TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mencoba Endorphin Massage, Mengurangi Sakit Saat Persalinan

Dapat menguatkan ikatan antara Mama, Papa, serta Janin

27 Oktober 2019

Mencoba Endorphin Massage, Mengurangi Sakit Saat Persalinan
Freepik/Jcomp

Sebagai Calon Mama yang baru pertama kali dalam melewati proses persalinan, mungkin merasa khawatir akan rasa sakit dan tidak nyaman yang akan dirasakan selama proses persalinan.

Agar mengurangi rasa sakit selama persalinan, Mama dapat mencoba Endorphin Massage atau pijat endorphin yang dikembangkan pertama kali oleh Constance Palinsky.

Endorphin Massage merupakan metode pemijatan dengan teknik sentuhan ringan untuk mengelola rasa sakit, membantu memberikan rasa tenang dan rasa nyaman, pada saat menjelang atau di saat proses persalinan akan berlangsung.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang Endorphin Massage, Popmama.com telah merangkum informasinya selengkapnya untuk Mama di bawah ini ya!

1. Endorphin Massage diambil dari hormon endorphin yang diproduksi masing-masing tubuh manusia

1. Endorphin Massage diambil dari hormon endorphin diproduksi masing-masing tubuh manusia
Freepik/Bristekjegor

Constance Palinsky, seorang ahli kebinanan tergerak untuk menggunakan hormon endorphin dalam tubuh untuk mengurangi atau meringankan rasa sakit pada saat akan melahirkan.

Hormon endorphin diproduksi oleh masing-masing tubuh manusia sendiri, sehingga dapat dianggap sebagai hormon penghilang rasa sakit yang terbaik dan aman.

Endorphin Massage, merupakan pijat yang menggunakan teknik sentuhan serta pemijatan ringan, sehingga dapat menormalkan kembali kondisi denyut jantung dan tekanan darah ibu hamil. Hal ini juga menyebabkan ibu hamil lebih rileks dan memicu perasaan nyaman melalui permukaan kulit.

Sebuah penelitian mengatakan, teknik pijatan endorphin dapat meningkatkan pelepasan hormon oksitosin. Hormon ini dapat memfasilitasi persalinan dengan membuat Mama lebih nyaman.

Editors' Picks

2. Berbagai manfaat yang didapatkan dari endorphin massage

2. Berbagai manfaat didapatkan dari endorphin massage
Freepik

Tubuh menghasilkan endorphin yang berbeda-beda manfaat dan kegunaannya. Berbagai manfaat dan kegunaan dari endorphin yang Mama dapatkan dari endorphin massage adalah:

  • Dapat mengontrol rasa sakit yang menetap dalam tubuh
  • Mengendalikan kecanduan akan cokelat
  • Mengendalikan emosi, frustasi, rasa stress yang dialami oleh ibu hamil
  • Membuat lebih rileks, sehingga dapat mengurangi perasaan tidak nyaman selama proses persalinan
  • Mengatur produksi dari hormon pertumbuhan dan seks
  • Mengurangi gejala-gejala yang menggangu nafsu makan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperlambat proses penuaan

Hormon endorphin merupakan hormon yang alami dan diproduksi oleh tubuh manusia, sehingga endorphin menjadi penghilang rasa sakit yang aman dan terbaik untuk tubuh.

3. Cara pertama untuk mempraktekan endorphin massage di bagian kedua lengan

3. Cara pertama mempraktekan endorphin massage bagian kedua lengan
Freepik

Untuk melalukan endorphin massage, Mama dapat melakukannya dalam beberapa cara di rumah dengan Suami. Berikut adalah cara pertama yang dapat dilakukan:

  1. Ambil posisi senyaman mungkin, seperti duduk atau berbaring miring. Sementara Suami ikut duduk di samping atau berbaring di belakang.
  2. Pejamkan mata, lalu tarik napas yang dalam dan hembuskan. Suami dapat mengelus permukaan luar lengan, mulai dari tangan hingga lengan bawah. Mintalah ia untuk mengelus dengan perlahan dan lembut dengan menggunakan jari atau ujung-ujung jari saja 
  3. Setelah 5 menit, mintalah Suami untuk berpindah ke bagian lengan dan tangan yang satunya.

Walaupun sentuhan yang ringan dan hanya dilakukan di kedua lengan, namun Mama dapat merasakan dampak yang lebih rileks dan tenang di seluruh tubuh.

4. Cara kedua untuk mempraktekan endorphin massage di bagian punggung

4. Cara kedua mempraktekan endorphin massage bagian punggung
Freepik/Wavebreakmedia

Teknik sentuhan ringan dari endorphin massage ini, juga efektif dilakukan pada bagian punggung. Mama dapat mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Mama dapat mengambil posisi berbaring miring atau duduk
  2. Pejamkan mata, lalu tarik napas yang dalam dan hembuskan. Suami dapat melakukan pijatan lembut dan ringan dari arah leher dengan membentuk huruf V terbalik. Dimulai dari arah luar hingga sisi tulang rusuk
  3. Lakukan pijatan-pijatan ringan ini terus menerus, hingga menuju ke tubuh bagian bawah belakang Mama

Anjurkan pada Suami untuk menyentuh dan mengelus perut Mama dari belakang selama beberapa menit dan merasakan gerakan janin sambil mengucapkan kata-kata yang hangat dan positif

5. Suami dapat mengeluarkan kata-kata cinta dan memeluk Mama setelah melakukan endorphin massage

5. Suami dapat mengeluarkan kata-kata cinta memeluk Mama setelah melakukan endorphin massage
Freepik/Vgstockstudio

Saat melakukan endorphin massage, suami dapat memperkuat efek pijatan dengan mengeluarkan kata-kata yang membuat Mama menjadi lebih tenang. Suami juga bisa mengungkapkan kata-kata cinta.

Setelah melakukan pijat ini, sebaiknya Suami langsung memeluk Sang Istri agar terciptakan suasana yang benar-benar menenangkan.

Namun bagi Mama yang pernah memiliki riwayat persalinan prematur atau memiliki riwayat keguguran secara berulang, Mama dapat berkonsultasi terlebih dahulu dan dapat melakukan teknik ini dibawah pengawasan ahli kesehatan atau dokter ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk