Kenali 7 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

Selama ASI eksklusif perlu makan makanan ini ya, Ma!

12 Mei 2019

Kenali 7 Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB
Unsplash/Khamkhor

Masalah sembelit pada termasuk salah satu masalah yang sering terjadi ya, Ma. Akibatnya feses sulit dikeluarkan hingga berhari-hari, bahkan bisa lebih lama. 

Maka dari itu selama memberi ASI eksklusif kepada bayi selama 6 bulan, Mama perlu mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang. Perlu disadari juga bahwa frekuensi buang air besar (BAB) akan semakin meningkat ketika si Kecil sudah menginjak usia lebih dari 6 minggu. 

Jika Mama ingin membantu BAB si Kecil lebih lancar, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa rekomendasi asupan makanan bernutrisi. 

Coba diterapkan yuk, Ma!

1. Apel 

1. Apel 
Pexels/Pixabay

Apel termasuk salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh Mama selama memberikan ASI eksklusif. Kandungan buah apel yang mengandung kalium serta asam organik dapat bermanfaat untuk membuat feses si Kecil lebih lunak. 

Bahkan konsumsi apel selama menyusui dapat membantu bayi mengurangi lemak jahat dan melancarkan buang air besar. 

Baca juga: 6 Jenis Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas

2. Pepaya

2. Pepaya
healthandmindcare.com

Seperti yang Mama ketahui bahwa buah mengandung nutrisi baik selama proses menyusui. Nutrisi yang dikonsumsi akan masuk ke dalam ASI dan akan diminum oleh si Kecil. 

Pepaya bisa menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh Mama saat memberikan ASI eksklusif. Selain mengandung antioksidan dan mempercepat penyembukan luka, buah pepaya bisa dikonsumsi karena bermanfaat sebagai pelancar BAB dan mencegah sembelit. 

Baca juga: Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya yang Tepat

3. Alpukat 

3. Alpukat 
Pixabay/FoodieFactor

Buah alpukat menjadi salah satu yang dianjurkan untuk ibu menyusui karena kandungan nutrisi. Buah-buahan seperti ini saat dikonsumsi selama menyusui dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. 

Perlu diketahui bahwa buah alpukat memiliki serat yang tinggi yaitu sekitar 2,2 gram. Karena itu, alpukat yang masuk ke dalam ASI mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit. 

Baca juga: 5 Tips Mudah Memilih Alpukat yang Matang

Editors' Picks

4. Buah beri 

4. Buah beri 
Pixabay/congerdesign

Kategori buah beri seperi blueberry atau stroberi termasuk buah yang baik saat dikonsumsi oleh ibu menyusui.   

Perlu Mama ketahui bahwa buah beri sangat dikenal memiliki kalori rendah dan mengandung serat yang cukup tinggi. Nutrisi di dalam buah beri ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh si Kecil terutama mencegah sembelit. 

Baca juga: 5 Cara Budidaya Stroberi di Pekarangan Rumah

5. Bayam 

5. Bayam 
Freepik/Rawpixel.com

Selain buah, sayuran hijau memiliki banyak nutrisi baik untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Bayam bisa diolah menjadi berbagai menu makanan di rumah demi membantu nutrisi ASI menjadi berkualitas. 

Mama perlu mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam secara rutin setiap harinya.

Bayam dianggap sebagai camilan yang sehat karena kandungan seratnya, sehingga membantu BAB si Kecil menjadi lebih lancar tanpa mengalami sembelit.

Baca juga: 6 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Keluarga

6.  Oatmeal

6.  Oatmeal
Freepik

Ma, oatmeal terbuat dari gandum memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Untuk yang sering mengonsumsi makanan tidak sehat, ada baiknya menggantinya dengan oatmeal karena memiliki kadar kalori yang terjaga. 

Selain kandungan serat tinggi pada oatmeal dapat menstabilkan gula darah saat menyusui, tanpa disadari camilan sehat ini dapat melancarkan pencernaan anak mama. 

Baca juga: Cara Mengolah Oatmeal Agar Jadi Sarapan Sehat dan Lezat

7. Telur 

7. Telur 
rawpixel.com/Jakub Kapusnak
Manfaat telur puyuh

Telur termasuk makanan yang kaya akan protein. Perlu Mama ketahui bahwa jenis bahan makanan yang mengandung protein sangat baik untuk kualitas ASI, apalagi saat nutrisinya sampai ke tubuh si Kecil. 

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dapat memberikan manfaat untuk bayi, salah satunya melancarkan pencernaan lebih baik. 

Itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi Mama selama masih memberikan ASI eksklusif. Semoga informasi kali bisa membantu dalam memilih asupan makanan selama menyusui si Kecil ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;