Dokter Laktasi Ungkap 5 Makanan ini Bisa Buat ASI Berlimpah, Apa Saja?

Memberikan Air Susu Ibu (ASI) dengan lancar adalah impian setiap Mama.

12 Oktober 2019

Dokter Laktasi Ungkap 5 Makanan ini Bisa Buat ASI Berlimpah, Apa Saja
Dok. Popmama.com

Setelah melahirkan, Mama pasti menginginkan ASI yang melimpah tanpa hambatan. Namun, beberapa faktor dapat memengaruhi suplai ASI Mama yang membuat susu keluar tak terlalu banyak. 

Dalam hari pertama Popmama Parenting Academy pada Jum'at (11/10/2019), dr. Nia Wulansari yang merupakan dr. Nia Wulansari dari Rumah Sakit Pondok Indah memaparkan pentingnya peran keluarga terdekat Mama terutama suami dalam memperlancar ASI. Hal tersebut dikarenakan banyak Mama yang terkendala dalam memberikan ASI lantaran kurang dukungan dari orang-orang sekitar.

Kendala-kendala yang dirasakan Mama dalam meng-ASI-hi diantaranya adalah faktor kelelahan setelah proses melahirkan, rasa stres yang berlebihan, bahkan Mama bisa saja mengalami baby blues.

Bagi Mama dalam kondisi tertentu atau tidak dapat meng-ASI-hi dengan baik, dr. Nia memperbolehkan Mama untuk mengasup ASI booster berupa kapsul atau tablet.

Nah, jika Mama ingin menikmati ASI booster yang alami, berikut ini dr. Nia merekomendasikan lima asupan baik yang bisa dijadikan salah satu yang membuat ASI lebih melimpah. Berikut makanan dan minuman yang dapat memperlancar ASI dari Popmama.com.

1. Susu almond sangat baik untuk memperlancar ASI

1. Susu almond sangat baik memperlancar ASI
Freepik/Rawpixel.com

Salah satu ASI booster yang bisa nikmati adalah susu almond. Menurut dr. Nia, susu almond sangat bagus untuk memperlancar ASI. 

"Kandungan protein, kalsium dan vitamin E yang terdapat dalam susu almond akan memberikan banyak manfaat untuk Mama," ungkap dr. Nia saat diwawancarai dalam sela-sela Oxytocin Class. 

Kini susu almond hadir dalam berbagai varian botol kecil yang praktis dan hadir dalam rasa enak. Wah, bisa jadi ASI booster favorit nih!

2. Daun katuk selalu jadi resep andalan perbanyak ASI Mama

2. Daun katuk selalu jadi resep andalan perbanyak ASI Mama
Pixabay.com/nandhukumar

Daun katuk sangat di kalangan ibu menyusui sejak dahulu kala. Bentuk daunnya lebar dan warna hijaunya lumayan pekat. Bagi sebagian orang, tanaman daun katuk susah-susah gampang untuk ditemukan. Tapi ibu menyusui harus tahu, ini dia manfaat daun katuk:

  1. Memperlancar produksi ASI
  2. Memenuhi kebutuhan mineral ibu menyusui
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui
  4. Meningkatkan kualitas asi

Selain manfaat utama daun katuk bagi ibu menyusui yang telah disebutkan di atas, katuk juga memiliki khasiat  lainnya seperti bisa menyembuhkan luka, sembelit bahkan menurunkan demam.

Menurut dr. Nia, daun katuk dapat dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi sup bening, ditumis atau dikonsumsi sebagai minuman jus segar. Sudah pernah coba, Ma?

Editors' Picks

3. Hampir semua buah bisa jadi pelancar ASI

3. Hampir semua buah bisa jadi pelancar ASI
Freepik/Jcomp

Dilansir dari roomper.com, seorang ahli gizi bernama Brigitte Zeitlin, pendiri BZ Nutrition, makan protein tanpa lemak, beragam sayuran, dan biji-bijian sangat penting untuk ibu menyusui dan benar-benar dapat membantu menjaga suplai susu.

Selain makanan itu, menambahkan dua porsi buah (sekitar dua cangkir) per hari dapat memberi Mama dan bayi mereka nutrisi yang lebih penting lagi. Tapi seperti yang disebutkan, tidak semua buah diciptakan sama dalam hal manfaat menyusui.

dr. Nia mengatakan bahwa hampir semua buah dapat dijadikan sebagai makanan pelancar ASI, kecuali buah beraroma kuat seperti durian.

"Agar mengonsumsi buah terasa nikmat, sebaiknya dimakan langsung. Bila dibuat jus, jangan ditambahi gula ya Ma. Ini antisipasi Mama terhindar dari diabetes sesudah melahirkan," tambahnya.

4. Produk susu juga baik untuk ibu menyusui

4. Produk susu juga baik ibu menyusui
www.healthline.com

dr. Nia mengungkapkan bahwa minum produk susu perlu dilakukan saat hamil dan setelah melahirkan. Manfaatnya sebagai sumber kalsium dan vitamin D agar Mama tercegah dari osteoporosis.

"Selama hamil, janin akan menyedot kalsium yang ada di dalam tubuh Mama. Karena itu, Mama wajib minum susu. Ada berbagai produk susu di pasaran, misalnya susu khusus hamil atau menyusui, keju dan yogur," ucapnya.

5. Konsumsi oatmeal untuk suplai ASI berlimpah

5. Konsumsi oatmeal suplai ASI berlimpah
Freepik/Luis-molinero

Tahukah Mama oatmeal merupakan salah satu makanan pelancar ASI? Dilansir dari crystalkarges.com, oatmeal juga merupakan sumber zat besi yang baik, yang secara alami dapat membantu mengisi kembali cadangan zat besi setelah melahirkan.

dr. Nia menambahkan bahwa oatmeal mengandung zat besi yang tinggi, sehingga Mama akan terhindar dari anemia. 

Itulah beberapa makanan yang sangat baik untuk meningkatkan suplai ASI dari pakar laktasi. Mama juga perlu rutin melakukan pijat laktasi agar ASI bisa lancar secara alami. Semoga bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!