Eksklusif: Baru Jadi Orangtua, Adiezty Fersa dan Gilang Dirga Panik Bareng Soal Hal Ini!

Ada hal-hal yang dipelajari Adiezty setelah menjadi ibu baru, ternyata bayangan tak seperti realita

3 Agustus 2022

Eksklusif Baru Jadi Orangtua, Adiezty Fersa Gilang Dirga Panik Bareng Soal Hal Ini
Popmama.com/Ely Ricardo

Kehadiran Gin Dirga di tengah rumah tangga Gilang Dirga dan Adiezty Fersa menjadi hal yang mengagumkan. Kepada Popmama.com, Adiez menceritakan pengalamannya sebagai ibu baru setelah Gin dilahirkan pada awal Juni 2022 lalu.

Millennial Mama of the Month edisi Agustus 2022 ini mengaku ada beberapa momen yang membuat dirinya dan Gilang Dirga panik ketika jalani peran menjadi orangtua baru. Terutama yang menyangkut soal kesehatan Baby Gin sendiri.

Dalam wawancara khusus, Adiezty membagikan pengalamannya sebagai ibu baru yang mengurus new born. Belum lagi, kehadiran Baby Gin memang begitu dinanti pasangan ini.

Berikut Popmama.com rangkum cerita selengkapnya.

1. Bayangan vs realita ibu baru menurut Adiezty Fersa

1. Bayangan vs realita ibu baru menurut Adiezty Fersa
Popmama.com/Ely Ricardo

Ketika Adiez dinyatakan hamil anak pertama, ia senang bukan kepalang. Selama hamil kemarin Adiez dan Gilang pun berusaha menjaga agar perjalanannya baik-baik saja hingga akhirnya melahirkan dengan sehat.

Melihat Baby Gin lahir dari rahimnya, Adiezty mengaku sempat tidak percaya. Pasalnya, Adiez dan Gilang sendiri menjalani sejumlah promil (program hamil) yang berujung kegagalan. Ketika ditanya perasaan menjadi ibu baru, kata pertama yang dilontarkan seleb ini adalah bahagia dan terharu.

"Sesuai bayangan saya dulu, pastinya bahagia, terharu masih ada rasa tidak percaya setiap melihat dia (Gin Dirga). Alhamdulillah sekali, tapi sudah tertebak juga sebagai ibu baru pasti ada juga galaunya, stresnya itu memang dirasakan saat mengurus new born," tutur Adiezty kepada Popmama.com.

Pemilik nama asli Adiezty Fersa Putri Zahari ini mengaku sangat lelah mengurus Baby Gin. Namun, tetap merasa menyenangkan karena penantiannya yang begitu ingin menjadi orangtua bisa terwujud. 

"Lelah sekali tapi tetap bahagia, kadang berpikir 'kapan ya kayak masa-masa new born ini berakhir?' Tetapi pas lihat bayi saya tuh seperti hilang saja lelahnya. Padahal ini juga masih 40 harian ya," pungkasnya sambil tertawa. 

Editors' Picks

2. Ikut kelas khusus mengurus new born berguna bagi Adiezty Fersa

2. Ikut kelas khusus mengurus new born berguna bagi Adiezty Fersa
Popmama.com/Ely Ricardo

Adiez merasakan beberapa hal yang membuat dirinya kaget saat menjadi ibu baru. Meskipun ia sudah belajar secara khusus saat masih hamil. Ada beberapa hal yang ternyata diluar ekspektasinya. Misalnya, ia harus menyusui dan pumping setiap 2 jam sekali!

"Kaget banget menjadi orangtua baru, pas hamil yang saya pikirkan adalah kehamilannya dan persiapan bayinya. Jadi kurang tahu sama sekali dengan hal-hal kecil setelah punya new born. Ternyata pengalaman seperti 2 jam sekali harus bangun untuk pumping dan menyusui itu cukup menantang, dan banyak hal lain juga yang kami masih belajar," ucapnya.

Meski artis kelahiran 1990 ini sudah belajar mengurus bayi sejak hamil, tetap saja praktiknya cukup berat. Adiez juga belajar mengurus bayi dari melihat teman-temannya yang sudah memiliki anak.

Namun, saat memegang dan punya bayi langsung tidak semudah seperti bayangan dalam teori yang sudah ia pelajari.

"Saya belajar pas hamil soal mengurus new born, kurang lebih jadi sudah paham 50 persen, tetapi pada praktiknya tetap susah. Padahal sudah sering lihat, ternyata pas mengalami sendiri sesusah itu, tidak semudah seperti yang sudah kita pelajari secara teori saja," tuturnya.

Adiez dan Gilang sama-sama berperan mencari banyak informasi seputar mengurus bayi. Ketika menemukan artikel atau sumber yang bagus, Adiez langsung membagikannya kepada sang Suami.

"Kalau dapat ilmu baru saya langsung bilang ke dia. Jadi memang penting sekali belajar dulu soal mengurus bayi pas hamil, penting sekali, sering-sering baca artikel juga di Popmama.com!," ucap Adiezty Fersa.

3. Menjadi orangtua baru, Gilang Dirga dan Adiezty pernah panik bareng karena Gin Dirga 

3. Menjadi orangtua baru, Gilang Dirga Adiezty pernah panik bareng karena Gin Dirga 
Popmama.com/Ely Ricardo
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Tak hanya Adiez yang belajar menjadi ibu baru karena kehadiran Gin Dirga. Suaminya, Gilang juga demikian. Oleh karena itu pasangan ini saling bahu membahu untuk belajar menjadi orangtua yang baik bagi anaknya.

Ketika ditanya soal perbedaan pendapat dalam mengurus anak, keduanya saat ini masih kompak. Pasalnya, pengalaman sebagai orangtua mereka baru sekejap mata sehingga tak ada hal-hal yang bisa membuat mereka sampai bertengkar soal cara mengurus anak. 

"Saling sebel sih pasti ada, karena sama-sama kaget. Misalnya waktu itu ada lendir di hidung saja kita panik sekali. Kalau saya (ada apa-apa dengan anak) menyampaikan dulu ke Gilang, baru ke dokter. Kadang kita bertanya dulu ke teman untuk opini yang menenangkan, kita pegang dulu. Kalau karena baby-nya bertengkar itu jarang, karena biasanya justru panik bareng," tutur Adiez.

Menjawab sang Istri, Gilang Dirga ikut berkomentar kalau keduanya ingin selalu memberikan yang terbaik bagi Gin Dirga. Namun, keterbatasan pengetahuan dan pengalaman mereka sebagai orangtua yang kadang membuat mereka sempat panik karena tidak tahu harus berbuat apa. 

"Sebenarnya pas beda pendapat soal mengurus anak, terutama kalau ada masalah kesehatan kita lihat dulu kasusnya di Google dan bertanya kepada teman yang sudah punya anak. Sebagai orangtua kita ingin yang terbaik, tapi karena tidak menemukan jalannya, paniklah yang akhirnya keluar," tutur Gilang Dirga.

4. Cara Adiezty Fersa tetap menjaga mood baik mengurus new born dan mengASIhi

4. Cara Adiezty Fersa tetap menjaga mood baik mengurus new born mengASIhi
Popmama.com/Ely Ricardo
Disclaimer: Photoshoot dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku

Ada cara tersendiri yang dilakukan Adiez untuk menjaga mood-nya tetap baik setiap hari. Apalagi di masa-masa mengurus new born, ia tahu betul menjaga mentalnya tetap stabil akan memengaruhi produksi ASI-nya.

"Saya jajan, karena hal yang manis-manis itu bikin happy. Sekalipun tidak boleh banyak-banyak juga. Kadang disela-sela pumping saya juga menonton film di Netflix. Saya berusaha untuk mencoba mencari celah dan memutar keadaan untuk tetap me time," ucapnya.

Yup, problematika ibu baru kadang tak bisa mengurus dan melakukan hal yang disukai karena fokus kepada si Kecil. Namun, Adiez tetap mengusahakan yang terbaik agar dirinya setiap hari juga merasa dicintai dan bahagia.

Oleh karena itu ia menyadari bahwa peran dan support keluarga sangat penting. Berkat mereka, ia juga tetap bisa melakukan waktu me time sembari mengurus Gin Dirga di rumah. 

"Alhamdulillah, orang-orang sekitar kami sangat membantu sekali. Kebetulan Gin juga memegang tahta tertinggi di keluarga saat ini, jadi memang didatangi terus. Efeknya ke saya jadi punya banyak waktu untuk mandi, keramas, dan lain-lain. Sementara Gin banyak yang bisa pegang dia untuk sementara," tuturnya.

Pengalaman sebagai ibu baru dibenak Adiezty Fersa memang tak hanya indah-indahnya saja. Ia menyadari betul kalau peran sebagai orangtua tidak mudah, karena sekolah paling lama adalah mendidik dan membimbing anak.

Dirinya dan Gilang Dirga adalah orangtua baru yang harus terus belajar. Memberikan yang terbaik untuk anak mereka, Gin Dirga.

Millennial Mama of the Month edisi Agutsus 2022: Adiezty Fersa and Gin Dirga

Editor in Chief - Sandra Ratnasari 
Senior Editor - Novy Agrina 
Editor - Onic Metheany 
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Sania Chandra Nurfitriana 
Social Media - Irma Ediarti 
Design - Aristika Medinasari 
Photographer - Ely Ricardo
Asst. Photographer - Tri pardianto
Videographer - Krisnaji Iswandi
Stylist - Asep Mukarom
Makeup Artist & Hair Do - Kay Mori
Adiezty’s outfit - NAGITA SLAVINA
Gin Dirga’s outfit - Little Palmerhaus

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Adiezty Fersa
Millennial Mama

Adiezty Fersa

"MengASIhi adalah momen bonding dengan anak yang paling aku syukuri"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk