Unik! Putri Titian Puasa Keramas Hingga Minum Jamu Pasca Persalinan

Ada beberapa tradisi tradisional yang dilakukan oleh Putri Titian pasca persalinan

25 November 2019

Unik Putri Titian Puasa Keramas Hingga Minum Jamu Pasca Persalinan
Instagram.com/juniorliem

Pasca pemulihan persalinan, setiap perempuan tentu memiliki cara yang berbeda-beda, termasuk usai menjalani persalinan secara normal atau bahkan caesar. 

Sebagai seorang Mama yang telah melahirkan dua anak bernama Iori dan Iago, Putri Titian pun belum lama ini membahas beberapa pengalaman yang diterapkan pada dirinya pasca persalinan. Ketika dirinya menggunakan fitur tanya jawab di Instagram, ada banyak pertanyaan dari warganet yang membuatnya banyak berbagi pengalaman pribadi pasca melahirkan dua orang anak. 

"Dari lahiran Iori dan Iago, Momom memilih tradisional, tetapi disesuaikan sama keadaan sekarang," ucap Putri Titian di salah satu unggahannya. 

Beberapa pengalaman yang dibagikan oleh Mama dua anak ini melalui InstaStory pribadinya memang dominan menggunakan cara-cara tradisional, termasuk ketika menjalani proses pemulihan.  

Jika Mama ketinggalan beberapa pembahasan dari Putri Titian yang menerapkan beberapa cara tradisional pasca persalinan, tak perlu khawatir karena Popmama.com telah merangkumnya. 

Simak beberapa pengalaman pribadi dari Putri Titian kali ini ya, Ma! 

Editors' Picks

1. Minum jamu kunyit asam dan beras kencur pasca persalinan

1. Minum jamu kunyit asam beras kencur pasca persalinan
stephealthylife.com

Ketika membuka pertanyaan tanya jawab mengenai pemulihan pasca persalinan, ada warganet yang menanyakan perihal jamu kepada Putri Titian. Mama dari Iori dan Iago ini pun menjawab kalau dirinya memang mengonsumsi jamu pasca persalinan. 

Minum ya walaupun cuma kunyit asam dan beras kencur sih. Sehari Momom minum kurang lebih 100 ml, jamunya gonta-ganti aja dari kunyit asam sama beras kencur. Padahal harusnya minum paitan juga, tetapi Momom nggak sanggup. 

Walau ada beberapa dokter yang tak menyarankan mengonsumsi jamu, namun Putri Titian tetap melakukannya sebagai sebuah tradisi. 

"Momom minum lebih buat melancarkan masa nifas aja plus katanya ngebantu bikin berat badan jadi turun (tetap pen kurus em). Cuma saran Momom aja sih biar lebih lega, better pas abis lahiran tanya aja langsung sama dokternya. Boleh apa nggak minum jamu? Sayang udah bayar masak nggak nanya-nanya," tulisnya di salah satu InstaStory. 

Terkait jamu kunyit asam yang dikonsumsi oleh Putri Titian pasca persalinan, kunyit mengandung anti-inflamasi yang mampu mempercepat pemulihan setelah melahirkan si Kecil. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa kunyit asam juga bisa mengencangkan otot yang kendur selama kehamilan. Secara tidak langsunng perlahan-lahan, otot vagina akan kembali rapat serta mengembalikan tubuh agar lebih ramping seperti semula. 

Baca juga: Setelah Melahirkan Normal, Minum 5 Jamu Ini Agar Badan Singset

2. Ikutan tradisi tidak keramas setelah melahirkan 

2. Ikutan tradisi tidak keramas setelah melahirkan 
Instagram.com/putrititian

Salah satu tradisi tradisional yang diterapkan oleh Putri Titian pasca persalinan yaitu tidak keramas. Awalnya istri dari Junior Liem ini ingin tidak keramas selama 40 hari, namun pada akhirnya tidak berlangsung lama. 

"Momom cuma ikut tradisi yang menurut Momom ada benarnya, kalau nggak boleh keramas 40 hari karena alasanya habis lahiran badan kita ibarat baterai tuh tinggal 3%, jadi gampang banget sakit. Kalau keramas bisa gampang masuk angin, kalau masuk angin kasihan yang urus bayi siapa," jelas Putri Titian. 

Saat melangsungkan puasa keramas, Putri Titian tidak kuasa menahan gatal. Akibat tak kuat menahan rasa gatal, dirinya hanya sanggup puasa tidak keramas dalam kurun waktu satu minggu saja. 

"Pas seminggu langsung keramas ala-ala terus buru-buru keringin pakai hairdryer, tetapi akis itu Momom lanjut lagi puasa keramasnya. Enaknya sekarang ada dry shampoo dijual di mana-mana, jadi walaupun nggak keramas tetapi wangilah ya," tutupnya. 

Ada yang sempat puasa keramas pasca persalinan nggak nih, Ma? 

Baca juga: Salut! Baby Iago Selalu Ingatkan Putri Titian untuk Nggak Boleh Lemah

3. Menjaga asupan makanan dengan tidak mengonsumsi segala sesuatu yang digoreng

3. Menjaga asupan makanan tidak mengonsumsi segala sesuatu digoreng
Instagram.com/putrititian

Pengennya sih abis lahiran, Momom makan pakai guek lai, tetapi tidak jadi hiks. Akhirnya pesan catering Ciapo aja selama 14 hari. Ciapo apaan sih Mom? 

Ada yang bilang ciak po atau tim ayam obat atau sup ayam herbal, isinya sup ayam kampung beserta ramuan herbal dan kalau makan ini bisa mulihin badan kita abis lahiran. Terus juga nutrisi ASI jadi bagus dan lagi-lagi biar nggak masuk angin. Ini salah satu tradisi yang Momom ikutin. 

Selama pasca persalinan, makanan bisa menjadi salah satu faktor pemulihan yang membantu. Putri Titian pun menyadari bahwa segala asupan yang dikonsumsi pasca persalinan harus benar-benar dijaga dengan baik. 

Mama dua anak ini pun menghindari makanan yang diolah dengan cara digoreng, sehingga hanya makan sup sayuran, makanan yang direbus atau ditim saja. 

"Waktu lahiran Iago, Momom pilih deh kira-kira makanan apa aja yang bagus efeknya di ASI tetapi nggak bikin Momom jadi gendut. Contoh daripada Momom sarapan nasi goreng, Momom ganti sarapan oatmeal. Daripada banyakin nasi, Momom lebih pilih banyakin lauk. Nasi paling sesendok, tetapi ayamnya bisa dua potong. Ya gitu deh, pokoknya lebih pilih-pilih apa yang dimakan tetapi nggak ngurangin porsi," kata Putri Titian. 

Berdasarkan pengalaman Putri Titian yang dibagikan melalui InstaStory pribadinya ketika tidak mengonsumsi makanan goreng-gorengan, berat badannya justru lebih cepat turun. 

"Ngaruh sih di Momom, 2 minggu Momom turun hampir 10 kg," tambahnya. 

Itulah beberapa tradisi tradisional yang diterapkan oleh Putri Titian pasca persalinan. Kalau Mama sendiri pernah melakukan apa saja nih untuk pemulihan?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.