Fakta Oat Milk untuk Ibu Menyusui, Bisa Jadi ASI Booster?

Cocok untuk orang yang memiliki intoleransi laktosa nih!

15 Oktober 2021

Fakta Oat Milk Ibu Menyusui, Bisa Jadi ASI Booster
Freepik/bublikhaus

Resep ASI booster dari bahan susu yang umum digunakan adalah susu almond. Namun, saat ini sedang viral resep oat milk yang enak sekaligus menyehatkan. Apakah bisa digunakan sebagai ASI booster?

Menurut Lisa, konselor laktasi bersertifikat dan pemilik situs Pumping Mamas menjelaskan minuman oat milk bisa meningkatkan produksi ASI. Ini karena oat milk adalah minuman kaya nabati yang terbuat dari perpaduan gandum yang bergizi. 

Oatmeal sendiri umumnya direkomendasikan oleh konsultan laktasi untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Meski secara ilmiah belum ada penelitian lebih lanjut. Namun, banyak ibu menyusui ini bekerja dengan baik. 

Berikut Popmama.com rangkum fakta oat milk untuk ibu menyusui sebagai ASI booster.

1. Kandungan dalam oat milk yang membantu produksi ASI

1. Kandungan dalam oat milk membantu produksi ASI
Freepik/shurkin_son

Oat milk dapat meningkatkan produksi ASI karena peran dan kandungan gandum di dalamnya. Gandum adalah sumber zat besi yang baik yang bermanfaat untuk ibu menyusui.

Alasan lain mengapa gandum dapat meningkatkan pasokan ASI karena dikenal juga bisa menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kolesterol HDL "baik".

"Dalam pengalaman pribadi, saya perhatikan bahwa saya memompa sekitar 1-2 ons lebih di hari saya makan oatmeal atau minum oat milk. Jadi, memang hal itu tidak menyebabkan peningkatan drastis dalam produksi ASI tapi bisa sedikit lebih banyak dari sebelumnya," tutur Lisa dalam Pumping Mamas.

Editors' Picks

2. Kandungan gizi dalam oat milk

2. Kandungan gizi dalam oat milk
Pexels/marta-dzedyshko

Kepopulelaran oat milk yang makin dikenal karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik. Total kandungan makro dan mikronutrien bervariasi dari satu merek ke merek lainnya. Hal itu tergantung pada cara pengolahan gandum dan bahan baku yang dipilih untuk memperkuat susu yang dihasilkan.

Dikutip dari Bazaar UK, berikut adalah informasi nutrisi yang mengacu pada 100ml Minuman Oatly Whole Oat, dengan nilai persentase untuk Recommended Daily Amount (RDA) Anda:

  • 57 kalori
  • 2,8 g lemak (0,3 lemak jenuh)
  • 6.6 g karbohidrat (4.1g gula)
  • 0,8 g serat
  • 1 g protein
  • 0,10 g garam
  • 50 μg vitamin D (30% dari RDA)
  • 0,21 mg vitamin B2 (15% dari RDA)
  • 0,38 μg vitamin B12 (15% dari AKG)
  • 151 mg kalium (7,5% dari RDA)
  • 120 mg kalsium (15% dari AKG)

Jika dibandingkan, kandungan susu murni dan oat milk memiliki total kalori yang sama. Isinya dengan sekitar sepertiga protein, kemudian lebih sedikit lemak total, lemak jenuh yang jauh lebih sedikit, dan lebih banyak karbohidrat (walaupun lebih sedikit gula sederhana daripada susu sapi), dengan manfaat tambahan serat larut yang diklaim dapat menyehatkan usus.

4. Oat milk bisa menjaga imunitas tubuh

4. Oat milk bisa menjaga imunitas tubuh
Pexels/polina-tankilevitch

Oat milk adalah sumber vitamin A dan vitamin D yang baik. Dengan mengonsumsinya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal infeksi. 

Beberapa penelitian mengungkapkan kalau ada hubungan antara vitamin A, D dan fungsi kekebalan. Meski begitu oat milk juga memiliki efek samping, terlebih untuk yang dijual dalam kemasan di pasaran. 

Adanya zat tambahan seperti pengawet, aditif, dan kadang tinggi gula. Jadi pastikan untuk membeli oat milk bebas tambahan pemanis.

Seiring dengan tambahan vitamin dan mineral dalam oat milk, susu ini juga mengandung pengental dan pengemulsi yang dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan dan dapat mengubah mikrobioma usus.

3. Cocok untuk vegan, oat mil juga bebas laktosa

3. Cocok vegan, oat mil juga bebas laktosa
Pexels/pixabay

Pada dasarnya, oat milk adalah susu vegan dan bebas kacang-kacangan, kedelai, dan laktosa yang menjadikannya pilihan untuk orang yang alergi atau memiliki intoleransi laktosa.

Oat milk menjadi pilihan mereka untuk bisa mendapatkan nutirisi baik. Ini membuat orang dengan intoleransi gluten atau yang memiliki celiac bisa mendapatkan keuntungan dari minum oat milk.

5. Manfaat oat milk untuk ibu menyusui

5. Manfaat oat milk ibu menyusui
Freepik/racool-studio

Manfaat lain dari oat milk yakni mengandung lebih banyak serat daripada banyak jenis susu lainnya di pasaran. Menurut Lisa, sebagian besar merek oat milk mengandung sekitar 2 gram serat.

Oat milk juga biasanya lebih rendah lemak daripada jenis susu lainnya yang terbuat dari kacang-kacangan atau kelapa. Kaya akan zat besi, yang penting bagi ibu menyusui saat mengASIhi.

Salah satu Satu studi menunjukkan bahwa anemia pada ibu menyusui mungkin merupakan indikasi produksi ASI yang rendah.

Itulah tadi sejumlah fakta oat milk untuk ibu menyusui yang konon bisa digunakan sebagai ASI booster. Semoga oat milk ini bisa menjadi makanan tambahan untuk ibu menyusui yang enak dan kaya gizi ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.