Eksklusif: Tak Semudah yang Dibayangkan, Intip Cerita Persalinan Pertama Asmirandah di Tengah Pandemi

Asmirandah terpaksa melakukan persalinan caesar demi keselamatan sang bayi

5 Agustus 2021

Eksklusif Tak Semudah Dibayangkan, Intip Cerita Persalinan Pertama Asmirandah Tengah Pandemi
Popmama.com/Vandah Team

Kisah persalinan di tengah pandemi Covid-19 memang bukanlah hal baru bagi banyak pasangan. Melahirkan buah hati di kondisi seperti ini tentu sudah banyak dilalui oleh banyak masyarakat di Indonesia, termasuk para seleb.

Asmirandah termasuk salah satu selebriti yang turut merasakan bagaimana melalui persalinan di tengah pandemi Covid-19.

Setelah resmi menikah dengan Jonas Rivanno pada 22 Desember 2013, keduanya akhirnya resmi menjadi orangtua setelah kelahiran putri pertama mereka pada 25 Desember 2020 lalu.

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 ini mengaku tidak terlalu merasa cemas ketika menghadapi persalinan di tengah pandemi, hal ini karena rasa cemas tersebut terkalahkan dengan rasa bahagia menyambut putri pertama mereka, Chloe Emmanuelle Van Wattimena.

Meski harus melakukan persalinan secara caesar, rupanya pelantun ‘Salahkah Kita’ ini mengaku bahwa persalinan yang dianggap lebih mudah dari persalinan normal, nyatanya tidaklah semudah yang dibayangkan.

“Dari operasi caesar justru saya belajar, jadi tahu kalau nggak bisa kita membandingkan cara melahirkan seseorang mau normal atau caesar,” ujar Asmirandah.

Lantas, bagaimana cerita persalinan pertama Asmirandah ketika melahirkan Chloe? Yuk, simak ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini, Ma.

1. Terpaksa caesar karena kondisi bayi terlilit tali pusar

1. Terpaksa caesar karena kondisi bayi terlilit tali pusar
Popmama.com/Vandah Team

Dalam penjelasannya, pesintron kelahiran 1989 ini menyebutkan bahwa ia mengharapkan kelahiran normal layaknya seorang mama pada umumnya.

Namun karena kondisi tertentu, dokter pun menyarankannya untuk melakukan persalinan secara caesar.

Asmirandah menjelaskan bahwa diusia kehamilan yang cukup, calon buah hatinya justru sempat terlilit tali pusar. Ia menyebutkan, “Waktu itu Chloe nggak turun karena kelilit tali pusar, jadi terpaksa harus caesar.”

Memang ada beberapa kondisi tertentu yang kadang membuat ibu hamil terpaksa melalui persalinan caesar.

Asmirandah pun menerima kondisi tersebut dan lebih fokus pada keselamatan sang bayi, maka persalinan caesar ditempuhnya.

Editors' Picks

2. Perjalanan persalinan caesar yang tidak mudah

2. Perjalanan persalinan caesar tidak mudah
Popmama.com/Vandah Team

Setelah 7 tahun melewati bahtera rumah tangga bersama Jonas, Mama satu orang anak ini mengaku bahwa persalinan pertamanya pada Desember 2020 lalu ternyata membawa pelajaran baru baginya.

Ketika tahu ia harus menjalani operasi caesar, Asmirandah mengaku sempat merasa kecewa karena tidak bisa merasakan persalinan normal. Namun sepanjang perjalan persalinan justru mengajarkannya banyak hal, Ma.

Mama dari Chloe ini menyebutkan, “Saya dulu itu mikirnya ah caesar tuh kayak gimana sih, paling cuma operasi. Tapi ternyata nggak lho, saya benar-benar dateng konsultasi sama dokter anestesi, kemudian dikasih tahu bagaimana kita harus super tenang, pernapasan harus benar, agar jarum bius yang disuntik itu nggak bikin sakit, gimana caranya. Nggak gampang ternyata.”

Asmirandah pun menambahkan bahwa kerja sama antara dokter dengan pasien yang akan melahirkan memang sangat dibutuhkan.

Hal ini yang akan membantu calon Mama menjadi lebih tenang dan merasa rileks walaupun harus melalui persalinan secara caesar sekalipun.

“Melahirkan secara cesar tidak semudah yang saya pikir, dari situ saya belajar bahwa nggak bisa kita membandingkan cara melahirkan seseorang. Karena begitu anak itu lahir, dia tetap jadi ibu yang luar biasa,” tutupnya.

3. Rasa khawatir yang terkalahkan oleh rasa bahagia

3. Rasa khawatir terkalahkan oleh rasa bahagia
Popmama.com/Vandah Team

Sama seperti calon mama pada umumnya yang harus melahirkan di tengah pandemi, Asmirandah pun mengaku dirinya sempat merasa khawatir dan cemas ketika harus melewati persalinan pertamanya di tengah pandemi.

Sangat wajar jika ada rasa was-was jelang persalinan bagi ibu yang melahirkan, terlebih seperti saat ini ada serangkaian prosedur yang harus dilakukan sesuai anjuran protokol kesehatan.

Berkat bantuan dokter dan dukungan keluarga, pesinetron yang namanya sudah berlalu lalang di dunia hiburan Tanah Air ini mengaku rasa khawatir itu terkalahkan dengan rasa bahagia karena akan bertemu dengan buah hatinya.

“Mungkin karena sayanya sudah tenang, bahagianya tuh karena excited banget pengen ketemu Chloe. Memang mungkin kepikiran masa pandemi segala macem pasti ada ya, cuma jadi kekhawtiran itu tertutup rasa excited tadi,” ujarnya.

4. Didampingi keluarga agar merasa lebih tenang

4. Didampingi keluarga agar merasa lebih tenang
Popmama.com/Vandah Team

Dengan protokol kesehatan ketat, Asmirandah menyebutkan bahwa ia sangat beryukur karena orang tercinta yang ada dihidupnya bisa menemani saat persalinan beberapa waktu lalu.

Setelah melewati tes swab PCR, suami beserta kedua orangtua dari ia dan Jonas hadir mendampinginya hingga Chloe berhasil dilahirkan dengan sehat dan selamat.

Ia menyebutkan, “Di situ saya bersyukurnya karena yang paling utama adalah suami bisa menemani. Papa Mama saya dan Papa Mama Vanno juga di swab PCR hasilnya negatif, itu yang bikin saya tenang karena orang-orang disekitar ada buat saya.”

5. Ritual bersama keluarga sebelum persalinan

5. Ritual bersama keluarga sebelum persalinan
Popmama.com/Vandah Team

Seperti diketahui bersama bahwa Chloe lahir bertepatan dengan perayaan Natal tahun 2020 lalu, sehingga Asmirandah beserta suami dan orangtuanya menyempatkan kegiatan malam Natal mereka untuk berdoa jelang persalinan.

“Karena bertepatan Natal, jadi kita benar-benar malam Natalnya di rumah sakit. Terus kita ibadah dulu, berdoa bersama untuk kelancaran kelahiran proses persalinan,” ungkap istri dari Jonas Rivanno.

Meski sempat merasa khawatir karena menjalani kehamilan dan persalinan di tengah pandemi, kini Asmirandah dan Jonas Rivanno merasa bersyukur dan bahagia atas kehadiran Chloe yang semakin menambah warna baru bagi keluarga kecil mereka.

Kita doakan bersama agar keluarga selebriti ini selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan ya, Ma!

Millennial Mama of the Month Edisi Agustus 2021 - Spesial Pekan ASI: Asmirandah

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Video Creator - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Ninda Anisya
Social Media - Irma Ediarti
Video Editor - Bima Bintoro
Design - Hilyatul Auliya Habib
Photographer - Vandah Team
Photo Editor - Razka Ramadhan
Fashion Stylist - Ade Rio 
Asmirandah’s Wardrobe - Barli Asmara

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Asmirandah
Millennial Mama

Asmirandah

"Sejak hamil, saya sudah siap untuk tenang dan bahagia di masa menyusui"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.