Usai Melahirkan, Alice Norin Kehilangan 3 Liter Darah dan Masuk ICU

Memiliki masalah kesehatan, sehingga Alice Norin kehilangan banyak darah sampai tiga liter

14 September 2020

Usai Melahirkan, Alice Norin Kehilangan 3 Liter Darah Masuk ICU
Instagram.com/alicenorin

Alice Norin kini telah resmi menjadi mama dari dua orang anak, setelah melahirkan anak keduanya berjenis kelamin perempuan pada hari Rabu (9/9/2020). 

Melalui operasi caesar, Alice pun bisa bertemu secara langsung dengan putri kecilnya yang diberi nama Alana Naira Lawi. Kehamilan dan proses persalinan keduanya kali ini memberikan banyak pengalaman yang begitu luar biasa untuk Alice

Tidak hanya harus menjalani persalinan di tengah pandemi, namun ada beberapa masalah kesehatan yang membuat Alice harus kehilangan darah hingga tiga liter serta masuk ruang ICU. 

Jika Mama ingin mengetahui cerita terbaru dari Alice Norin terkait perjuangannya saat melahirkan anak kedua, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Ada cerita yang dapat menjadi informasi penting untuk para ibu hamil menjelang persalinan nih, Ma. 

1. Alice Norin bersyukur tidak perlu menjalani angkat rahim usai persalinan

1. Alice Norin bersyukur tidak perlu menjalani angkat rahim usai persalinan
Instagram/alicenorin

"Alhamdulillah, proses kelahiran Alana sukses tanpa kurang apapun dan tanpa perlu angkat rahim," tulis Alice Norin dalam unggahannya di Instagram. 

Rasa syukur ini benar-benar dipanjatkan oleh Alice Norin karena persalinan Alana memang penuh kejutan dan perjuangan. Ketika berkonsultasi dengan banyak dokter, ada kemungkinan yang mengharuskan Alice untuk angkat rahim. 

Alice pun tidak siap dengan kemungkinan yang akan terjadi tersebut. Mengingat jika angkat rahim dilakukan, maka Alice tidak bisa merasakan haid dan hamil lagi. 

Selain itu, Alice bercerita kalau ia sempat kehilangan tiga liter darah selama proses persalinan. 

"Setelah lahiran pun, aku belum bisa langsung ketemu baby ANL #2 karena harus masuk ICU," kata Alice. 

Saat itu, Alice memang diperbolehkan bertemu dengan putrinya karena harus masuk ICU selama dua hari akibat kehilangan banyak darah. 

Setelah bertemu pun belum bisa langsung menyusui. Hal ini dikarenakan ada obat keras yang sedang dikonsumsi oleh Alice, sehingga tidak dianjurkan untuk menyusui.

Editors' Picks

2. Menjalani transfusi darah selama proses pemulihan

Setelah melahirkan anak keduanya, Alice Norin masih terus berjuang untuk memulihkan dirinya sendiri pasca kehilangan banyak darah. 

Dalam ceritanya di Instagram, Alice mengatakan bahwa transfusi darah dijalani selama proses pemulihan.

"Transfusi darah karena kehilangan segitu banyak darah sampai HB turun ke angka yang udah nggak wajar," tulis Alice dalam unggahannya. 

Usai beberapa hari berada di rumah sakit untuk pemulihan pasca persalinan, Alice pun kembali ke rumah bersama keluarga kecilnya. 

"Happy sekali akhirnya bisa pulang, tetapi ternyata badan belum sesehat itu. Harus banyak berbaring, kelamaan berdiri jadi pusing banget. Masih perlu membantu HB stabil. Overall, sangat sangat bersyukur," kata Alice. 

Semoga pemulihan bisa berjalan lancar untuk Mama Alice. 

3. Persalinan kedua kali ini penuh dengan tantangan 

3. Persalinan kedua kali ini penuh tantangan 
Instagram.com/alicenorin

Alice cukup banyak bercerita terkait kondisi kesehatannya sebelum dan sesudah persalinan anak kedua. Menurutnya pribadi, persalinan Alana ini super challenging

Walau begitu, Alice tetap bersyukur karena proses persalinan yang penuh tantangan ini bisa terlewati dengan lancar. Dirinya pun bisa menjalani masa-masa kritis dengan baik. 

"I'm a Placenta Previa Totalis Accreta survivor," tulis Alice. 

Melalui tagar #AccretaSurvivor, Alice juga ingin menyampaikan sebuah pesan untuk para ibu hamil yang sedang menantikan kelahiran anak mereka.

4. Pesan dari Alice Norin untuk ibu hamil di luar sana 

4. Pesan dari Alice Norin ibu hamil luar sana 
Instagram.com/alicenorin

A friendly reminder untuk teman-teman mommies yang mungkin sedang hamil. Selalu rutin cek kehamilan karena lebih baik mengantisipasi apa yang mungkin terjadi. 

Begitulah salah satu pesan dari Alice Norin untuk semua ibu hamil di luar sana yang sedang menantikan kelahiran anak mereka masing-masing. 

Menurut Alice penting sekali memerhatikan kondisi kesehatan janin serta diri sendiri selama masa kehamilan. Hal ini dilakukan agar kesehatan kedua belah pihak bisa sama-sama terjaga hingga proses persalinan tiba. 

Belajar dari pengalaman Alice, dirinya memang telah didiagnois mengalami plasenta previa. Hal inilah yang mengharuskannya harus berkonsultasi dengan beberapa dokter ahli.

"Setelah beberapa kali konsul, ternyata ada kondisi accreta juga, di mana kasus accreta ini jarang terjadi," kata Alice. 

Walau begitu, dirinya beruntung karena mengetahui kondisi tersebut sejak masih awal-awal kehamilan. Setidaknya ini membantu dokter untuk melakukan antisipasi sekaligus skenario untuk hal buruk yang mungkin saja terjadi saat persalinan. 

"Semoga sehat selalu, terima kasih atas doa dan ucapan yang sudah diberikan! #AccretaSurvivor," tulis Alice. 

Itulah beberapa cerita perjuangan yang harus dilewati oleh Alice Norin sampai proses pemulihan. 

Melalui cerita ini ada banyak hal yang bisa dipetik serta dijadikan pembelajaran ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.