12 Cerita Paula & Baim Wong dari Keguguran Hingga Persalinan Pertama

Selamat atas kelahiran anak pertamanya Paula Verhoeven dan Baim Wong!

28 Desember 2019

12 Cerita Paula & Baim Wong dari Keguguran Hingga Persalinan Pertama
Instagram.com/childbirthphotography

Paula Verhoeven dan Baim Wong sedang berbahagia di penghujung tahun 2019 ini. Tepat di tanggal 27 Desember, Paula melahirkan anak pertamanya yang seringkali disebut sebagai BaPau Junior dan Tiger Wong. 

Usai Baim Wong mengunggah sebuah video di channel YouTube Baim Paula berjudul "Alhamdulilah Semua Berjalan dengan Lancar. Baby Tiger Wong Sehat dan Cakep", Paula pun mengunggah foto hasil jepretan dari Child Birth Photography milik Diera Bachir. 

"Welcome to the world anakku sayang @bapau_junior 27 Desember 2019," tulis Paula pada unggahannya bersama si Kecil. 

Walau belum diumumkan nama anak pertama dari pasangan ini, namun Popmama.com telah merangkum beberapa kisah suka duka kehamilan pertama dari Paula. 

Simak juga proses pendampingan Baim Wong di berbagai cerita kehamilan dari Paula yuk, Ma!

1. Paula sempat mengalami keguguran di kehamilan sebelumnya

1. Paula sempat mengalami keguguran kehamilan sebelumnya
Instagram.com/paula_verhoeven

Keguguran menjadi salah satu hal yang paling ditakuti, sehingga semua ibu hamil berusaha untuk menjaga kondisi kandungannya agar tetap sehat. 

Melalui video yang diunggah Baim Paula berjudul "Cerita Sebenarnya Dibalik Munculnya BaPau Junior", keduanya menuliskan sebuah pernyataan bahwa memang benar kalau Paula sempat mengalami keguguran. 

Sebenarnya banyak cerita yang nggak mungkin kita ceritain. Karena itu adalah privasi kami berdua atau menjaga keadaan istri saya, bukannya kita tidak mau menerima media untuk meliput, tetapi nggak lain hanya untuk menjaga kondisi psikis istri saya. Memang betul awalnya Paula keguguran. 

"Sekarang kamu akan dikasih obat karena sempat ada riwayat sebelumnya. Maka hari ini akan ada obat untuk penguat," ucap dokter. 

Dokter pun menyarankan untuk mengurangi aktivitas pekerjaan menjadi model yang memicu terjadinya keguguran karena sering menggunakan sepatu hak tinggi. Karena semakin banyak aktivitas yang dilakukan oleh ibu hamil, maka energinya tidak akan sampai  janin. 

"Karena kita di posisi, kita sedih tapi harus tegar, begitu dibilang nggak ada (Paula) langsung nangis. Nggak tega lah saya, karena bagi perempuan itu istilahnya bayinya kan meninggal. Jadi yang dirasain seorang ibu dan itu berlangsung berminggu-minggu," ujar Baim Wong pada awak media.

Menurut Baim, penyebab keguguran Paula dikarenakan oleh intensitas naik pesawat yang terlalu sering saat honeymoon. Baim pun saat itu tak menyadari bahwa istrinya tersebut sedang mengandung. Sebagai suami, dirinya hanya bisa berusaha menghibur dan menguatkan sang Istri.

2. Baim dan Paula kompak mengumumkan berita bahagia

2. Baim Paula kompak mengumumkan berita bahagia
Instagram.com/chikajessica88

Berkat keikhlasan mereka atas kegagalan yang pernah dialami, beberapa bulan setelah Paula pun kembali positif hamil. 

Kabar kehamilan Paula Verhoeven, istri dari Baim Wong sudah resmi diumumkan. Keduanya sempat melakukan wawancara secara langsung oleh salah satu E-Commerce di Indonesia sekaligus mengumumkan kehamilan dari Paula. 

Sebelumnya, Baim sempat memberikan sebuah kejutan romantis untuk Paula dengan menghias kamar mereka dengan banyak bunga. Sebagai sosok suami yang usil, Baim juga memberikan sebuah hadiah berupa test pack kepada Paula untuk membuktikan dirinya hamil atau tidak. 

Setelah warganet di media sosial sempat heboh dan menanti hasil test pack dari Paula, akhirnya pasangan ini benar-benar mengumukan kehamilan anak pertama mereka pada (10/5/2019).

"Alhamdulillah senangnya ternyata kak Paula Verhoeven positif hamil #BaPauOteweMomAndDad. Keep healty and happy ya kak Paula," tulis Chika Jessica di salah satu unggahan fotonya. 

Selain pengumuman kehamilan Paula ini disiarkan secara langsung, keduanya pun membuat satu video di channel YouTube Baim Paula. Video yang berjudul "Cerita Sebenarnya Dibalik Munculnya BaPau Junior"

Terkait kehamilan sang Istri, Baim meminta doa dari masyarakat agar kondisi Paula dan anak pertama mereka selalu dalam keadaan sehat. 

"Mudah-mudahan sehat terus, doain ya. Karena awalnya kita juga pernah keguguran, itu rasanya nggak enak banget. Kasihan Paulanya dan saya juga jadi kepikiran," ucap Baim usai jumpa pers film Bebas di Fx Sudirman pada Rabu (14/8/2019).

3. Paula ngidam buah-buahan di kehamilan minggu ke-17, termasuk buah sukun

3. Paula ngidam buah-buahan kehamilan minggu ke-17, termasuk buah sukun
instagram.com/baimwong

Fase ngidam seolah tidak bisa ditawar dan harus dilalui selama jalannya proses kehamilan, bahkan akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi pasangan suami istri. Terlebih untuk ibu hamil yang termasuk ke dalam kategori ngidam unik atau aneh. 

Sama seperti ibu hamil lainnya, Paula tidak akan pernah lepas dari fase-fase ngidam. Namun, perlu diingat bahwa fase ngidam yang terjadi pada ibu hamil tentu berbeda-beda. 

Di usia kehamilan Paula yang masuk minggu ke-17, Paula sempat mengidam beberapa buah-buahan seperti mangga dan sukun. 

ika Mama sering menonton YouTube channel dari Baim Paula pasti akan menemukan sebuah video berjudul "Gara-Gara Paula Ngidam, Semua Orang Ngirim Sukun ke Rumah", Paula di video ini dikirimkan banyak buah sukun agar memenuhi rasa ngidamnya. Selain itu, Baim di videonya yang lain juga sempat membelikan buah mangga di pasar untuk memenuhi rasa ngidam dari istrinya. 

Sebagai seorang suami, Baim berusaha memberikan yang terbaik untuk memenuhi semua ngidam dari Paula. Apalagi ngidam yang diminta Paula sejauh ini lebih ke arah buah-buahan, sehingga memberikan banyak nutrisi untuk tubuh.

4. Paula punya pengalaman suka duka babymoon di Spanyol karena dirinya sempat bertengkar dengan Baim 

4. Paula pu pengalaman suka duka babymoon Spanyol karena diri sempat bertengkar Baim 
Instagram.com/baimwong

Babymoon memang bisa dijadikan salah satu momen yang dapat menghibur suasana hati selama masa kehamilan. Setiap ibu hamil yang melakukan babymoon tentu memiliki cerita tersendiri, termasuk pasangan Baim dan Paula. 

Saat ditemui di peluncuran trailer dan poster dari Film Bebas, Baim Wong menceritakan kalau dirinya dan Paula akan berangkat dipertengahan bulan Agustus ke Spanyol untuk babymoon. 

"Pergi ke Spanyol ini permintaan dari Paula karena saya syuting itu hampir empat bulan dari jam 9 pagi sampai jam 12 malam. Selalu nggak ketemu sama Paula. Jadi, ini salah satunya permintaan Paula juga karena Paula nggak pernah sama saya dari kemarin," ucap Baim usai jumpa pers film Bebas di Fx Sudirman pada Rabu (14/8/2019).

Paula dan Baim sempat mengujungi beberapa tempat seperti Time & space ibiza hingga mengeksplorasi Mestalla Stadium. Namun, saat berada di Spanyol pasangan ini sempat tidak berbicara satu sama lain selama dua hari. 

Melalui obrolan bersama Armand Maula pada sesi obrolan #Kumaha di YouTube, pemicu pertengkaran saat babymoon tersebut karena Paula merasa Baim masih saja tetap kerja bersama timnya untuk membuat konten video. Sebagai seorang istri, Paula ingin Baim memiliki porsi tersendiri dalam bekerja dan arusan keluarga. 

Paula di Instagram pribadinya pun sempat mengunggah sebuah cerita mengenai perjalanan kisah cinta mereka selama bersama. Menurutnya, menyatukan dua hati menjadi membutuhkan sebuah proses. 

9 bulan kita bareng mungkin orang-orang hanya tau kecerian kita keromantisan kita, tetapi dibalik kamera kita pasangan normal yang ada berantem-berantem, drama, dll. Menyatukan dua hati jadi satu itu membutuhkan proses yang panjang dan challenging, apalagi karakter kita berdua yang sama-sama kuat. Aku sangat sadar, I’m not easy to deal with, neither do you. Plus ego masing-masing.

Jalan satu-satunya, salah satu harus ada yang mengalah, saling mengisi, saling menyayangi. 

Makasih ya sayang sudah jadi suami terbaik buat aku. I love you

5. Pertambahan usia menjadi 32 tahun, Paula banjir kejutan dari Baim Wong

5. Pertambahan usia menjadi 32 tahun, Paula banjir kejutan dari Baim Wong
Instagram.com/paula_verhoeven

Pertambahan usia Paula Verhoeven yang berusia 32 tahun tepat di tanggal 18 September 2019 lalu banjir kejutan dari Baim Wong. Tidak hanya memberikan waktu luang untuk sang Istri, Baim pun memberikan 3 kejutan sekaligus untuk Paula. 

Hal ini diberikan karena ingin melihat istrinya bahagia, Baim pun saat itu tidak sabar untuk memberikan hadiah lahiran untuk Paula lebih awal daripada yang telah direncanakan.  

Sebagai seorang suami, Baim memberikan sebuah kado ulang tahun spesial yang pertama berupa gelang bertahtakan berlian. Awalnya Paula diajak oleh Baim ke toko perhiasan sekaligus bertanya apakah sang Suami sudah mempersiapkan hadiah untuknya atau belum. 

"Jadi kamu belum belikan aku hadiah?" tanya Paula. 

"Belum," jawab Baim. 

Sempat menutupi hadiah yang ingin diberikan kepada sang Istri, Baim pun memberikannya sebagai hadiah pertama untuk Paula. 

Sebelumnya, Paula tidak ingin suaminya membelikan gelang tersebut karena terlalu mahal. Menurut Paula daripada membeli gelang berlian yang ada di toko perhiasan, dirinya lebih memilih untuk dibelikan mata berlian saja sebagai salah satu bentuk investasi.

Dalam video tersebut, Paula mengatakan bahwa dirinya sempat curiga kepada sang Suami karena beberapa hari lalu, Baim menanyakan mengenai gelang yang dipakainya.

"Tiga hari yang lalu, Baim nanyain gelang. Aku juga curiga karena jarang sekali Baim menanyakan barang-barang yang aku pakai. Makanya tumben banget ini orang nanya-nanya mengenai gelang," kata Paula.

Usai memberikan hadiah pertama, kejutan lain pun sudah dipersiapkan oleh Baim yaitu makan malam bersama orang-orang yang sayang dengan Paula. Baim berpura-pura mengajak Paula untuk pergi ke sebuah restoran dan kejutan kedua pun dimulai. 

Paula tidak tahu jika kalau di restoran tersebut sudah berkumpul keluarga dan beberapa teman artis seperti Nagita Slavina, Nadine Chandrawinata, Wulan Guritno hingga Nenek Iro. Demi membahagiakan sang Istri di hari ulang tahunnya, Baim mengumpulkan orang-orang yang begitu sayang dengan Paula untuk membuat sebuah pengalaman indah. 

Kejutan makan malam sebagai hadiah kedua pun bukan akhir untuk Baim membahagiakan Paula. Baim pun memberikan sepasang anting di akhir video sambil memasangkannya untuk istri tercinta. 

Jika Mama menonton video yang diunggah di channel YouTube berjudul "Dan Ternyata Baim Masih Menyimpan Hadiah Terakhir untuk Paula" terlihat kalau Paula mendapatkan banyak kue dan berbagai hadiah. Ada banyak cinta yang diberikan untuk Paula, termasuk dari sang Suami. 

Setelah memberikan sebuah gelang berlian seharga Rp 300 juta, Baim pun kembali memberikan gelang mewah untuk istri tercinta. 

"Tadinya gelang ini mau buat lahiran anak biar irit," ucap Baim. 

Awalnya Baim ingin memberikan gelang tersebut pasca lahiran sebagai sebuah hadiah, tetapi karena momennya sedang cocok dan ingin memberikan banyak kebahagiaan untuk Paula. Akhirnya Baim pun lebih awal memberikan gelang mewah sebagai hadiah lahiran. 

Bisa dibayangkan betapa bahagianya Paula dengan berbagai kejutan yang diberikan oleh Baim ya, Ma. 

Editors' Picks

6. Paula merasa bahagia mendapatkan kesempatan untuk umrah saat hamil

6. Paula merasa bahagia mendapatkan kesempatan umrah saat hamil
Instagram.com/paula_verhoeven

Saat menantikan kelahiran anak pertamanya, Baim dan Paula sempat menjalani umrah. Keberangkatan pasangan ini ke Tanah Suci dilakukan pada Minggu (6/10/2019) bahkan keduanya sempat membagikan momen-momen aktivitas serta pengalamannya selama beribadah. 

"Alhamdulillah semoga Allah kasih kesempatan kita untuk ke sini lagi ya sayang. Amin yra," tulis Paula. 

Walau sedang hamil, Paula merasa bahagia mendapatkan kesempatan untuk umrah bersama suami dan si Kecil yang berada di dalam perut. Sebagai calon orangtua, keduanya berdoa untuk buah hati pertamanya agar tetap sehat hingga proses persalinan. 

Bahkan Baim dan Paula sempat melakukan foto maternity berlatar Ka'bah nih, Ma. 

Gemas sekali ya!

7. Menggelar acara tujuh bulanan kental dengan adat Jawa 

7. Menggelar acara tujuh bulanan kental adat Jawa 
Instagram.com/paula_verhoeven

Baim dan Paula menggelar acara 7 bulanan alias Mitoni pada Sabtu (19/10/2019) di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Tak hanya digelar megah, tradisi yang menggunakan adat Jawa ini pun disiarkan secara langsung di salah satu stasiun TV nasional.

Dalam acara tersebut, pasangan ini harus menjalani beberapa tradisi seperti prosesi siraman, prosesi memecah kendi yang artinya menentukan apakah bayi laki-laki atau perempuan, prosesi cocok-cocokan sehingga Paula harus berganti kebaya sebanyak 7 kali, prosesi suap2an dan jualan dawet hingga rujak. 

Banyaknya tradisi yang perlu dijalani oleh Baim dan Paula di upacara ini karena dirasa harus menghargai kebudayaan dan leluhur. 

"Family is everything. Mereka rela sabar dari pagi sampai selesai untuk menyaksikan prosesi adat Mitoni," tulis Paula pada salah satu unggahannya. 

8. Paula dan Baim nostalgia bersama boneka mampang

8. Paula Baim nostalgia bersama boneka mampang
Instagram.com/baimwong

Mengabadikan momen kehamilan melalui foto maternity termasuk salah satu cara yang menyenangkan untuk dilakukan oleh para calon orangtua. Usai menggelar acara 7 bulanan yang disiarkan di salah satu stasiun TV, Baim Wong dan Paula Verhoeven pun mengunggah sebuah foto maternity bersama boneka mampang. 

Boneka mampang tentu tidak asing lagi untuk banyak orang apalagi sosoknya yang terlihat berkepala besar dan sering muncul di beberapa lampu merah di jalanan.

Kehadiran boneka mampang pun mulai diketahui ketika terdengar sebuah musik yang diputar cukup keras, lalu boneka berkepala besar itu menari untuk mencari rezeki dengan mengamen sekaligus  menghibur orang-orang di jalan. 

Hadirkan dua kepala boneka mampang di salah satu foto maternity dari Baim dan Paula tentu menuai banyak pertanyaan warganet.

Untuk sebagian orang seperti anak-anak, kehadiran boneka mampang tak jarang membuatnya takut karena terlihat berwajah seram. Namun, bagi Baim dan Paula kehadiran boneka justru berarti untuk hidup keduanya. Pasalnya Baim yang sempat menjabat sebagai presiden jomblo tanah air ini sempat melamar Paula menggunakan kostum boneka mampang. 

Baim rela membawa kostum boneka berkepala besar yang diberi nama Coki dari Jakarta menuju Pulau Dewata untuk memberikan kejutan untuk Paula saat masih menjadi seorang kekasih. Dalam video yang diunggah Baim di Instagram, dirinya terlihat berjoget di pinggir jalan kota Bali dengan menggunakan boneka mampang. 

Jika diperhatikan hingga akhir video, Paula yang sedang menikmati matahari terbenam di pinggir pantai tiba-tiba terkejut dengan kehadiran Baim dengan kostum boneka mampang di sampingnya. Baim pun berlutut dihadapan Paula sekaligus memberikan sebuah cincin untuk melamar Paula. 

Bermula dari momen melamar itulah, boneka mampang menjadi salah satu sejarah untuk perjalanan cinta dari Baim dan Paula.

Kisah perjalanan mereka yang berhubungan dengan boneka mampang pun pada akhirnya diabadikan dalam sebuah foto maternity. Cara keduanya yang unik dan berbeda dari pasangan seleb lainnya tentu akan menjadi cerita menarik di dalam kehidupan Baim dan Paula. 

9. Saat hamil, Paula memahami 1 tahun pernikahan bersama Baim Wong

9. Saat hamil, Paula memahami 1 tahun pernikahan bersama Baim Wong
Instagram.com/paula_verhoeven

Banyak yang bilang tahun pertama pernikahan adalah paling sulit, itulah yang kita lakukan dalam ujian selama setahun ini. Untuk saling belajar karakter masing-masing, saling mengalah dan saling mengisi satu sama lain. 

Tetapi setelah belajar dan memahami lebih banyak tentang satu sama lain sebagai individu, kita akhirnya belajar apa yang terbaik untuk kita bersama.

Rasa ungkapan dari Paula tersebut sempat dibagikan melalui Instagram pribadinya. Dari pernikahan yang sudah dijalani satu tahun sejak 22 November 2018 lalu, Paula mengatakan bahwa pernikahan bukanlah sekedar kebahagiaan yang dijalani sepanjang waktu saja. 

"Sisi lainnya adalah kompromi, saling berbagi, menerima kekurangan satu sama lain dan selalu bersyukur, berdoa sama Allah pasti Allah akan selalu melindungi dan menjaga kita Amin. Happy 1 year anniversary sayang and forever to go, love you!" tulis Paula pada salah satu unggahan foto pernikahannya bersama sang Suami. 

Di pernikahannya yang pertama ini, Baim dan Paula masih menanti kelahiran anggota baru di keluarga mereka. Namun, saat ulang tahun pernikahan mereka yang kedua nanti pasangan ini sudah kehadiran si Kecil. 

10. Paula meluangkan waktunya untuk menjalani olahraga

10. Paula meluangkan waktu menjalani olahraga
Instagram.com/paula_verhoeven

Selain menjaga pola makan, ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin berolahraga ringan karena berpengaruh dalam mengoptimalkan kesehatan diri sendiri serta janin. 

Paula pun menjalani olahraga ringan saat menjalani kehamilan trimester ketiga. Calon orangtua baru ini menjalani olahraga yoga disela-sela rutinitasnya. 

"Kata siapa kalau lagi hamil nggak boleh olahraga? Justru wajib lho. Bisa bikin daya tahan tubuh kita bagus selama hamil, melancarkan persalinan dan yang paling penting untuk menjaga bentuk tubuh tetap ideal," kata Paula. 

Dilansir Web MD, sebuah penelitian juga mengatakan bahwa ibu hamil yang rutin menjalani yoga mampu membantu proses persalinan menjadi lebih mudah dan singkat. 

Jika Mama ingin mencoba mengikuti olahraga yang dijalani oleh Paula, maka tidak ada salahnya untuk bergabung ke kelas yoga hamil untuk belajar fokus menjalani relaksasi dan teknik pernapasan lain. 

Perlu diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan saat yoga tentu akan sangat berguna ketika menghadapi proses persalinan.

Meskipun begitu, perlu diingat karena kondisi setiap ibu hamil berbeda-beda dan tidak dapat disamakan begitu saja. Untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan, maka sebaiknya tetap perlu berkonsultasi kepada dokter apalagi jika ada rasa nyeri atau kram di bagian perut usai melakukan yoga. 

11. Melakukan foto maternity dengan beberapa fotografer profesional

11. Melakukan foto maternity beberapa fotografer profesional
Instagram/dierabachir

"Akhirnya punya juga foto maternity. Udah nggak sabar nungguin kelahiran @bapau_junior," tulis Paula di salah satu unggahan foto Instagram pribadinya. 

Melalui vlog pribadinya di sebuah video berjudul "Pinjam Baju Gigi, Masuk Kamar Raffi. Nyamar Jadi Mamahnya Rafathar #No Clickbait, No Settingan", Baim menyebutkan kalau HPL istrinya tinggal menghitung hari dan akan jatuh di tanggal 25 Desember. Hari-hari yang dijalani oleh Paula dan Baim pun semakin membahagiakan karena keduanya akan resmi menjadi orangtua. 

Sebelum persalinan, Paula dan Baim melakukan foto maternity menggunakan jasa fotografer profesional. Pasangan ini menggunakan dua fotografer yakni Wong Sim dan Diera Bachir dengan konsep yang berbeda. 

Melalui tagar #36weekspregnant sebuah hasil bidikan foto dari Diera Bachir pun diunggah oleh Paula.  

Dalam fotonya yang begitu mesra dengan sang Suami, Paula menggunakan hiasan kepala seperti mahkota bunga. Dress warna cream dengan aksen brukat warna biru, merah jambu dan ungu semakin membuat Paula terlihat memukau.

Pada beberapa foto yang diunggah oleh Diera Bachir sebagai fotografer pun mempelihatkan saat Baim memegang hangat perut istrinya. Pose ini seolah-seolah mereka berdua sedang berinteraksi dengan si Kecil walau sedang berada di dalam perut. 

12. Paula melahirkan anak laki-laki di penghujung tahun 2019

12. Paula melahirkan anak laki-laki penghujung tahun 2019
Youtube.com/Baim Paula

Penghujung tahun 2019 ini semakin membuat Baim dan Paula bahagia karena anak pertama mereka telah lahir. Si Kecil berjenis kelamin laki-laki yang seringkali disebut BaPau Junior atau Tiger Wong akhirnya lahir ke dunia. 

Melalui video di channel YouTube Baim Paula berjudul "Alhamdulilah Semua Berjalan dengan Lancar. Baby Tiger Wong Sehat dan Cakep", ada banyak komentar dari para warganet. Bahkan video tersebut pun telah menjadi video trending di urutan ke-3. 

Seperti yang Mama ketahui bahwa, Baim membuat beberapa konten di channel YouTube menjelang kelahiran anak pertamanya. Dalam video yang terakhir ketika Paula menjalani proses persalinan, Baim diberikan wejangan dari dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A, MARS sebagai seorang dokter spesialis anak menjelaskan mengenai pentingnya skin to skin contact serta proses inisiasi menyusui dini (IMD). 

Baim yang memerhatikan dokter pun belajar mengenai skin to skin contact. Perlu diketahui bahwa dengan bayi yang dengan diletakkan di atas dada orangtuanya dalam keadaan terbaring, si Kecil dapat bersentuhan kulit secara langsung.

Kontak kulit yang dilakukan Baim dan anak pertamanya ini juga sangat berguna untuk mereka berdua. Si Kecil bisa meningkatkan kualitas tidurnya, mengurangi perasaan stres hingga menjaga pengaturan suhu tubuh.

Itulah beberapa cerita perjuangan suka duka dari Paula di kehamilan pertamanya. 

Selamat lagi, selamat atas kelahiran anak pertamanya untuk Paula Verhoeven dan Baim Wong!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.