7 Benda Pribadi yang Wajib Dibawa ke Rumah Sakit saat Melahirkan

Mama akan menunggu proses melahirkan di rumah sakit? Jangan lupa bawa barang-barang di sini, ya

24 Februari 2020

7 Benda Pribadi Wajib Dibawa ke Rumah Sakit saat Melahirkan
Freepik/yanalya

Mama sudah memasuki penghujung masa 9 bulan dari proses kehamilan yang selama ini Mama jalani. Tentu, hal tersebut menandakan bahwa si Kecil tercinta di dalam kandungan Mama akan segera lahir dalam waktu dekat.

Mama tentu sudah memerhatikan hari prediksi lahir bayi (HPL) yang sedang dikandung.

Dalam rangka mengantisipasi kemungkinan timbulnya panik karena waktu kelahiran bayi maju dari HPL, penting untuk mempersiapkan persalinan lebih dini.

Mama sangat disarankan untuk bersiap-siap menunggu momen indah tersebut di rumah sakit. Akan tetapi, ingat, ada 7 benda yang wajib dibawa ke rumah sakit saat Mama hendak melahirkan seperti yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini!

1. Tisu dengan tekstur lembut

1. Tisu tekstur lembut
Pixabay/dissyroseblade

Sebagai seorang perempuan, kita tentu sangat membutuhkan keperluan yang menjaga kondisi fisik tetap terjaga bersih seperti, tisu. Tisu bertekstur lembut nyatanya juga sangat dibutuhkan saat Mama hendak melahirkan di rumah sakit.

Pasalnya, saat menunggu proses melahirkan, Mama pasti akan tetap mondar-mandir ke toilet karena kebutuhan natural atau efek samping dari proses persalinan yang sedang berlangsung.

Tentu melirik kondisi tersebut, tisu dengan tekstur lembut yang ramah akan kesehatan kulit sangat dibutuhkan.

Hal inilah yang membuat Mama sebaikya tidak hanya berhenti mengandalkan tisu toilet yang disediakan oleh rumah sakit. Siapkan tisu sendiri dari rumah akan lebih baik.

2. Bantal yang nyaman

2. Bantal nyaman
Pixabay/kakaduart

Menghabiskan waktu di rumah sakit berarti Mama harus memaksakan diri untuk bisa beradaptasi dengan keadaan atau kondisi yang telah diatur oleh rumah sakit.

Namun, kondisi Mama yang sebentar lagi melahirkan mungkin saja sulit untuk menerima perubahan tersebut.

Itu kenapa, Mama harus memikirkan cara yang bisa memastikan kenyamanan Mama saat menginap di rumah sakit.

Tanpa terkecuali, rasa nyaman Mama saat berbaring di atas tempat tidur yang disediakan di kamar rumah sakit.

Untuk mengatasinya, kami menyarankan Mama untuk membawa bantal yang nyaman sebagaimana yang selama ini Mama gunakan di rumah.

Mama juga bisa membawa beberapa perlengkapan tidur lainnya seperti, selimut dan hal-hal lainnya. Tujuannya semata-mata hanya untuk membuat Mama merasa lebih nyaman.

3. Sandal jepit

3. Sandal jepit
Pixabay/3dman_eu

Menunggu momen yang paling dinantikan di rumah sakit tidak akan membuat Mama berdiam diri di atas tempat tidur saja.

Ada berbagai kemungkinan di mana Mama diharuskan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya seperti ke toilet.

Untuk itu, Mama sangat membutuhkan sandal jepit yang nyaman di kedua kaki Mama. Pasalnya, tidak banyak rumah sakit menyediakan sandal jepit untuk para pasien yang dirawat inap termasuk para Mama yang hendak menunggu proses melahirkan.

Editors' Picks

4. Handuk berukuran besar

4. Handuk berukuran besar
Pixabay/tesaphotography

Berbicara mengenai aktivitas yang memungkinkan Mama untuk berpindah tempat, Mama pasti akan tetap menjaga kebersihan Mama dengan mandi di rumah sakit, bukan?

Tentu, selain alat-alat mandi, Mama tidak boleh melupakan handuk.

Benar sekali!

Ketimbang menggunakan handuk yang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan rumah sakit, akan lebih baik jika Mama menggunakan handuk berukuran besar milik sendiri agar lebih nyaman.

5. Popok orang dewasa dan pakaian dalam

5. Popok orang dewasa pakaian dalam
Pixabay/publicdomainpictures

Pada tahap awal menunggu proses kehamilan, Mama mungkin tidak akan merasakan hal-hal yang menyulitkan Mama untuk bergerak atau berpindah tempat sehingga Mama bisa memilih untuk melakukan aktivitas membersihkan tubuh di kamar mandi.

Namun, seiring berjalannya waktu, Mama akan masuk ke tahap proses menuju kehamilan yang bisa saja melibatkan proses kontraksi di mana sebelumnya Mama berkemungkinan besar mengeluarkan flek hitam atau cairan sejenis dari vagina.

Hal inilah yang akhirnya memutuskan Mama untuk harus merelakan diri tetap berada di atas tempat tidur dalam penanganan dokter meskipun Mama ingin buang air kecil dan semacamnya. Untuk mengatasinya, Mama haruslah memanfaatkan popok orang dewasa.

Jangan lupa, Mama sebaiknya menyediakan banyak pakaian dalam. Pasalnya, kondisi Mama membutuhkan benda tersebut dari sejak menunggu proses melahirkan hingga akhirnya benar-benar melakukan persalinan dan setelahnya.

6. Musik dan buku

6. Musik buku
Pixabay/whoalice-moore

Kita mungkin bisa menyebut bahwa proses melahirkan adalah momen yang paling dinantikan. Selain itu, tentu saja, proses tersebut merupakan hal yang sangat indah sebagaimana Si Kecil kesayangan Mama akan segera lahir ke dunia Mama.

Namun, hal tersebut tidak menepis fakta bahwa proses melahirkan akan menghasilkan rasa sakit yang tak terjabarkan. Mengingat hal itu, tidak sedikit dari para Mama yang sudah merasa tegang dan cemas saat menunggu proses melahirkan tiba.

Untuk itu, ketika Mama hendak berangkat ke rumah sakit untuk melalui proses tersebut dengan aman di rumah sakit, Mama sebaiknya tidak lupa untuk membawa benda-benda yang bisa menenangkan hati Mama seperti musik atau buku-buku yang memberi inspirasi positif.

7. Keperluan Papa yang akan menjaga Mama

7. Keperluan Papa akan menjaga Mama
Pixabay/tawnynina

Terakhir, Mama tentu tidak boleh melupakan sosok Papa tercinta yang selama ini mendukung Mama dalam menjalani proses kehamilan hingga menunggu proses melahirkan dalam waktu dekat.

Untuk itu, kami menekankan agar Mama turut membawa benda-benda yang merupakan keperluan Papa yang akan menginap untuk menjaga dan menemani Mama. Mulai dari perlengkapan tidur, mandi, dan hal lain semacamnya.

Sekarang, Mama tidak bingung lagi mengenai benda-benda apa yang wajib dibawah ke rumah sakit saat hendak menjalani proses melahirkan. Yuk, pastikan semuanya terkumpul dalam beberapa tas yang tidak akan membuat Mama bingung saat mencarinya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.