Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Menyusui

Jika Mama mengalami sakit punggung saat menyusui, lakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya ya

9 Januari 2022

Penyebab Cara Mengatasi Sakit Punggung saat Menyusui
Pexels/SHVETS production

Saat sedang menyusui, Mama dan si Kecil akan merasakan bonding yang sangat kuat. Namun, terkadang pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan ini dapat memiliki buruk tertentu pada kesehatan, salah satunya menyebabkan sakit punggung.

Meskipun sakit punggung saat menyusui sangat umum dirasakan para ibu baru, namun sebaiknya Mama mengambil beberapa cara dalam mengurangi rasa sakit, agar tidak terus memburuk. 

Di artikel berikut ini, Popmama.com akan membahas penyebab sakit punggung dan berbagai tips untuk meredakannya.

Penyebab Sakit Punggung saat Menyusui

Penyebab Sakit Punggung saat Menyusui
Freepik/wayhomestudio

Selama kehamilan dan persalinan, tubuh mengalami banyak hal dan banyak perempuan mengalami nyeri tubuh, terutama nyeri punggung. Jika Mama mengalami sakit punggung selama kehamilan, rasa sakit ini mungkin berlangsung beberapa saat bahkan setelah melahirkan, dan punggung Mama mungkin terus terasa sakit hingga saat menyusui si Kecil.

Salah satu penyebab umum sakit punggung adalah posisi menyusui yang tidak tepat. Ma, penting bahwa memposisikan bayi dengan benar tetapi juga memerhatikan posisi Mama dan menopang diri dengan baik saat menyusui bayi. 

Terkadang mengangkat benda berat dapat menyebabkan sakit punggung yang semakin parah saat Mama sedang dalam fase menyusui. Juga, rasa sakit di punggung mungkin disebabkan oleh beberapa kecelakaan sebelumnya yang mungkin telah melukai punggung dan menyusui dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Tips Meredakan Sakit Punggung saat Menyusui

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu meredakan sakit punggung saat menyusui bayi:

1. Perhatikan posisi menyusui

1. Perhatikan posisi menyusui
Freepik/cookie_studio

Dilansir dari parenting.firstcry.com, menyusui bayi sambil duduk dalam posisi yang salah adalah penyebab paling umum dari sakit punggung dan banyak ibu tanpa sadar melakukannya. Sangat penting bagi Mama untuk memerhatikan posisi menyusui si Kecil dan jangan bersandar ke depan atau membungkuk.

Beberapa ibu menyusui mungkin merasa posisi tertentu tidak nyaman atau menyakitkan sedangkan posisi menyusui lainnya mungkin saja terasa nyaman meski harus menyusui dalam waktu lama.

Oleh karena itu, ada baiknya Mama terus mencoba berbagai posisi menyusui. Untuk menghindari sakit punggung saat menyusui, Mama dapat menyusui sambil berbaring bisa menjadi pilihan yang baik.

2. Gunakan bantal untuk membantu kamu menyusui lebih nyaman

Mama mungkin sering mencondongkan tubuh ke depan untuk menyusui bayi, yang dapat memberikan banyak tekanan pada punggung.

Mama dapat menopang posisi bayi dengan menggunakan beberapa bantal untuk mendekatkannya ke payudara. Atau, Mama dapat menggunakan bantal untuk memberikan dukungan ekstra untuk punggung sehingga menyusui lebih nyaman dan anti sakit punggung. 

Editors' Picks

3. Gunakan kursi yang tepat

3. Gunakan kursi tepat
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika Mama duduk di kursi untuk menyusui bayi, sangat penting bagi kamu untuk memilih jenis kursi yang tepat. Hindari duduk di kursi empuk yang membuat kamu tenggelam di dalamnya karena dapat menyebabkan sakit punggung. Sebaiknya, Mama memilih kursi yang kokoh dan duduk dalam posisi tegak. Postur tubuh dan posisi duduk yang lebih baik dapat meredakan nyeri punggung.

4. Jika perlu, Mama bisa lakukan pijat relaksasi

4. Jika perlu, Mama bisa lakukan pijat relaksasi
Freepik/cookie_studio

Saat mengurus kebutuhan bayi, kamu mungkin mengabaikan kesehatan yang memicu terjadinya sakit punggung. Pijat relaksasi adalah cara yang bagus untuk menghilangkan sakit punggung yang mengganggu. Jangan ragu untuk meminta bantuan suami dan teman untuk merawat si Kecil saat kamu sedang memanjakan diri.
 

5. Jalan-jalan untuk memperkuat otot punggung

5. Jalan-jalan memperkuat otot punggung
Freepik/senivpetro

Berjalan setiap hari selama beberapa waktu dapat membantu memperkuat otot punggung. Beristirahatlah di antara sesi makan dan luangkan waktu untuk berjalan. Jika kamu tidak dapat menemukan waktu untuk keluar dan berjalan, kamu juga dapat berjalan di rumah. Namun, ada baiknya kamu melakukan berjalan-jalan di ruangan terbuka selama setengah jam untuk memperkuat otot punggung. 

6. Beristirahatlah saat bayimu tidur

6. Beristirahatlah saat bayimu tidur
Freepik/user18526052

Istirahat dan tidur yang cukup sangat penting bagi setiap ibu, terutama jika kamu baru saja melahirkan. Mengambil waktu tenang untuk diri sendiri mungkin tampak sulit, tetapi selipkan waktu dan tidur atau istirahat ketika bayi tidur. Sering terlihat bahwa tubuh yang rileks dan beristirahat dengan baik cenderung tidak mengalami masalah seperti sakit punggung.

7. Mulailah berolahraga setelah tubuh sembuh sepenuhnya

7. Mulailah berolahraga setelah tubuh sembuh sepenuhnya
Pexels/Alexy Almond

Tubuh Mama akan membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menyembuhkan dirinya sendiri setelah kelahiran bayi. Setelah enam minggu berakhir dan jika kamu merasa sehat dan baik-baik saja, kamu dapat mulai dengan beberapa latihan ringan dan yoga untuk mengembalikan bentuk tubuh dan memperkuatnya.

Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum memulai olahraga apapun.
Mulailah secara bertahap dengan menginvestasikan 10 hingga 15 menit setiap hari dan perlahan-lahan tingkatkan waktu dan intensitas latihan. Olahraga meredamkan nyeri punggung bawah saat menyusui.

8. Tetap terhidrasi selama menyusui

8. Tetap terhidrasi selama menyusui
Freepik/jcomp

Saat merawat bayi, kamu mungkin sering lupa minum air, dan ini dapat membuat tubuh dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya dapat membuat merasa lelah dan lesu, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai jenis rasa sakit. Oleh karena itu, disarankan agar Mama minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air putih dalam sehari untuk mencegah dehidrasi.

Demikian cara mengatasi sakit punggung saat menyusui. Semoga Mama tidak terus membiarkan nyeri punggung mengganggu aktivitas menyusui ya. Lakukan beberapa cara di atas untuk meredakan sakit punggung. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.