirinya harus melahirkan lebih cepat dibandingkan HPL (Hari Perkiraan Lahir) yang seharusnya yaitu pada tanggal 29 April 2019. 

Bahkan sebelumnya Asri juga bercerita bahwa ia sempat mengalami kekurangan zat besi di kehamilannya kali ini. Selain itu, berat badannya menurun daripada saat sebelum hamil dan dirinya perlu banyak minum air putih karena jumlah air ketuban yang terlalu sedikit. 

Meskipun harus maju dari 2 minggu dari HPL, pada 15 April 2019 lalu Asri dan Gibrar bisa sama-sama berjuang bersama serta dalam keadaan sehat. 

Salut dengan perjuangan Asri Welas! 

Editors' Picks

2. Aura Kasih air ketubannya kering 

2. Aura Kasih air ketuban kering 
Instagram.com/aurakasih

Pada bulan Juni 2019 lalu, Aura Kasih dan Eryck Amaral dikaruniai anak perempuan bernama Arabella. 

Ketika itu, proses persalinan anak pertamanya terjadi lebih cepat daripada tanggal yang telah diperkirakan sejak awal. 

Melalui InstaStory pribadinya, Aura memberikan penjelasan bahwa ada faktor yang menyebabkan persalinannya terjadi lebih cepat. Hal ini dikarenakan kondisi air ketuban yang sudah mulai kering. 

Banyak yang nanya, baby-ku emang belum 9 bulan. Jadwal lahiran masih 2 minggu lebih karena ketubannya udah kering dan pas di cek dokter ternyata udah bukaan 1, jadi baby harus di take out

Tapi alhamdulillah baby sehat. Terima kasih atas semua doanya. 

Air ketuban kering selama masa kehamilan memang seringkali terjadi dan dapat berbahaya untuk si Kecil. Secara medis, air ketuban yang sedikit atau bahkan kering, disarankan untuk melakukan persalinan dengan operasi caesar apalagi bila sudah cukup bulannya untuk dilahirkan. 

3. Ryn Eks Cherrybelle air ketubannya merembes tanpa bau

3. Ryn Eks Cherrybelle air ketuban merembes tanpa bau
Instagram.com/xxrynisme

Ryn salah satu mantan personel Cherrybelle juga memiliki cerita tersendiri mengenai proses persalinan anak keduanya. Anak perempuan bernama Runa Elysia Christian lahir dari seorang Mama yang begitu luar biasa. 

Melalui Instagram pribadinya, Ryn sempat bercerita mengenai perjuangan ketika menjalani proses persalinan. 

Beberapa hari sebelum melahirkan anak keduanya, Ryn mengaku merasakan rembesan air bening tanpa bau. Di awal, dirinya cukup santai karena tidak mengira bahwa rembesan air ketuban tersebut merupakan air ketuban. 

"Kayak air putih biasa aja gitu jadi ya, aku santai aja karena bukan air ketuban. Katanya kalau air ketuban itu baunya kayak bayclean," kata Ryn. 

Di hari selanjutnya, Ryn  mengalami flek darah dengan warna yang cokelat. Meskipun ada flek, namun diakui Ryn melalui ceritanya di Instagram kalau tidak ada rasa mulas sama sekali. 

Besoknya ketika dibawa ke rumah sakit dan menuju ruang bersalin, saat dilakukan pemeriksaan ternyata sudah mengalami pembukaan 4-5. 

Dari ruang bersalin ke ruang praktek dokter dulu buat di USG dan di cek pembukaan lagi sama dokter dan langsung maju ke bukaan 5-6. Lalu masuklah lagi menunggu pembukaan-pembukaan selanjutnya yang terhitung cepet banget dan tetap menyakitkan ya bukibuk pabapak. Bohong kalau bilang nggak sakit.

Perlu Mama ketahui bahwa kasus Ryn ini bisa terjadi pada semua ibu hamil. Cairan ketuban bisa saja keluar kapan saja dari vagina dalam kondisi apapun tanpa ada prediksi tertentu. Bahkan cairan ketuban dapat merembes keluar saat sedang duduk, berjalan, atau sedang berbaring. 

Cairan ketuban bisa merembes karena sedang menyiapkan proses persalinan.

Kondisinya bisa saja berbeda-beda pada setiap ibu hamil, sehingga penyebabnya belum bisa dipastikan.

4. Istri Lee Jeong Hoon air ketubannya pecah dan hampir habis

4. Istri Lee Jeong Hoon air ketuban pecah hampir habis
Instagram.com/leejeonghoon

Perjuangan Moa Aeim istri dari Lee Jeong Hoon juga tidak kalah mengesankan saat melahirkan si Kecil bernama Kyra. 

Seperti yang Mama ketahui bahwa setelah melahirkan Kimora Amber Lee pada 5 Mei 2018, kini keluarga Lee Jeong Hoon kembali diberikan kabar bahagia karena sang Istri telah melahirkan anak keempat. 

"Terima kasih Tuhan. Puji Tuhan baby Kyra, anak saya yang keempat menjadi anggota baru keluarga kami yang baru. Saya memperkenalkan kepada teman-teman. Nggak nyangka dirimu bisa menjadi anak Appa yang sangat sederhana dan banyak kurangnya. Meskipun Appa nggak bisa kasih kamu rumah super mewah dan pesawat. Tapi Appa akan selalu jadi pendukung dirimu anakku baby Kyra sampai kapanpun aku akan selalu cinta dan sayang pada dirimu," ucap Lee. 

Kyra Blair Joy Lee lahir pada 5 July 2019 pukul 11.15 WIB di Brawijaya Women & Children Hospital. Melalui YouTube pribadinya, Lee sempat menjelaskan bahwa nama anak keempatnya memiliki arti sebagai karakter setia yang membawa terang dan kemakmuran dalam semua pergumulan. 

"Bayinya ingin keluar lebih awal karena ketubannya pecah dan relatif sudah hampir habis," jelas dokter yang sempat di wawancarai Lee. Kondisi Moa yang air ketubannya sudah habis membuat kelahiran si Kecil menjadi lebih cepat dari yang diperkirakan. 

Meskipun begitu, hal yang terpenting yakni kondisi Kyra dan sang Mama tetap sehat serta seluruh proses bisa berjalan dengan lancar.

5. Istri Irfan Hakim air ketubannya berwarna hijau  

5. Istri Irfan Hakim air ketuban berwarna hijau  
Instagram.com/irfanhakim75

Cerita kelahiran anak kelima Irfan Hakim ini sempat diabadikan oleh Irfan dalam sebuah video di channel YouTube pribadinya bernama deHakims. 

Video berdurasi 34 menit ini menceritakan awal-awal pembukaan hingga bertemu langsung dengan putranya yang bernama Dzaki. 

Anak kelimanya ini lahir di tengah bulan Ramadan yakni pada Sabtu (25/5/2019) lalu. Air ketuban sang Istri sempat pecah, sehingga harus langsung dibawa ke rumah sakit. 

Berdasarkan cerita dari Irfan di video pribadinya, berat bayi anak kelima ini saat masih di dalam kandungan sudah mencapai 3,3 kilo gram. Namun, kondisinya sempat 3 kali terlilit tali pusar di bagian lehernya.

Awalnya istri dari Irfan ingin sekali melahirkan secara normal, namun kondisi kesehatan bayi dalam kandungan berkata lain. 

"Jadi tadi CTG. Saat CTG tiap kontraksi, jantung adek bayinya melemah karena terlilit tali pusar sampai 3 kali. Tiap kontraksi tampak mengencang, tercekik berkali-laki. Akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan caesar saja," jelas Irfan yang menjelaskan detik-detik sebelum istrinya melakukan operasi.

Selain itu, akibat terlilit tali pusar, cairan air ketuban pun sempat berwarna hijau. 

"Ini salah satunya dikarenakan terlilit tali pusar sampai 3 lilitan dan tadi juga ketika di CTG, setiap kontraksi kemudian terjadi sesak. Denyut jantungnya menurun, akhirnya mungkin dari situ stres. Ketubannya sampai hijau karena bayinya sudah sampai pup terus menerus di dalam kandungan. Jadi pas ketuban pecah pun keliatan sekali berwarna hijau. Di khawatirkan cairan ketubannya ini masuk ke paru-paru. Dari semua anak yang lahir, ini yang agak unik," jelas Irfan. 

Itulah beberapa cerita dari proses persalinan para artis tanah air yang sempat bermasalah dengan air ketuban jelang persalinan. 

Semoga semua yang sedang menanti kehadiran si Kecil bisa terus sehat, sekaligus siap secara mental dan fisik ketika menghadapi proses persalinan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.